Penjelasan Bawang Sumenep Merupakan Bawang Goreng

Meski berfungsi sebagai pelengkap makanan, bawang goreng ternyata bisa mempengaruhi masakan yang menjadi pelengkap. Namun, tidak semua bawang goreng itu sama. Bawang sumenep adalah onion goreng dan penyebutannya agak aneh.

Terbukti jika kita melihat di pasaran, kita bisa menemukan berbagai macam bawang goreng dengan tampilan dan rasa yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap produsen memiliki bahan bakunya sendiri-sendiri dan cara membuat bawang goreng.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam varietas bawang merah dengan ciri yang berbeda-beda sehingga jika diolah menjadi bawang goreng hasilnya juga berbeda-beda.

Diantara berbagai varietas yang ada di Indonesia, kami Travelling Indonesia menggunakan bawang merah Sumenep dalam produk kami yaitu Bawang Goreng Iing.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengapa bawang merah Sumenep menjadi bahan yang tepat untuk membuat bawang goreng.

Bawang Sumenep

bawang sumenep

Penjelasan

Bawang merah Sumenep, atau yang dikenal dengan varietas “Rubaru”, sesuai dengan namanya, merupakan bawang merah yang berasal dari Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep. Jenis bawang merah ini memiliki ciri umbi yang lebih pucat (jika dibandingkan dengan bawang merah Brebes) dan memiliki bentuk umbi yang lebih lonjong.

Bawang merah ini tergolong bawang merah yang cukup tahan terhadap penyakit, tahan terhadap musim hujan dan kemarau, serta memiliki kandungan air yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan bawang merah Brebes.

Bawang Merah Sumenep sebagai Bawang Goreng

Bawang merah Sumenep selama ini dikenal sebagai bahan baku yang tepat untuk membuat onion goreng. Hal ini dikarenakan kandungan air pada umbi onion merah Sumenep relatif lebih sedikit sehingga lebih cepat kering dan lebih cepat matang jika diolah dengan teknik yang tepat. Karena lebih cepat kering, tidak perlu terlalu matang.

Bawang goreng yang terbuat dari onion red Sumenep memiliki warna lebih muda kekuningan dengan tekstur yang renyah. Aroma bawang goreng juga lebih harum dan tidak terlalu tajam. Selain itu bawang goreng yang dimasak dengan teknik yang tepat juga memiliki rasa yang ringan dan manis serta tidak terlalu tajam seperti bawang goreng hasil bawang merah brebes.

Bawang Goreng Sumenep

Bawang sumenep berbentuk lonjong, ukuran sedang, berwarna merah cerah menuju merah pucat. Bawang ini dikenal sangat harum dan renyah, juga tidak mudah pecah. Selain itu bawang merah asal Sumenep, Jawa Timur ini juga memiliki kandungan air yang relatif sedikit dibandingkan dengan bawang bombay lainnya. Dengan ciri khas tersebut tentunya Onion Red Sumenep dapat menghasilkan tekstur onion goreng yang lebih crispy dan crunchy. Onion ini akan menghasilkan warna onion goreng sumenep yang kekuningan dan mengeluarkan aroma wangi yang sangat khas.

Bawang Goreng Brebes

Bawang merah ini berasal dari Brebes, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Bawang ini berbentuk bulat dan memiliki warna merah. Selain Onion Red Sumenep, Onion Red Brebes juga merupakan salah satu onion merah terbaik yang cocok untuk membuat onion goreng. Aromanya bisa dibilang lebih kuat dari Sumenep’s Red Bottom. Saat digoreng, Bawang Goreng Brebes akan memberikan hasil yang renyah dan wangi yang sangat khas.

Meski berfungsi sebagai pelengkap makanan, bawang goreng ternyata bisa memengaruhi hidangan pelengkap. Namun, tidak semua bawang goreng itu sama. Terbukti jika kita melihat di pasaran, kita bisa menemukan berbagai macam bawang goreng dengan tampilan dan rasa yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap produsen memiliki bahan bakunya sendiri-sendiri dan cara membuat bawang goreng.

Jangan Lupa Membaca Artikel Tentang Mesin Pengupas Bawang yang bisa membuat bawang goreng dan jangan lupa untuk membeli mesin untuk usaha anda di GrosirMesin disana juga mempunya barang untuk membuat usaha anda bagus.