Categories
Uncategorized

Resep Olahan Pisang Sederhana

Hayyy gaisss kembali lagi bersama mimin, gimana keadaaan kalian? semoga tetap sehat dan tentunya dalam kondisi yang prima. Pada artikel kali ini mimin bakal berbagi lagi ke kalian setelah sebelumnya mimin membahas tentang olahan asinan pepaya, kali ini mimin akan mengulas tentang resep olahan pisang sederhana. Penasaran? ikutin terus ya gaiss!!!

Buah pisang pada umumnya seringkali kita temui di kebun kebun milik kebanyakan masyarakat di Indonesia, terutama di daerah dataran rendh di pedesaan. Buah yang juga bisa diolah dengan resep es buah untuk jualan ini juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang bakal mimin bahas juga di bawah ini.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, buah pisang juga ngga mau kalah. Kandungan vitamin A pada buah pisang ini berfungsi sama seperti wortel yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan saraf mata.

Buah pisang juga membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti degenarasi makula, yaitu kondisi di mana penglihatan mulai kabur seiring bertambahnya usia. Terlebih bagi mereka yang udah lansia, kandungan ini sangat diperlukan untuk tetap mejaga fungsi sel dan saraf pada mata.

3. Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Masalah kesehatan mental memanglah sedang marak dalam beberapa tahun ke belakang. Hal ini memiliki banyak penyebab baik internal maupun eksternal yang tidak dapat disamaratakan.

Dalam hal ini, buah pisang memiliki zat triptofan yang akan diubah dan diolah tubuh menjadi serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati. Selain merubah suasana hati, zat triptofan ini juga dapat memperbaiki pola tidur bagi kalian yang mengalami susah tidur yang berpengaruh juga dalam memperburuk depresi dengan kurangnya tidur dan istirahat.

4. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pisang hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

Wah mantep banget ngga tuh si buah pisang ini bisa ngebantu kita buat menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit sampai masalah ingatan juga. Sebenernya masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah pisang ini tapi nanti ngga selesai selesai dong hahaha okelah kita langsung menuju ke resep aneka olahan pisang untuk jualan aja kalo gitu cekidott!!!

Aneka Resep Olahan Pisang Sederhana

1. Resep Olahan Pisang Kipas Sederhana

Bahan Bahan:

  • 8 buah pisang kapok
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Membuat Resep Olahan Pisang Kipas Sederhana:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan lalu siap disajikan

2. Resep Olahan Pisang Nogosari

Bahan Bahan:

  • Pisang raja secukupnya
  • 200 gr tepung beras
  • 100 gr tepung tapioka
  • 800 ml santan kering
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 130 gr gula pasir
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Resep Olahan Pisang Nogosari:

  1. Cuci dan bersihkan pisang lalu kupas semuanya
  2. Kemudian rebuslah santan, gula pasir, daun pandan, dan garam hingga aromanya wangi
  3. Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke dalam larutan santan tadi lalu aduk terus hingga adonan tidak bergerindil
  4. Angkat adonan dan siapkan daun pisang dan letakkan adonan ke dalam daun pisang dan beri pisang di atasnya lalu timpa lagi dengan adonan tadi kemudian gulung serta lipat kedua sisinya yaitu atas dan bawah
  5. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga sekiranya matang kemudian dinginkan sebelum disajikan agar dapat bertahan sedikit lebih lama

3. Resep Olahan Pisang Molen Pelangi

Bahan Bahan:

  • 10 buah pisang uli atau raja
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Membuat Resep Pisang Molen Pelangi:

  1. Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket dan jangan sampai melempem
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan

Gila mantep banget ngga tuh ketiga resep di atas barusan? kalian bisa coba dan aplikasiin sekaligus eksekusi langsung di rumah msing masing. Dengan bahan baku yang mudah didapatkan ini mimin harap kalian bisa produktif selama kegiatan #DiRumahAja sekaligus melatih skill kalian di dapur hahaha okey gengss kalo gitu selamat mencoba!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *