Cara Membuat Kerupuk Ampas Tahu Mudah dan Sederhana

Teman- teman sudah pada kenal dengan makanan kerupuk ampas tahu belum? Saya yakin teman- teman semuanya sudah pada kenal dengan makanan yang satu ini. Jadi pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat kerupuk ampas tahu. Di simak baik- baik yaa.

Beberapa Manfaat Ampas Tahu

cara membuat kerupuk ampas tahu

1. Ampas tahu bisa dikreasikan menjadi berbagai olahan layak konsumsi. Lezat dan sehat tentunya

Tidak hanya dibuat menjadi tepung, ampas tahu juga bisa dibuat menjadi berbagai macam makanan lezat yang berbahan ampas tahu basah. Ampas tahu bisa dibuat jadi tempe yang biasa disebut dengan tempe gembus.

Lalu tempe gembus ini menjdi bahan dasar Sate Kere khas Surakarta. Ampas tahu ini juga dapat menjadi pengganti daging pada streak panggang, nuget serta bakso. Cocok banget nih, untuk para vegetarian. Tidak hanya itu, ampas tahu juga dapat dibuat menjadi cemilan seperti kripik serta krupuk.

2. Pupuk organik dari ampas tahu bisa menjaga kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas tanaman

Ampas tahu yang dibuang dengan begitu saja dapat merusak struktur tanah. Tetapi, jika diolah dengan tepat, ampas tahu justru malah menjadi pupuk organik yang begitu baik bagi tanah serta tanaman.

Ampas tahu diolah dengan menggunakan cara diberi EM4 atau konsentrat khusus yang biasanya dapat dimanfaatkan sebagai membuat kompos organik, dengan tujuan sebagai membantu proses fermentasi.

Ampas tahu yang dicampur EM4 ini dapat menghasilkan mikroorganisme yang bermacam- macam sabagai meningkatkan kesuburan tanah, sehingga tanaman dapat lebih produktif.

3. Kandungan gizi ampas tahu masih cukup bagus. Tinggi protein, karbohidrat dan serat.

Ampas tahu dengan kualita baik dalam artian belum membusuk mempunyai kandungan protein mencapai 23,55% atau setara dengan 26,6 gram/100 gram. Tidak hanya itu, terdapat karbohidratnya mecapai 26,92%, serat 16,53% serta lemak 5,54%. Kandungan gizi yang masih baik, dapat membuat ampas tahu dijadikan bahan pangan alternatif.

Istilah zero waste food processing atau makanan tanpa limbah juga cocok sebagai terapan dalam ampas tahu yang layak diolah jadi bahan dasar pangan. Biasanya ampas tahu dikeringkan sampai pada kadar air tertentu serta menjadi tepung kasar. Selanjutnya tepung digiling sampai menjadi serbuk halus. Tepung ampas tahu dapat digunakan sebagai membuat bermacam- macam kue.

Cara Membuat Kerupuk Ampas Tahu Mudah dan Sederhana

cara membuat kerupuk ampas tahu

Baca Juga : ( Mesin Keripik Tempe )

1. Cara Membuat Kerupuk Ampas Tahu

cara membuat kerupuk ampas tahu

A. Bahan-bahan

  • Ampas tahu yang telah dikukus (2 kg).
  • Tapioka (1 kg)
  • Garam (30 gram)
  • Bawang putih (100 gram).
  • Merica (25 gram)
  • Udang saih kering (50 gram)
  • Monosodium glutamat (20 gram)

B. Peralatan :

  • Pemeras.
  • Pengaduk adonan.
  • Pengukus.
  • Pisau dan talenan
  • Tempat penjemuran.
  • Wajan
  • Kompor atau tungku
  • Timbangan.

C. Cara membuat kerupuk ampas tahu:

1. Pengukusan ampas tahu. Ampas tahu diperas untuk mengurangi airnya. Pemerasan dapat dilakukan dengan tangan, atau dipres dengan alat pres. Setelah itu, ampas dikukus selama 30 menit.

2. Persiapan bumbu. Bawang, garam, merica serta udang digiling hingga halus.

3. Pengadonan. Ampas yang sudah dikukus 2 kg dicampurkan dengan tapioka, serta bumbu, kemudian diaduk hingga rata, licin serta kompak. Adonan ini dibentuk selinder dengan diameter 5 sampai 6cm serta panjang 20 cm. Adonan yang telah dibentuk ini disebut dengan dodolan.

4. Pengukusan dodolan. Kukus dodolan selama 2 jam hingga bagian tengah dodolan menjadi matang. Dodolan matang ini diangkat dan didinginkan.

5. Pengangin-anginan. Dodolan matang lalu diangin- anginkan selama 3 sapai 5 hari hingga dodolan mengeras serta mudah dipotong.

6. Pengirisan. Dodolan diiris tipis-tipis setebal 2-3 mm. Hasil pengirisan disebut kerupuk basah.

7. Penjemuran. Kerupuk basah dijemur atau dikeringkan dengan mengunakan alat pengering hingga kering. Kerupuk yang telah kering akan gemersik saat diaduk- aduk, serta mudah dipatahkan. Hasil pengeringan disebut kerupuk kering.

8. Pengemasan kerupuk kering. Kerupuk kering dapat disimpan lama. Kerupuk ini harus disimpan pada wadah yang tertutup rapat, atau dikemas dalam kantong plastik yang di seal dengan rapat.

9. Penggorengan. Kerupuk kering digoreng pada minyak panas 170°C sambil dibalik- balik hingga kerupuk matang serta mekar.

Demikin Itu tadi adalah cara membuat kerupuk ampas tahu. Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua, serta jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf, dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *