Categories
Uncategorized

Rumput Australia

Artikel yang akan membahas mengenai informasi Rumput Australia yang bisa dijadikan sebagai pakan ternak anda dengan bahan yang dari alam

Bertenak sapi

1. Menentukan Modal Awal Peternakan Sapi

Jangan takut mengeluarkan banyak uang. Sebab, keuntungan yang akan Anda peroleh dari anggaran awal bisa berlipat ganda. Anggaran awal ini setidaknya harus menutupi kebutuhan beberapa sapi pertama yang Anda mulai pelihara. Modal awal bukan hanya soal budget, tapi juga jaringan pertemanan. Jejaring pertemanan ini sangat penting untuk mendapatkan berbagai informasi tentang merawat dan menjalankan bisnis peternakan.

2. Pilih jenis sapi

Sapi ini memiliki berbagai macam jenis, seperti:

  • Sapi Ongole
  • Limusin Sapi
  • Sapi brahman
  • jenis Sapi Madura
  • Sapi Bali

Pada dasarnya Anda harus mengenal berbagai jenis sapi lokal dan impor terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa memilih jenis sapi yang akan Anda pelihara. Memilih daging sapi lokal membutuhkan lebih banyak kesabaran karena cenderung memakan waktu lama untuk tumbuh dan berkembang, namun memiliki kualitas daging yang baik. Pilih sapi berumur 2,5 tahun (jantan atau betina) yang sehat. Biasanya harga beli pedet ini berkisar 300 juta rupiah.

3. Kandang Sapi

Pastikan luas kandang harus sesuai dengan jumlah sapi yang akan diternakkan. Kandang yang mampu menampung sekitar 25 ekor sapi biasanya membutuhkan modal sekitar Rp. 50 juta. Untuk lokasinya usahakan agar kandang sapi jauh dari pemukiman, minimal jarak kandang minimal 10 meter dari kandang ke kandang peternak. Kandang sapi juga harus mendapat sinar matahari yang cukup untuk menjaga suhu di dalam kandang.

4. Membuat Kandang Sapi

Ada berbagai macam posisi kandang yang bisa Anda buat. Ada posisi yang satu sejajar atau dua baris berseberangan atau berseberangan atau pada posisi mengelilingi kandang yang saling berhadapan atau berlawanan. Ini akan tergantung pada jumlah sapi yang ingin Anda kawinkan. Selain itu, perlu disediakan lubang ventilasi yang berguna agar sinar matahari bisa masuk, dan kandang tidak lembab.

5. Memilih Bibit Sapi Unggul

Ternak yang baik adalah yang memiliki mata bersih dan cerah serta tidak memiliki lendir di hidungnya. Jika terdapat lendir di hidung, artinya sapi tersebut mengalami gangguan pernapasan. Kulit dan bulu sapi juga harus bersih dan tidak rontok sebagai tanda sapi terhindar dari infeksi dan zat berbahaya, kukunya tidak panas saat disentuh dan rektum serta ekor sapi juga harus diperiksa apakah ada gejala diare. . . atau tidak.

  1. Makan

Untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sapi yang pesat, sapi perlu diberi pakan dengan cara tertentu. Pemberian hijauan saja pada sapi kurang efektif, sehingga perlu dipadukan antara pakan hijau dan pakan yang mengandung konsentrat seperti ampas tahu, kulit kedelai, dedak, dan kulit nanas. Sedangkan bahan pangan seperti jerami, daun, tebu dan rumput berkualitas rendah.

Untuk pakan ternak tidak boleh menggunakan rumput sembarangan. rumput yang harus diberikan kepada

Definisi

Rumput Australia atau dalam bahasa latin disebut Paspalum dilatatum merupakan salah satu jenis tanaman hijauan yang berasal dari Argentina, Amerika Serikat.

Rerumputan ini dapat tumbuh di tanah dengan struktur sedang hingga berat, tetapi paling baik ditanam di tanah berat yang lembab dan subur. Tumbuhan ini dapat hidup pada ketinggian 0-2000 mdpl dengan curah hujan 900-1400 mm / tahun.

 Ciri Morfologi Rumput Australia

  • Tanaman berumur panjang
  • Tinggi tanaman mencapai 60-150 cm.
  • Daun yang subur berwarna hijau tua
  • Akar yang luas dan dalam
  • Rumput Australia merupakan jenis rumput yang tahan terhadap kekeringan dan genangan air. Selain itu rumput ini merupakan jenis rumput gembala yang baik karena tahan terinjak dan tergores.
  • Menurut tropicalforages.info, nutrisi yang terkandung dalam tanaman ini adalah 4-23% protein kasar dengan daya cerna 57-63%.
  • Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara menabur benih pada lahan budidaya. Pemotongan pertama bisa dilakukan saat rumput sudah mulai berbunga lebih awal.
  • Setelah dipotong, rumput ini tumbuh sangat cepat. Anda harus menjaga tinggi rumput yang telah dipotong sekitar 1 kaki (40 cm) saat rumput sedang merumput, tetapi dapat dipotong dan dibawa. Produksi rumput ini mencapai 60-75 ton / ha / tahun.

Keunggulan dan kekurangan rumput australia

  • Keunggulan dari rumput Australia ini adalah palatabilitasnya tinggi meskipun masih muda, dapat berdiri tegak meskipun diinjak-injak, dapat beradaptasi dengan legum.
  • Kekurangannya adalah masa penggembalaan yang pendek, pembentukan benih terlalu dini dan banyak, nilai gizinya rendah.

Untuk membuat pakan ternak yang hemat biaya. Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumput.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *