Categories
Uncategorized

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Petani

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul manfaat sabut kelapa untuk petani

manfaat sabut kelapa untuk petani

Manfaat Sabut Kelap Untuk Petani

Sabut kelapa untuk tanaman yaitu kulit dari buah kelapa yang sudah dikupas menggunakan mesin pengolah sabut kelapa atau dikupas dengan cara yang tradisional.

Sabut kelapa dikalangan masyarakat sering dimanfaatkan sebagai media kerajinan, media pengganti tanah dan banyak lainya. Nah pemanfaatan yang akan kita bahasa kali ini bersangkutan dengan sabut kelapa yang diolah menjadi sebuah bahan yang brguna untuk lahan para petani.

Bahan tersebut tentu akan mengarah ke pupuk organik dari pengolahan sabut kelapa.Disini para petani memanfaatkan sabut kelapa untuk dijadikan sebuah pupuk organik untuk menyuburkan tanaman mereka.

Manfaat Pupuk Organik Sabut Kelapa Untuk Petani

1. Dapat memperkuat batang dan akar tanaman
2. Menambah berat atau isi buah dan biji tanaman
3. Membuat warna buah atau biji tanaman
4. Menambah aroma dari harum pada buah
5. Buah menjadi lebih manis dan segar

ALAT DAN BAHAN

  • Wadah
  • Parang/golok
  • Sabut kelapa 1 kg (kering)
  • Gula merah 100 gram / tetes tebu
  • EM4 100 ml/MA 11 50 ml
  • Air 10 liter

CARA PEMBUATAN

Kita cincang atau potong-potong sabut kelapa hingga menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian kita masukkan kedalam wadah.
Larutkan air, tetes tebu dan EM4 atau MA11. Campur hingga rata.

Lalu kita masukkan kedalam jerigen berisi potongan sabut kepala.
Jerigen ditutup rapat. Buka tutup jerigen setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul.Kemudian kita
Simpan di tempat yang teduh.

Biarkan semua bahan selama 2 minggu
Setelah jadi, saring larutan tadi dengan penyaring
Larutan POC siap digunakan

Itulah cara dari pembuatan pupuk organik cair untuk tanaman para petani.Selain dijadikan pupuk cair para petani juga menjadikan sabut kelapa menjadi cocopeat sebagai media tanaman mereka atau campuran tanah agar tumbuhan bisa tumbuh dengan subur.

Bahan dan Alat yang diperlukan untuk membuat cocopeat

Cara Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa

Pertama,kita jemur terlebih dahulu dibawah terik matahari, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kadar air hingga prosentase kadar air 15% atau bisa kita jemur selama satu hari.

Untuk mengetahui kadar air dari serbuk sabut kelapa ada cara yang manual yaitu dengan kita menimbang berat serbuk sabut kelapa, pertama yang harus kita siapkan yaitu wadah kemudian lakukan penimbangan.

Apabila bobot dari cocopeat 1 kg, maka itu pertanda bahwa serbuk sabut kelapa masih dalam kadar air di dalamnya masih diatas 15 %. maka kita harus melakukan penjemuran hingga bobot serbuk sabut kelapa dibawah 1 kg.

Jika kadar air yang sudah sesuai dengan target yang kita inginkan, cara membuat cocopeat selanjutnya yaitu serbuk sabut kelapa kita diayak. Serbuk sabut kelapa yang merupakan hasil dari pengayakan kita sebut dengan nama dust. Sisa dari serbuk sabut kelapa yang telah kita ayak tadi kemudian dipisahkan.

Serbuk sabut kelapa yang kasar biasanya kita pakai untuk bahan bakar untuk proses pembakaran batu bata. Sedangkan serbuk yang sudah halus atau dust inilah yang akan kita gunakan sebagai media tanam cocopeat.

Untuk pembuatan cocopeat dalam bentuk balok, dust dipadatkan menggunakan alat pengepress. Jika kita ingin menjual cocopeat kita bisa untuk mengemasnya dalam bentuk plastik agar tampilan menjadi rapih dan menarik.

Untuk menjadikan cocopeat serbuk sabut kelapa sebagai pengganti media tanam berupa tanah, tambahkan air secukupnya pada cocopeat untuk mengembangkan, menguraikan serta menganginkannya. Pada dasarnya cocopeat sebagai media tanam sendiri terbagi beberapa jenis dan sesuai dengan teksturnya.

Itulah tadi beberapa tahapan cara membuat cocopeat, mulai dari tahap penjemuran serbuk sabut kelapa untuk mengurangi kadar air, cara mengukur kadar air agar sesuai dengan target yang di inginkan hingga pengemasan cocopeat agar bisa dijual

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Petani Yang Mengandung Kalium

Sabut kelapa sangat baik untuk kita gunakan sebagai pupuk sumber kalium alami. Selain sebagai sumber kalium (K) alami, sabut kelapa juga memiliki kandungan unsur hara lainnya yang bermanfaat bagi tanaman.

Kandungan hara tersebut antara lain kalium (K), phosphor (P), Calsium (Ca), Magnesium (Mg), Natrium dan beberapa mineral lainnya. Unsur kalium (K) pada sabut kelapa lebih dominan, karena itu POC Sabut Kelapa merupakan pupuk sumber hara kalium (K).

Sekian pembahasan dari saya.semoga bermanfaat

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *