Categories
Uncategorized

Kue Nastar Hidangan Lebaran yang Enak

Saat mempersiapkan lebaran, kita tentu tak pernah absen dari kue nastar keju. Siapa sangka ternyata nastar ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda? Nama nastar diambil dari Bahasa Belanda ananas dan tart. Sekarang, kue ini sudah jadi andalan masyarakat Indonesia saat Hari Raya. Di artikel hari ini kita akan membahas kue nastar hidangan lebaran yang enak.

Tahukah Anda, kue empuk berisi selai nanas ini sangat mudah dibuat. Resep ini akan mengajak Anda untuk membuat kue sendiri di rumah dalam waktu yang cukup. Jika sedang menunggu waktu berbuka puasa, tidak ada salahnya membuat adonan kue ini.

Mencari resep kue Nastar yang tidak aman? Anda berada di tempat yang tepat. Memang tidak bisa dipungkiri, menjelang lebaran banyak orang yang mencari cara membuat kue nastas.

Pastry bulat ini memang menjadi pastry yang paling cocok saat lebaran. Rasa selai nanas yang gurih dan asam membuat semua orang ketagihan.

Cuss, cek resep kue nastar di sini!

Cara Membuat Kue Nastar Lebaran

Tidak dapat dipungkiri bahwa membuat kue nastal yang berkualitas membutuhkan kesabaran, namun hal ini tidak menjadi kendala, inilah rahasia dari kue nastal.

Bahan:

  • 450 gram margarin
  • 50 gram room butter
  • 5 buah kuning telur
  • 100 gram gula halus
  • 650 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung maizena
  • 4 sdm susu bubuk
  • 100 gram keju parut

Bahan isi:

  • 2 buah nanas besar, parut
  • 250 gram gula pasir
  • 5 lembar daun pandan

Bahan olesan:

  • 3 buah kuning telur
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdm susu kental manis

Cara membuat nastar:

  1. Kocok margarin, room butter, dan gula halus hingga tercampur rata. Gunakan micer dengan ekcepatan rendah selama 1 menit.
  2. Tambahkan kuning telur ke dalam adonan dan aduk sebentar. Jika sudah, masukkan parutan keju hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk dan aduk kembali. Jika sudah, pindahkan adonan.
  4. Panaskan bahan isi parutan nanas dan daun pandan di atas wajan dengan api besar. Tunggu hingga air hampir kering dan kecilkan api.
  5. Tambahkan gula pasir sambil diaduk perlahan hingga selai hampir kering. Matikan api dan tunggu hingga selai dingin, ambil setengah sendok teh dan pisahkan hingga adonan habis.
  6. Untuk membuat butiran nastar, ambil 1 sendok teh adonan kulit dan bulatkan dengan tangan.
  7. Buat lubang di tengah adonan dan masukkan selai yang sudah dipisahkan. Rapatkan kembali adonan dan letakkan di atas loyang.
  8. Lakukan bulatan tersebut hingga adonan habis. Letakkan dalam oven selama 15 menit dan angkat nastar. Oles bagian atas dengan bahan olesan dan taburkan keju parut di atasnya.
  9. Masukkan kembali dalam oven selama 15 menit dan tunggu hingga dingin. Pindahkan nastar ke stoples.
  10. Nastar siap disajikan.

Tips agar kue nastar empuk dan tidak mengeras

  1. Jangan terlalu lama mengocok mentega, margarin, dan gula halus.
  2. Jangan menggosoknya dengan tangan Anda, karena ini akan melelehkan mentega.
  3. Adonan nastar harus segera dibuat, karena jika terlalu lama akan melunakkan adonan yang bermentega dan hasilnya akan lebih buruk.
  4. Setelah pendinginan selesai, masukkan nastar ke dalam toples agar nastar lebih tahan lama dan teksturnya tetap terjaga.

Manfaat keju untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan gigi

Keju bisa menjaga kesehatan gigi. Kalsium yang ada dalam keju memainkan peran penting dalam pembentukan gigi. Selain itu, mengonsumsi keju juga dapat meningkatkan pH pada plak gigi dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan gigi.

2. Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Ilmuwan telah menemukan bahwa sifat antioksidan pada keju dapat melindungi tubuh manusia dari efek negatif. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi keju susu memiliki fungsi pembuluh darah yang lebih baik dibandingkan orang yang mengonsumsi pretzel.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, protein, magnesium, seng, vitamin A, D, dan K dalam keju dapat meningkatkan perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan remaja. Selain itu, mengonsumsi keju juga dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Orang yang makan lebih banyak keju memiliki tekanan darah rendah. Kalsium dalam keju dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, pilih keju yang rendah lemak dan natrium, seperti keju cottage atau parmesan. Karena kandungan natrium yang tinggi pada keju, dikhawatirkan justru akan meningkatkan tekanan darah.

Sekian artikel hari ini tentang kue nastar hidangan lebaran semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari hidangan di meja tamu anda saat lebaran tiba, anda juga bisa menemani hidangan di meja tamu anda denan hidangab keripik, seperti keripik tempe. Pembuatan resep keripik tempe sangat gampang, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *