Categories
Uncategorized

Membuat Cemilan Keripik Jamur Cocok Untuk Waktu Santai

Jamur renyah merupakan camilan yang menyehatkan, sangat cocok untuk dikonsumsi. Selain itu, jamur crispy rasa Bandung ini juga punya rasa yang unik. Menurut hasil penelitian, kandungan protein jamur umum adalah 19-35%. Dibandingkan dengan beras (7,38%) dan gandum (13,2%), ternyata memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Di antara asam amino esensial yang ditemukan dalam jamur, ada sekitar 9 jenis di antara 20 asam amino yang diketahui. Artikel hari ini tentang membuat cemilan keripik jamur.

Peneliti dari Ujagar Group (India) mengatakan bahwa jamur tiram memiliki nilai gizi yang baik karena alasan berikut: 100% sayuran dan bersih; kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral; rendah karbohidrat, kandungan lemak dan kalori; baik untuk liver Baik untuk penderita diabetes dan penurunan berat badan; serat tinggi membantu pencernaan; anti virus dan anti kanker; mudah dimasak dan dicerna. Dibandingkan dengan jamur lain yang bisa dimakan, jamur tiram adalah jamur dengan rasa paling enak.

Sebaliknya, kedelai eh terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga merupakan sumber berbagai zat gizi, seperti kalsium, vitamin B dan zat besi yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, dan karbohidrat 15 G, kalsium 80 mg, besi (besi) 2 mg, seng 0,2 mg. Dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat keripik jamur crispy, simak terus yaa!

 

Manfaat Jamur Bagi Tubuh

Membantu Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram mengandung senyawa sangat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu ribonuklida, niasin dan selenium. Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh.

Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang membutuhkan nutrisi lebih, jamur tiram bisa dikonsumsi. Keunggulan jamur tiram bagi ibu hamil adalah dapat mencukupi nutrisi dan membutuhkan jamur tiram setiap hari untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Penghancur Virus Tumor

Zat besi yang ditemukan dalam jamur tiram berperan penting dalam membantu pertumbuhan limfosit. Senyawa tersebut digunakan untuk menghancurkan sel tumor atau virus penyakit. Untuk pria, Anda harus mengonsumsi setidaknya 8 mg zat besi per hari, sedangkan untuk wanita, Anda perlu mengonsumsi 18 mg per hari. Asupan harian secangkir jamur tiram adalah 12% untuk pria dan 6% untuk wanita.

Sumber Protein Alternatif

Jamur tiram mengandung asam amino yang sangat lengkap. Sebab, protein dalam jamur tiram kering bisa mencapai 10,5-30,4%, lebih tinggi dari 13,2% yang hanya 7,3% beras dan gandum. Bahkan, yang lebih mengherankan, kandungan protein pada jamur tiram mungkin lebih tinggi dari pada susu yang mencapai 25,2%.

Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Ergosterol dalam jamur tiram diubah menjadi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Peran vitamin D adalah untuk mengatur enzim imun dan mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel manusia. Vitamin D dalam jamur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Jamur tiram putih yang masih segar 500 gram

  • Tepung beras kualitas baik 100 gram

  • Tepung maizena 250 gram

  • Telur ayam 1 butir

  • Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan bumbu yang dihaluskan:

  • Ketumbar ½ sendok makan

  • Bawang putih 4 siung

  • Garam 1 sendok makan

Langkah-langkah cara pembuatan keripik jamur crispy:

  1. Bersihkan jamur tiram tersebut hingga bersih, lalu secara perlahan-lahan peras airnya. Kemudian suwir-suwir jamur tiram tersebut namun jangan terlalu kecil.

  2. Campur tepung beras dan tepung maizena dalam satu wadah hingga tercampur rata.

  3. Campurkan semua bahan bumbu yang telah dihaluskan tadi dan tambahkan telur. kocok-kocok atau aduk hingga tercampur rata.

  4. Setelah itu tuangkan bumbu tersebut kedalam campuran atau kombinasi tepung serta tambahkan air secukupnya. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata.

  5. Kemudian masukkan jamur tiram yang sudah disuwir-suwir tadi ke dalam adonan. Lalu aduk-aduk menggunakan tangan dan jangan menggunkan alat agar tekstur jamur tidak rusak. Pastikan bumbu atau adonan melapisi jamur hingga merata.

  6. Langkah terakhir adalah menggorengnya. Panaskan minyak goreng cukup banyak, lalu goreng jamur crispy tersebut hingga matang dan garing atau bewarna kekuningan. Angkat dan tiriskan minyaknya agar jamur terasa lebih crispy atau renyah.

  7. Keripik jamur tiram crispy sudah siap untuk dimakan atau disimpan pada plastik atau wadah yang kedap udara agar tetap renyah saat dinikmati.

Sekian artikel hari ini tentang membuat cemilan keripik jamur semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencarai cemilan buat santai anda, untuk pembuatan keripik jamur denga keripik tempe tidaklah jauh berbedajika anda sedang membuat keripik jamur mungkin ada bisa sekalin membuat keripik tempe. sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *