Categories
Uncategorized

Pakan Rumput untuk Kelinci

Artikel ini membahas mengenai informasi pakan rumput untuk kelinci yang bisa kamu jadikan alteranif pakan ternakmu agar menambah nafsu makan.

Pakan rumput untuk kelinci

Beternak kelinci

Salah satu faktor terpenting dalam memelihara atau memelihara kelinci adalah makanan. Makanan berfungsi sebagai energi yang dapat membantu kelinci tumbuh.

Jika pakan yang diberikan kelinci baik maka akan tumbuh sehat dan tumbuh besar dengan cepat. Sebaliknya jika pakan yang Anda berikan mengandung gizi dan gizi yang kurang baik, maka dapat membahayakan kesehatan kelinci Anda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru saja memelihara kelinci sebaiknya tidak sembarangan memberikan jenis makanan untuk mereka. Sebaiknya carilah banyak referensi atau sumber informasi tentang jenis pakan kelinci yang baik untuk pertumbuhannya.

Rumput pakan kelinci

sebenarnya pakan kelinci sangat banyak mulai dari sayurn, buah buahan, dan lain lain. Tapi yang paling kami rekomendasikan adalah rumput. Mengapa demikian? Karena kelinci sendiri merupakan hewan pemakan tumbuhan herbivora.

Sehingga di habitat aslinya, kelinci tidak memakan pakan seperti pelet atau buatan. Sebaliknya, mereka makan rumput, buah, sayur, atau tumbuhan alami lainnya. Selain itu, rumput juga mengandung protein dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang.

Jadi sangat cocok untuk kelinci dan kelinci bunting. Ditambah sumber suplai serat yang sangat baik untuk memperlancar pencernaan kelinci sehingga kelinci tumbuh dengan sehat. Sebaliknya jika kelinci kekurangan serat maka akan mudah terserang penyakit dan gangguan pencernaan.

Jenis rumput pakan kelinci

Namun, ternyata tidak semua jenis rumput bisa dijadikan pakan kelinci. Karena ada sebagian peternak yang beranggapan bahwa semua hewan herbivora memakan jenis rumput yang sama.

Misalnya sapi dan kambing memakan jenis rumput atau sapi dan kerbau yang sama. Padahal pendapat ini tidak bisa dibenarkan. Perlu Anda ketahui bahwa kambing sapi dan kerbau memiliki sistem pencernaan yang tidak sama atau berbeda dengan kelinci.

Dilihat dari postur tubuhnya yang berbeda, kelinci lebih kecil dari sapi. Sungguh, mau cocok dengan jenis makanannya? Oleh karena itu, ada beberapa jenis rumput yang dilarang digunakan sebagai pakan kelinci.

Biasanya rumput ini memiliki tekstur yang kasar dan keras serta rasanya yang tidak enak. Lalu rumput apa yang bisa dimakan kelinci dan bagus untuk pertumbuhannya?  Macam Rumput Pangan Kelinci Yang BaikRumput pakan kelinci yang baik lembut, bergizi dan bergizi tinggi.

Jadi, pastikan teman-teman yang memelihara kelinci memilih jenis rumput yang tepat agar tumbuh besar dan cepat panen. Di bawah ini adalah rumput yang kami rekomendasikan untuk Anda:

1. Rumput Odot untuk Pakan Kelinci

Yang pertama adalah rumput odot.  Di Amerika jenis rumput ini sangat terkenal dan sudah lama digunakan untuk pakan domba atau kambing, karena mengandung cukup protein hingga 12-14%. Sekarang rumput odot banyak ditemukan di Indonesia dan banyak yang menanamnya.

Jika Anda memiliki kelinci, tidak ada salahnya mencoba pakan rumput odot. Karena urat daunnya halus, teksturnya lembut, tidak berbulu dan tidak kasar. Selain itu rerumputannya cepat tumbuh sehingga mudah ditemukan, anda bisa merawatnya sendiri di bagian samping rumah.

Tinggi maksimalnya hanya 1 meter, batangnya tetap pendek meski besar. Kemudian jarak antar bagian hanya 2 sampai 4 cm. Ada bulunya tapi halus, sehingga terlihat seperti tidak berbulu. Perhatikan gambar di atas, biar lebih jelas.

 2. Pakan Rumput Timothy untuk Kelinci

Mereka mengatakan bahwa rumput Timothy adalah pakan terbaik kelinci dibandingkan rumput hijau lainnya. Timothy adalah sejenis rumput lapangan dengan ekor kucing di atasnya saat berbunga.

Keunggulan rumput Timothy adalah serat yang cukup, tinggi protein dan mineral. Sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan pada kelinci. Selain itu teksturnya juga lembut dan tidak merusak sistem pencernaan.

  3. Rumput Pakan Kelinci Sintrong

Jenis ketiga adalah rumput Sintrong. Ini juga sering digunakan sebagai makanan pokok kelinci, meskipun orang sering dianggap sebagai pengganggu. Padahal itu bagus untuk minggu kelinci.

Rerumputan ini tumbuh liar di area terbuka bersama dengan rerumputan lainnya. Namun jika ingin menjadikan rumput ini sebagai pakan kelinci, lebih baik layu dulu karena mengandung kadar air dan getah yang tinggi.

4. Rumput legetan

Dalam bahasa jawa rumput wedusan merupakan makanan favorit kelinci. Sama seperti rumput Sintrong, tumbuh di alam liar seperti di kebun atau di persawahan.

Menurut pengalaman disini, kelinci yang diberi rumput akan sedikit mengalami masalah dengan urine, ginjal dan pencernaannya. Yang jelas pembentukan gigi kelinci baik untuk pertumbuhan dan kesehatan.

5. Jenis Makanan Kelinci Rumput Alfalfa

Rumput alfalfa memiliki nama latin Medicago sativa L. M Karena itu ada dalam Alquran surah an-naba. Ya, tanaman ini mengandung 18,9% protein dan zat basa yang dapat menetralkan keasaman tubuh. Tentu saja, rumput tertua di dunia bisa dijadikan pakan kelinci. Bahkan kabarnya produksi susu kelinci bisa meningkat.

6. Rumput bandotan

Rumput bandotan juga bisa diberikan pada kelinci. Namun beberapa kelinci tidak menyukai rumput ini jika diberikan terlalu banyak. Jadi yang terbaik adalah mencampurkannya dengan jenis rumput lain, baik rumput odot maupun timothy.

Caranya cukup mudah, biasanya rumput bandotan tumbuh di sekitar rumah Anda. Memiliki bunga kecil. Dulu, rumput Bandotan digunakan sebagai ramuan.

7. Rumput tegalan

Rerumputan liar ditemukan di kebun atau di pinggir sawah. Sama seperti spesies Sintrong, tumbuhan liar ini atau yang sering disebut tegalan mengandung banyak serat yang sangat baik untuk kelinci. Tanpa ragu, Anda bisa langsung mencari gulma di sekitar Anda dan memberi makan kelinci Anda.

8. Jerami rumput atau jerami untuk kelinci

Biasanya rumput Hay terbuat dari rumput hay, Alfalfa atau rumput Timothy. Hay grass cocok untuk semua jenis kelinci, baik kelinci pedaging maupun kelinci hias.

Faktanya, 80% makanan utama adalah jerami rumput dan 20% sisanya adalah bahan tambahan makanan seperti pelet, buah-buahan dan sayuran. Banyak sekali khasiat yang tentunya mengandung serat yang cukup baik, dapat menutrisi bulu dan pertumbuhan kelinci.

Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah rumput untuk produktivitas lebih baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *