Yuk Intip Cara Membuat Kripik Jamur Krispi

Hai guys kali ini saya akan berbagi tips cara membuat kripik jamur krispi, siapa nih penggemar jamur krispi? Yuk buat bareng, siapa tau bisa untuk usaha sampingan anda kan.

Jika anda tertarik utuk memulai usaha ini, anda bisa melihat analisisnya disini cara membuat keripik jamur. Anda bisa membeli mesin perekat plastik website berikut hand sealer. Selain mesin tersebut anda bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur anda.

Jamur krispi merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia pada saat ini. Memiliki rasa yang juara dan pengolahannya pun terbilang cukup sederhana dan mudah.

Jamur krispi sendiri dapat anda jumpai di berbagai macam tempat, baik warung pinggir jalan, restaurant sampai kafe. Makanan yang satu ini tidak pernah dilewatkan oleh banyak orang, bahkan ada yang sampai ketagihan loh.

Jamur krispi disukai karena rasanya yang gurih dan tekstur jamurnya yang krispi. Mengingat banyaknya pecinta kuliner kripik satu ini, orang pun mulai penasaran dengan cara pembuatannya.

Nah berikut ini saya bagikan beberapa resep jamur crispy yang bisa anda buat sendiri di rumah. Dijamin tidak akan kalah sama yang ada di kafe.

Dan sebelum anda mengetahui bagaimana cara membuat kripik jamur krispi alangkah baiknya jika anda mengetahui bagaimana cara memilih jamur yang berkualitas baik. Yuk simak Pembahasannya.

Cara Memilih Jamur yang Berkualitas Baik

Jamur adalah sejenis tumbuhan non klorofil yang biasa untuk dimanfaatkan sebagai komposisi atau bahan dalam pembuatan berbagai macam jenis makanan yang ada di dunia.

Anda juga tentunya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan atau bahan makanan yang satu ini sebab berbagai jenisnya sudah cukup menyebar dan meluas di berbagai penjuru dunia dan juga mudah untuk ditemukan di pasar maupun swalayan swalayan lainnya. Jamur mempunyai jenis yang sangat beraneka dan hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi karakteristik dan juga tampilannya yang berbeda satu dengan yang lain.

Tetapi, apakan anda mengetahui bagaimana tips untuk memilih jamur yang dalam keadaan sehat dan juga aman untuk anda konsumsi? Yuk simak penjelasannya!

Pastikan payungnya masih menempel sempurna

Untuk jenis jamur yang memiliki topi atau payung seperti jamur kancing, anda bisa memastikan kalau jamur tersebut masih dalam keadaan segar yaitu dengan cara melihat apakah payungnya masih menempel pada bagian batang ataukah sudah terlepas. Jika iya masih menempel, berarti jamur tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Payung yang mempunyai ukuran yang sama besar dengan bagian batang juga dapat menjadi indikasi kalau jamur tersebut mempunyai kualitas yang baik.

Memiliki warna yang bersih

Warna yang terdapat dalam memilih jamur juga bisa menjadi indikasi dalam menentukan kesegaran dari jamur itu. Pastikan lagi anda memilih jamur dengan warna yang bersih dan tidak terdapat noda yang berarti bagi jamur.

Jangan untuk memilih jamur yang mempunyai noda, misalnya seperti bercak cokelat karena hal tersebut dapat menjadi indikasi kalau jamur tersebut sudah dalam keadaan rusak dan juga tidak lagi segar.

Cium aromanya

Jamur yang masih segar akan mempunyai aroma yang sangat khas dan juga aromanya sedap. Berbeda lagi dengan jamur yang mempunyai tingkat kesegaran yang kurang baik atau bahkan buruk, hal ini akan ditandai dengan aromanya yang tidak enak saat tercium atau bahkan jamur akan berbau busuk. Tentu saja aroma yang seperti ini menjadi indikasi kalau jamur yang sedang anda pilih tersebut sudah tidak dalam keadaannsegar dan juga tidak akan aman untuk anda konsumsi.

Jangan memilih jamur yang telah terkena air

Jamur memanglah sudah terkenal sebagai salah satu tumbuhan untuk bahan makanan yang tidak boleh atau tidak bisa terkena air, hal itu karena akan dapat mempengaruhi kualitas yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, hindari untuk membeli jamur yang terdapat atau ada bulir-bulir air pada permukaannya karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dari jamur itu sendiri.

Pilih dan belilah jamur yang masih dalam keadaan yang segar dengan memiliki permukaan yang juga kering, tidak basah.

Perhatikan kelembapan jamur

Tingkat kelembapan pada jamur juga merupakan salah satu dari beberapa aspek utama yang dapat mempengaruhi kualitas yang ada didalam jamur. Pastikan untuk anda tidak memilih jamur yang sudah berlendir, lembab, apalagi jika jamur tersebut basah karena sudah tentu kualitas dari jamur tersebut juga akan menurun. Pilihlah jamur yang masih dalam segar dan juga kering karena akan menjadi indikasi kalau jamur tersebut masih dalam kualitas yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi anda dan keluarga.

Cara Membuat Kripik Jamur Krispi

1. Cara Membuat Kripik Jamur Krispi (Tiram)

Bahan-bahan:
– 1 bungkus jamur tiram, buang pada bagian akarnya karena kotor, lalu cuci bersih kemudian peras jamur kemudian suwir-suwir.

Tepung pelapis:
– 1 saset kecil tepung bumbu serbaguna merek apapun
– 1 sdm tepung taipoka
– 3 sdm tepung maizena

Cara membuat kripik:
– Campurkan semua bahan tepung pelapis dalam satu wadah.
– Ambil sedikit jamur yang sudah dicuci, remas-remas dalam adonan tepung sampai terlapisi semua, kibas-kibaskan sisa tepung pada jamur lalu goreng hingga kripik kering.
– Lebih baik jika digoreng dalam minyak yang banyak dan juga panas, goreng sedikit demi sedikit agar kripik jamur tidak menempel satu dengan yang lain.
– Kripik jamur telah siap untuk disajikan.

 2. Kripik Jamur Krispi Geprek

Bahan-bahan:
– 250 gram jamur

Bahan kering:
– Tepung bumbu (merek terserah) dan tepung terigu dengan perbandingan 1:1
– Garam secukupnya
– Kaldu bubuk (optional)
– Lada bubuk secukupnya
– Taruh ke dalam baskom atau sebuah wadah dan aduk-aduk hingga adonan tercampur rata

Bahan basah:
– Siapkanlah wadah baskom. Isi baskom dengan air sekitar 200 ml lalu beri 1 sdm tepung terigu. Aduk-aduk hingga tepung larut.
– Tuangkan minyak cukup banyak untuk menggoreng ke dalam wajan.

Cara membuat:
– Cuci jamur yang akan dipakai, sedikit peras supaya kandungan air didalamnya berkurang. Tiriskan jamur.
– Masukkan ke dalam bahan kering yang tadi dibuat. Balurkan tepung terseebut sampai tertutup dengan sempurna.
– Celupkan jamur ke dalam bahan basah.
– Masukkan kembali jamur ke dalam bahan kering.
– Remas-remas jamur sampai terbalur sempurna
– Goreng pada minyak yang panas sampai golden brown, atau kuning kecoklatan.
– Sajikan selagi masih hangat, anda boleh menyajikannya sebagai lauk maupun camilan.

Sambal bawang
Bahan:
– 5 siung bawang putih
– 1 buah cabai merah besar atau 3 buah cabai keriting
– Cabai rawit di sesuaikan dengan keinginan
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menggoreng
– Goreng semua bahan kecuali garam
– Haluskan semua bahan dengan cara diulek, tambahkan garam dan sedikit minyak sisa penggorengan tadi.

3. Cara Membuat Kripik Jamur Krispi (Enoki)

Bahan-bahan:
– Siapkan 2 bungkus jamur enoki, buang akar dan cuci hingga bersih.
– 3 sdm tepung beras
– 3 sdm tepung terigu
– 2 sdm tepung kanji
– 1 sdt baking powder
– 1 sdt kaldu jamur
– Garam secukupnya
– Minyak Goreng

Cara membuat:
– Campurkan semua tepung tadi,baking powder, kaldu jamur, dan juga garam. Aduk rata.
– Ambil 3 sdm campuran tepung yang dibuat di atas.
– Larutkan tepung dengan air secukupnya (jangan sampai keenceran atau kekentalan).
– Panaskan minyak goreng pada panci.
– Celupkan jamur enoki (sobek- sobek dulu) ke dalam larutan tepung, lalu masukkan kembali jamur ke tepung kering, balurkan sampai rata.
– Tepuk-tepuk ringan jamur enoki di pinggir wadah, agar tepung tidak ketebalan disebabkan sisa tepung kering. Goreng dalam minyak panas yang tadi sudah dipanaskan sampai kuning kecoklatan, itu tandanya kripik sudah matang.

Terima kasih guys sudah mau mampir di artikel saya, semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *