5 Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tahu Bulat

Cara membuat tahu bulat yang enak ternyata mudah saja. Saya akan sediakan bahan untuk membuat tahu bulat. Ini memang camilan ringan yang menyenangkan. Apalagi saat harus berada di rumah seperti hari ini. Rasanya begitu berdoa, lezat dengan bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang sangat halus.

Kurang puas kalau hanya makan sedikit. Jika Anda penggemar jajanan berbahan dasar tahu, yuk kita coba cara membuat tahu bulat di rumah.

Jika Anda ingin jajanan tahu dengan jeli tahu dan tahu renyah, tahu bulat ini dijamin tidak kalah dengan saudara-saudari yang traveling!

Sejarah Tahu Bulat

Secara historis, ada beberapa versi yang menyebutkan bahwa tahu berasal dari petani salak di Kecamatan Cineam dan Karangjaya, Tasikmalaya. Pada awal 2000-an, kecamatan ini dikenal sebagai penghasil Tasik Salak yang sangat populer.

Namun seiring berjalannya waktu, barang tersebut perlahan akan bocor karena kalah bersaing dengan tempat lain dengan kualitas gonggongan yang jauh lebih baik. Sejak saat itu, banyak pedagang salak yang beralih arah dengan menjual tahu.

“Masa kejayaan salak sudah berakhir. Salak kita sudah kehilangan daya saingnya karena salak di daerah lain bahkan lebih berkualitas,” kata Maman, salah satu penjual salak yang kini menjadi penjual tahu yang mumpuni.

Baca Juga : cara membuat tahu bulat kopong sederhana

Cara Membuat Tahu Bulat

Bahan Untuk Membuat Tahu Bulat :

  • 14 potong tahu putih
  • 3 butir telur, ambil kuningnya
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm penyedap rasa ayam atau sapi sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Cuci dan haluskan tahu putih hingga benar-benar halus.
  2. Buang kandungan air pada tahu dengan menyaringnya.
  3. Campur kuning telur ke dalam tahu parut. Tambahkan rasa dan soda kue. Aduk rata, bumbui untuk menyesuaikan rasa.
  4. Bentuk adonan tahu menjadi bola-bola seukuran satu gigitan.
  5. Taruh dalam wadah dan tutup rapat.
  6. Tempatkan di lemari es selama 3 hingga 4 jam.
  7. Saat menggoreng tahu, keluarkan dari lemari es dan diamkan pada suhu ruangan hingga tidak terlalu dingin. Panaskan minyak hingga benar-benar panas, lalu kecilkan api.
  8. Masukkan tahu, jangan terlalu banyak mengembang dengan sempurna.
  9. Goreng hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Resep ini menghasilkan sekitar 5 porsi tahu bulat.

Manfaat Tahu Bulat Bagi Tubuh

Berikut adalah keuntungan dari mengetahui apa yang perlu Anda ketahui dan kerugian dari mengabaikannya.

Mengurangi resiko kanker

Tahu mengandung isoflavon, antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dan produk kedelai, termasuk tahu, dapat menurunkan risiko kanker, khususnya kanker prostat dan kanker usus besar.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Dengan kandungan proteinnya yang tinggi, tahu dapat menggantikan protein hewani dalam menu makanan Anda. Kandungan protein nabati pada tahu diduga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol (LDL) dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis.

Kandungan aktif dalam kedelai dan tahu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

osteoporosis

Kandungan isoflavon pada tahu dipercaya dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko pengeroposan tulang.

Diabetes tipe 2

Mengonsumsi makanan kedelai dan produk olahannya yang sehat, termasuk tahu, dalam menu harian Anda dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Hal ini diyakini terkait dengan nutrisi pada tahu, yang dapat membantu meningkatkan kadar lemak dan mencegah resistensi insulin dalam darah.

Baik untuk fungsi otak dan elastisitas kulit

Diyakini bahwa kadar isoflavon dan lesitin pada tahu memiliki pengaruh yang baik terhadap fungsi otak dan daya ingat. Selain itu, isoflavon secara signifikan dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baca juga : Cara Membuat Tahu bulat crispy

Selain beberapa manfaat tahu di atas, makanan khas Indonesia ini juga merupakan sumber zat besi yang baik dan dapat mengurangi risiko anemia.

Pertama kali pada pembahasan saya sebelumnya kita berbicara tentang bahan pembuatan tahu bulat. Ketika ada yang salah dengan penyampaian kata. Saya mohon maaf dan semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *