Categories
Uncategorized

Coba Yuk! Resep Bolu Gulung Kukus Vanilla Anti Gagal Dijamin

Hallo semuanya kali ini artikel berjudul Coba Yuk! Resep Bolu Gulung Kukus Vanilla Anti Gagal Dijamin sudah dibagikan, siapa yang suka dengan kue bolu gulung satu ini? pasti semuanya suka ya

Kue Bolu Gulung adalah kudapan yang berbahan dasar telur, tepung terigu, gula, susu, dan pengembang kue lalu diolah didalam masin pembuat roti hingga tercampur rata dan dipanggang atau dikukus lalu ketika matang kue bolu gulung kukus ini diisi dengan isiannya.

Kue Bolu Gulung kali ini saya mengusung kreasi dengan menambahkan vanilla essence kenapa? , siapa sih yang gasuka dengan aroma dan rasa vanilla ini, pasti semuanya sangat suka dengan salah satu varian rasa ini.

Vanilla memiliki aroma yang sangatlah menenangkan oleh karena itu bisa menjadi alternatif ketika ingin memakan kue dengan bau harum dan menenangkan bukan? vanilla juga banyak memiliki manfaat lho.

Yuk simak beberapa manfaat dan khasiat dari vanilla ini, eits sebelum itu jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya dengan judul Resep Puding Roti Tawar Langsung enak, jangan lupa dipraktekkan ya resep kali ini, semoga berhasil!

A. Manfaat dan Khasiat Vanilla

resep bolu kukus vanilla

Siapa yang tidak suka rasa vanilla pada kue dan es krim? Vanili tidak hanya menghadirkan aroma yang menggiurkan pada makanan, tetapi juga dapat menyegarkan jiwa.

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu rempah mahal tersebut ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Bagi yang suka mencium vanilla, ini kabar baik. Karena ternyata aroma vanili dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat Anda lebih pintar.

 2. Anti-Inflamasi 

Seperti jahe, vanila adalah agen inflamasi yang efektif. Karena itu, vanili dapat menyembuhkan peradangan yang memengaruhi kemampuan kognitif Anda.

  • Inflamasi : Inflamasi adalah mekanisme dimana tubuh melindungi dirinya dari infeksi oleh mikroorganisme asing seperti virus, bakteri dan jamur. Saat mekanisme alami ini terjadi, sel darah putih dan zat yang dihasilkannya akan membentuk efek perlindungan.

 3. Kontrol Sistem Saraf

Padahal, vanili yang Anda cium bisa mengontrol kesehatan sistem saraf. Bukankah ini menyenangkan?

4. Meredakan Stres

Aroma vanili memang menyejukkan, sehingga bisa menyembuhkan stres atau depresi yang mengganggu Anda. Bahkan bau ini bisa menyembuhkan yang ot.

 5. Meredakan Mual Saat Hamil

Saat mual terjadi saat hamil, cobalah menghirup aroma vanili. Bau ini perlahan akan meredakan mual dan membuat Anda rileks.

 6. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang mengira bahwa menghirup vanilla dapat membantu Anda dengan rencana penurunan berat badan? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma ini dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga menghindari makan berlebihan.

B. Resep Bolu Gulung Kukus Vanilla Anti Gagal

Bahan-Bahan:

  • 3 butir telur
  • 5 sdm gula pasir
  • 3,5 sdm terigu
  • 1 sdm maizena
  • 50 gr margarin cairkan
  • 1 susu kental manis
  • Pasta Vanila
  • 1 sdt ovalet
  • Baking powder
  • Olesan selai stroberi (optional)

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Vanilla Anti Gagal:

  1. Campur semua bahan kecuali margarin dan susu
  2. Aduk dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih, kental, mengembang, dan berbentuk kerucut.
  3. Tambahkan susu kental manis dan margarin. Aduk dengan kecepatan rendah dengan septum atau agitator.
  4. Tuang ke dalam loyang yang sudah dilapisi margarin dan taruh alas roti di bawahnya agar roti tidak lengket di loyang.
  5. Ambil 2 sendok makan adonan dan tambahkan pasta dark chocolate
  6. Aduk rata
  7. Masukkan ke dalam plastik dan buat lubang kecil.
  8. Buat garis pada adonan Gunakan lidi untuk menggambar garis Buat pola batik
  9. Kukus uap di kukusan yang sudah berasap, tutup dulu dengan kain  pakai api sedang
    Uji tindik: jika tidak lengket  tandanya lengkap
  10. Oleskan selai sesuai selera, gulung kertas perkamen selagi panas biarkan dingin

 

Categories
Uncategorized

Mudah Banget! Resep Puding Roti Tawar Langsung Enak

Hai Hai Semuanya Kembali lagi dengan artikel yang berjudul Mudah Banget! Resep Puding Roti Tawar Langsung Enak , kreasi dari roti tawar yang sangatlah mudah dan bisa langsung disantap.

Roti Tawar adalah roti yang memiliki rasa khas yaitu plain dan sedikit gurih oleh karena itu apabila memakan roti tawar haruslah memiliki pendamping makanan ini.

Roti Tawar terbuat dari campuran tepung gandum dengan bahan bahan yang lainnya dan diolah didalam mesin pembuat roti lalu dipanggang diatas panggangan roti lalu disajikan dengan makanan pendamping roti tawar ini.

Resep Puding roti tawar kali ini sangatlah mudah dan bisa langsung disantap bersama sama keluarga dirumah aja! , pasti penasaran kan eits jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya dengan judul resep bolu kukus gula merah santan , selamat mencoba kreasi puding roti tawar kali ini!

A. Manfaat Mengonsmsi Puding Roti Tawar Kismis

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kismis merupakan sumber antioksidan dan fitonutrien yang sangat baik, yang dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke. Menurut data dari American College of Cardiology, konsumsi kismis setiap hari dapat menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah Kanker

Kismis kering dianggap sebagai pilihan camilan yang sangat sehat untuk penderita diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan kismis dapat menurunkan gula darah postprandial hingga 23% dan menurunkan tekanan darah sistolik.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kismis dapat mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel. Radikal bebas menyebabkan pertumbuhan sel kanker, itulah sebabnya makan kismis dapat melawan kanker

4. Membantu Pencernaan

Serat makanan yang terkandung dalam kismis memiliki efek pencahar pada lambung dan dapat meredakan sembelit. Makan kismis setiap hari membantu buang air besar teratur dan membantu pencernaan.

5. Mencegah Anemia

Kismis adalah sumber zat besi yang baik, zat besi diperlukan untuk memproduksi sel darah merah dan membantunya membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Makan kismis akan mencegah anemia defisiensi besi.

6. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Kismis mengandung banyak kalsium, yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk kesehatan, tulang dan gigi yang kuat. Wanita pascamenopause harus makan lebih banyak kismis untuk mencegah perkembangan osteoporosis.

B. Kreasi dari Kismis

  1. Pie Apel Kismis Goreng

Bahan-Bahan:

  • 16 lembar kulit pangsit
  • 1 butir putih telur
  • Minyak untuk menggoreng

Isian :

  • 1 buah apel, kupas, potong dadu kecil
  • 2 sdm kismis, potong menjadi 2
  • 2 sdm margarin
  • 2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 1/8 sdt garam

Cara Membuatnya:

  1. Lelehkan margarin di atas teflon. Tambahkan semua isian dan masak hingga apel layu dan gula berubah menjadi karamel.
  2. Menyisihkan
  3. Ambil 1 buah kulit pangsit dan tambahkan 1 sendok teh isian apel (Anda juga bisa mengembalikan rasanya).
  4. Lipat menjadi dua dan rekatkan kulit pangsit dengan sedikit putih telur. Tekan tepi bungkus pangsit dengan garpu.
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

C. Resep Puding Roti Tawar Langsung Enak

puding roti tawar

Bahan-Bahan:

  • 10 lembar roti tawar
  • 600 ml susu cair/air biasa yang telah ditambahkan SKM kalau tidak ada susu cair
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt vanili
  • 2 sdm mentega/butter
  • 3 sachet (120 gram) susu kental manis
  • 6 sdm gula
  • Secukupnya keju
  • Secukupnya kismis
  • Topping (Optional)

Cara Membuat Puding Roti Tawar Langsung Enak:

  1. Siapkan semua bahan
  2. Potong roti putih menjadi potongan kecil
  3. Campur telur dan susu, aduk rata
  4. Tambahkan vanilla cair dan mentega / mentega. Aduk rata
  5. Tambahkan irisan roti dan keju. Aduk rata (sampai hancur)
  6. Taruh di cetakan (saya pakai dengan cetakan alumunium foil di rumah, atau bisa langsung diolah di dalam panci)
  7. Adonan sudah siap. Bisa dipanggang atau dikukus di oven
  8. Jika dipanggang di dalam oven, butuh waktu sekitar 45 menit, dan jika dikukus, butuh waktu sekitar 30 menit
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kopi Cappucino Ala Kafe Spesial Mudah Dibuat

Halo sobat semuanyaa, balik lagi nih di artikel kita kali ini dengan topik bahasan cara membuat kopi cappucino ala kafe spesial yang mudah dibuat. Cappucino yang seperti di kafe atau kedai kopi itu.

Waktu itu kan mimin udah sharing mengenai resep makanan yaitu resep ikan nila bakar. Namun kali ini mimin pengen banget nih sharing mengenai cara membuat minuman yang istimewa sob.

Sebenarnya untuk membuat kopi cappucino seperti yang ada di kafe kafe atau kedai kopi ini cukup mudah. Hanya perlu beberapa teknik dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan apakah sobat tahu apa itu cappucino? Banyak orang yang pernah minum atau merasakan cappucino tapi tidak memahami konsep dasarnya.

Cappucino adalah percampuran antara espresso atau konsentrat atau sari pati kopi yang dipadukan dengan susu creamy dengan busa yang bertekstur creamy di mulut. Sungguh sangat memanjakan lidah.

Konsentrat atau sari pati kopi inilah yang disebut espresso. Rasa dari espresso yang khas dan kuat dipadukan dengan susu yang manis dan lezat. Dipadukan secara pas dan tidak mendominasi rasa.

Jika sobat merasa kesulitan untuk membuat sobat tenang saja. Bakalan mimin bimbing melalui artikel ini sob. Kan udah mimin bilang kalo sebenarnya cara membuatnya itu cukup mudah.

Formula rahasia yang membuat cappucino memiliki rasa yang nikmat adalah keseimbangan antar komponen yang tepat. Maksudnya diantara rasa espresso dengan rasa susu tidak ada yang lebih dominan.

Banyak orang dari berbagai negara tertarik dengan cita rasa khas dari kopi cappucino ini. Bahkan tidak jarang pula mereka mengembangkan resep ini menjadi resep dengan ciri khas mereka masing-masing lho sob.

Awalnya cara membuat kopi cappucino ini sedikit rumit karena belum ditemukan alatnya. Namun sekarang cara membuat cappucino sudah lebih mudah seiring berjalannya waktu yang berdampak pada kemudahan.

Cara Membuat Kopi Cappucino Ala Kafe Istimewa

Setelah perang dunia kedua kopi cappucino semakin dikenal banyak orang. Mulai disebarkan oleh para turis, orang yang pergi ke italia, hingga para pecinta kopi yang sengaja mencoba resepnya.
Sehingga cara untuk membuatnya pun tersebar dan kini telah banyak yang menjualnya di kedai kedai atau kafe. Sungguh sangat fenomenal kopi ini.

Bahan Membuat Cappucino

Bahan-Bahan

  • 100 mililiter Susu sapi segar;
  • air 170 mililiter;
  • Biji kopi takaran 10 gram hingga 20 gram;
  • Granula powder sebagai topping utama;
  • coklat bubuk untuk topping tambahannya.

Alat-Alat 

  • alat penggiling Biji Kopi;
  • Panci;
  • Kompor;
  • alat presso atau aeropress.

Langkah Membuat Kopi Cappucino Ala Kafe

Tahap Pertama

  • Rebuslah air mineral dengan takaran yang sudah ditentukan hingga mendidih atau 100 derajat selsius.
  • Sembari menanti airnya mendidih silahkan sobat giling saja biji kopi sebanyak 15 hingga 20 gram hingga halus.
  • Kalau sudah digiling silahkan sobat masukkan hasil gilingannya pada alat presso atau aeropress.
  • Pakailah alat presso atau aeropress untuk memproses hasil gilingan biji kopi. Untuk 20 gram biji kopi, gunakan proporsi air mendidih sebanyak 60 mililiter. Air yang digunakan memang begitu sedikit sebab kita akan mengambil sari pati kopinya aja.
  • Masukkan hasil espresso pada gelas saji yang sudah disiapkan.

Tahap Kedua

  1. Hidupkan kompor, kemudian rebus susu dalam panci hingga mendidih sempurna sambil diaduk hingga berbuih.
  2. Sehabis mendidih masukkan susu tadi dalam alat french press kemudian press lah hingga hasilnya maksimal.
  3. Kalau tidak ada french press sobat aduk saja terus susunya hingga berbusa tapi akan sedikit lebih lama prosesnya.

Proses Persiapan Penyajian

  1. Kalau sudah semua selesai dilakukan, sekarang tuang susu hasil proses tadi diatas espresso dalam satu gelas.
  2. Taburi taburan seperti cocoa powder, coklat bubuk, ataupun choco granula.
  3. Setelah itu kopi cappucino ala kafe siap disajikan dan diseruput.
Kalau semua langkah langkah dan tahapan sudah diselesaikan dan dilakukan kini kopi cappucino ala kafe sudah bisa disajikan dan dinikmati.
 
Kopi memang terkenal akan sajian hangat yang nikmat diseruput. Untuk memanaskan kopi sobat bisa gunakan alat pemanas kopi agar cita rasa nikmatnya terasa sempurna.
 
Cappucino merupakan sajian minuman kopi yang memiliki keunikan tersendiri. Karena rasanya merupakan kombinasi sempurna antara rasa manis susu dengan rasa kuat konsentrat kopi.
Kombinasi rasa yang imbang dan sempurna inilah yang membuat banyak orang terpikat dengan cita rasa kopi ini. Sangat menggugah selera dan memanjakan lidah.
 
Itu diatas tadi adalah artikel mengenai cara membuat kopi cappucino ala kafe istimewa yang mudah dibuat. Bagaimana sob sangat mudah dilakukan ya kan.
Cukup sekian artikel ini mimin buat sebagaimana mestinya. Jika sobat menyukai artikel ini silahkan bagikan artikel yang satu ini kepada teman, saudara, keluarga, atau orang lainnya. Semoga bermanfaat ya sobat.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Roti Kasur Lembut Bertekstur Empuk dan Enak

Halo sobat sekalian, pada artikel resep kali ini mimin akan sharing mengenai cara membuat roti kasur lembut. Roti kasur ini sebenarnya sajian roti khas nusantara loh sob. Sangat menarik ya.

Di artikel sebelumnya mimin kan udah berbati mengenai minuman yaitu cara membuat jus sirsak. Kali ini mimin pengen berbagi cara buat makanannya nih sob yaitu sebuah sajian kue yang nikmat.

Roti kasur sangat cocok untuk makan pagi dan set makanan penutup. Karena roti kasur adalah roti luar biasa dan memiliki rasa yang tidak biasa. Rasanya sangatlah enak dan menggoda.

Perlu diketahui bahwa awalnya roti ini bernama roti maros. Nama tersebut bukanlah nama sembarangan, melainkan diambil berdasarkan nama tempat roti pertama kali dibuat.

Roti tersebut diciptakan dari Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jadi roti merupakan aset investasi kearifan lokal yang harus kita lestarikan. Setidaknya mimin dan sobat tahu bagaimana melakukannya.

Namun seiring bertambahnya waktu dan tahun roti tersebut semakin terkenal dan perkembangannya meluas hingga ke seluruh penjuru nusantara. Roti ini memiliki bentuk seperti kasur yang unik.

Sebelum dikenal masyarakat, roti kasur merupakan roti biasa yang dipanggang secara turun temurun oleh masyarakat Kabupaten Maros. Roti ini sangat berharga karena merupakan roti khas Indonesia

Semakin banyak orang yang menyadari keunikan dari roti ini. Roti ini berbentuk seperti kasur dan memudahkan untuk membaginya. Oleh sebab itu, roti ini cepat menyebar dan dikenali.

Filosofi unik dari roti maros atau kasur ini adalah persatuan, keseragaman dan keakraban. Sebab, sebenarnya roti ini dibuat untuk dinikmati berramai ramai. Dibuktikan dengan bentuknya yang friendly.

Sebab itulah resep roti kasur tersebut banyak dicari oleh orang orang. Selain cita rasa khas nya, juga bentuknya yang unik yang menyebabkan banyak orang terpikat akan keunikan tersebut.

Cara Membuat Roti Kasur Lembut dan Nikmat

Jika berbicara dalam konteks sejarah, roti ini telah ada sejak zaman tahun 80 an. Karena roti ini sangat populer sejak tahun tersebut hingga sekarang.
Roti kasur cocok untuk dimakan bersama sama. Karena potongannya memudahkan untuk dibagi dan dinikmati bersama banyak orang. Sungguh unik!
Langsung saja yuk kita simak cara membuat roti kasur lembut dan fenomenal.

Bahan Membuat Roti Kasur

Bahan Roti Kasur

  • 100 ml susu cair, sobat juga bisa menggunakan krim kental manis;
  • 1 (satu) sendok teh ragi instan Fermipan;
  • 250 gram tepung terigu berprotein tinggi merek terserah ya;
  • Sejumput garam (tidak lebih dari satu sendok teh);
  • 2 (dua) sendok makan kopi atau bubuk kakao atau bubuk cokelat;
  • Gula pasir 2 (dua) sendok makan;
  • Susu bubuk 5 (lima) sendok makan;
  • Telur 1 (satu) butir;
  • Margarin 50 gram atau 4 sendok makan.

Bahan Isian Roti

Kami sebenarnya membebaskan untuk isiannya boleh di isi pakai apa saja, tetapi berikut adalah beberapa testimonial isian yang patut dicoba karena rasanya enak hehehe.

  • Selai rasa cokelat;
  • Selai rasa srikaya;
  • Butter;
  • Keju;

Bahan Olesan Roti

  • Mentega ataupn butter.

Langkah-Langkah Memasak Roti Kasur

  1. Dalam satu wadah, campurkan semua bahan roti yaitu ragi, coklat bubuk atau kakao bubuk atau kopi bubuk, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan telur, aduk hingga merata, lalu tambahkan susu cair. Uleni hingga adonan menjadi elastis.
  2. Tambahkan sedikit garam dan dua sendok makan mentega. Kemudian uleni lagi hingga rata dan halus.
  3. Potong adonan menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah. Pastikan adonan tidak terlalu keras. Jika masih terlalu keras, coba tambahkan telur secara bertahap sampai mudah diuleni.
  4. Didiamkan sejenah hingga adonan mengembang selama 10 menit.
  5. Setelah mengembang, kempiskan lagi, lalu potong kecil-kecil menjadi bagian yang sama, misalnya 10 bagian. Kemudian isi setiap bagian dengan isian yang sesuai dan ulangi hingga potongan atau bagiannya habis.
  6. Setelah semua potongan terisi isian, nyalakan oven dan atur suhunya menjadi 180 derajat Celcius. Panggang dalam oven selama 20 menit.
  7. Kalau sudah 20 menit atau sudah matang sob, segera keluarkan kuenya dari oven lalu olesi dengan mentega.
  8. Biarkan rotinya dingin sebentar, kemudian setelah tidak terlalu panas sajikan roti dengan syahdu.
Kalau semua langkah diatas sudah dilakukan berati proses membuatnya juga sudah selesai sob. Begitulah cara membuatnya, seperti sebuah petualangan bagi mimin hehehe.
 
Dari tadi kok ngomongin makanan terus mimin jadi keseretan ugh. Mimin paling suka nih kalau minum kopi hangat karena rasanya sangat nikmat.
Kalau hangat kopi akan memiliki cita rasa yang meningkat, selain itu daya tahannya juga akan lebih lama. Sobat bisa pakai alat pemanas kopi yang sangat tepat untuk memanaskan kopi.
Sekian artikel ini mimin tulis, gimana, cukup mudah ya kan.
Kalau artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share dan bagikan artikel yang satu ini ya. Semoga bermanfaat.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Smoothies Pisang Untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan Anda!

Hai, Anda sedang menjalani program diet? Kebetulan sekali pada artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat smoothies pisang untuk diet. Smoothies merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Minuman ini menawarkan banyak nutrisi, protein, dan serat untuk membantu Anda tetap kenyang. Diet dengan smoothies membuat program diet Anda menjadi lebih menyenangkan dan menyehatkan. Minuman segar menyehatkan ini dikemas dengan nutrisi penting yang juga menjaga kulit, rambut, tulang, dan jantung. Sebab, smoothies terbuat dari buah-buahan, sayuran, susu, yogurt berprotein, dan bahan bergizi lainnya.

Smoothies kali ini adalah smoothies dengan bahan utama buah pisang. Pastinya Anda pernah makan buah pisang kan? Selain rasanya yang enak, buah pisang juga memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau. Jika Anda ingin membelinya, tidak sulit untuk mencari pedagang yang menjual buah pisang. Karena banyak yang menjual buah berwarna kuning ini, baik di pasar maupun di pinggir jalan. Berikut ini adalah cara membuat smoothies pisang untuk diet yang mudah sekali untuk Anda buat sendiri di rumah.

Cara Membuat Smoothies Pisang Untuk Diet

Bahan-Bahan:

  • 3 buah pisang matang
  • 1 sdm madu asli
  • 200 gram oatmeal
  • 250 ml sari kedelai (optional, bisa diganti susu plain)

Cara-Cara Membuat Smoothies Pisang Untuk Diet:

  1. Siapkan buah pisang yang beku, dengan cara kupas buah pisang, potong kecil-kecil dan bekukan di freezer.
  2. Siapkan blender.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  4. Proses hingga halus dan lembut
  5. Jika sudah lembut, tuangkan ke dalam gelas saji. Jika Anda ingin smoothies ini dingin, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendigin minuman terlebih dahulu.
  6. Smoothies siap dinikmati.

Hal Yang Harus Dihindari Agar Diet Anda Sukses

Berikut sedikit ulasan mengenai hal yang harus Anda hindari saat sedang menjalani program diet.

  1. Jangan Tinggalkan Sarapan Pagi

Banyak orang yang sedang melakukan diet meninggalkan sarapan dengan alasan meminimalisir asupan kalori, mungkin orang itu berasumsi seperti itu karena beranggapan itu dapat cepat memangkas lemak di tubuh. Justru sebaliknya, American Journal of Epidemiology menyatakan, orang yang tidak pernah meninggalkan sarapan cenderung memiliki kadar gula darah yang baik dan tidak cepat lapar di siang harinya. Jadi, jangan pernah tinggalkan sarapan pagi lagi ya!

  1. Hindari Kurang Tidur

Saat perut kosong lambung akan memproduksi hormon yang disebut hormon grehlin, sedangkan kurang tidur merangsang lambung memproduksi hormon grehlin lebih banyak, hal itu akan membuat lambung merasa lapar akut. Maka dari itu, agar diet Anda sukses tidurlah secara teratur sekitar 6-8 jam sehari. Tapi, hindari juga tidur berlebihan karena itu dapat memperlambat pencernaan dan metabolisme tubuh, yang menyebabkan kalori tidak dikelola dengan baik sehingga berujung pada penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh.

  1. Hindari Kekurangan Konsumsi Sayur Dan Buah

Tips selanjutnya ialah perbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi, agar lambung tidak cepat lapar dan tetap sehat meskipun kita mengurangi asupan karbohidrat. Sebagai gantinya ganti menu makan Anda dengan sayur dan buah yang kaya serat dan rendah kalori seperti smoothies pisang yang tadi kita bahas, kalau bisa yang bebas kalori, seperti apel, pisang, pepaya, pir, kol, brokoli, dll. Karena kandungannya yang kaya akan serat tinggi, membuat rasa kenyang awet di dalam lambung serta melancarkan pencernaan usus.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari saat diet agar diet Anda sukses. Ternyata mudah bukan cara membuat smoothies pisang untuk diet? Anda bisa menambahkan menu smoothies pisang untuk diet ini ke dalam menu sarapan pagi Anda. Selamat mencoba!

Categories
Uncategorized

Resep Puding Kopi Nescafe yang Enak Bikin Ketagihan

Halo sobat sobat sekalian, ketemu lagi di artikel ini dengan topik yaitu resep puding kopi nescafe yang enak dijamin nagih sob. Oleh karena itu sobat harus tau nih  resep puding kopi yang sangat enak.

Jika kemarin mimin berbagi resep ikan nila bakar yang gurih. Namun sekarang mimin jadi pengen sharing ke kalian mengenai cara membuat sajian makanan yang segar dan manis nih.

Siapa yang tidak tahu apa itu puding. Singkatnya, puding merupakan salah satu olahan makanan berbahan baku rumput laiut yang memiliki tekstur sangat kenyal.

Makanan ini memiliki tekstur dan rasa seperti agar-agar. Namun tentunya terdapat beberapa perbedaan mendasar. Yaitu mengenai bahan dan cita rasanya.

Resep puding kopi berlapis cokelat ini sangat mudah dibuat dan praktis. Sebenarnya cara pembuatannya hampir sama dengan membuat puding lainnya.

Beberapa puding atau agar-agar harus kental. Namun puding yang terlalu padat dan keras juga sangat tidak disarankan. Puding yang keras umumnya disebabkan ketika kita tidak mengaduk saat merebusnya.

Selain konsistensi saat pengadukan waktu pengadukan juga bisa memengaruhi tekstur puding yang Anda siapkan. Sebaiknya Anda mulai aduk saat semua bahan sudah ditambahkan sobat.

Agar puding disajikan dengan nikmat dan lezat,  Anda dapat menambahkan beberapa bahan tambahan. Tentunya harus cocok dengan puding kopi.

Selain menambah cita rasa pada puding kopi, bahan tambahan ini juga dapat meningkatkan estetika atau tampilan puding kopi.  Pokoknya semakin lengkap semakin enak deh sob dijamin.

Anda harus tahu bahwa puding pada dasarnya disajikan dalam keadaan dingin. Selain menambah cita rasa, pudingnya sendiri memang cocok disajikan dingin.

Resep Puding Kopi Nescafe Nikmat dan Lembut

Karena rasanya yang enak dan kemudahan dalam pembuatannya. Puding kopi cocok untuk disajikan dan disantap bersama keluarga.

Selain untuk mempererat silaturahmi, juga bisa digunakan untuk menambah wawasan kita. Bahwa kopi juga bisa dijadikan sebagai puding kopi.

Bahan Pudding Kopi

Dalam bahan ini akan bagi menjadi dua bagian yaitu bagian lapisan bawah puding dan juga lapisan atas.

Bahan Lapisan Bawah

  • 3 sdt kopi instan nescafe;
  • 300 ml susu cair boleh pakai krimer;
  • 3 sendok teh gula pasir;
  • 1 plastik agar-agar bubuk;
  • 1 kuning telur.

Bahan Lapisan Atas

  • 1 sdm gula pasir;
  • 1 sendok teh garam;
  • 1 plastik agar-agar bubuk;
  • 10 sendok teh gula pasir;
  • 300 ml susu cair;
  • 1 putih telur.

Bahan Topping Pelengkap

  • Kacang almond tabur atau kacang lain;
  • Keju kraft batangan (optional);
  • Coklat batangan (optional).

Langkah Resep Puding Nescafe

  1. Yang pertama perlu dilakukan yaitu membuat puding lapisan bawahnya terlebih dahulu
  2. Campur susu, gula pasir, kopi dan bubuk kopi bersamaan di satu panci sambil diaduk aduk konsisten.
  3. Hidupkan kompor apinya di tingkat sedang saja jangan terlalu besar.
  4. Taruh panci di atas kompor lalu aduk aduk susu, gula pasir, kopi dan agar-agar sampai adonan mendidih.
  5. Keluarkan sedikit adonan dari wajan.
  6. Kemudian tambahkan kuning telur ke bagian adonan. Campur dengan baik.
  7. Lalu masukkan sebagian adonan yang telah diambil dan dicampur kuning  telur tadi.
  8. Setelah dirasa matang silahkan tuang ke wadah atau gelas hingga tiga perempat bagian wadah.
  9. Kemudian sobat buat lapisan kedua sobat rebus susu, gula dan bubuk agar-agar,
  10. terus aduk hingga adonan panci telah mendidih.
  11. Kocoklah putih telur dan garam hingga agak sedikit mengembang. Lalu masukkan gula pasir.
  12. Lalu kocok hingga mengembang dengan sempurna.
  13. Tuangkan hasil kocokan putih telur dan garam tersebut kembali ke panci.
  14. Sehabis dicampur merata dan jika dirasa sudah matang, matikan kompor kemudian tuang adonan kedua ini diatas adonan pertama.
  15. Taburkanlah topping kacang almond, coklat batang ataupun keju batangan agar rasanya lebih mantab.
  16. Selesai puding kopi nescafe siap dinikmati

Setelah semua proses pembuatan dan tahapan sudah dilakukan. Kini puding kopi nescafe sudah siap untuk disantap.

Kopi memang enak dibuat puding. Namun sebenarnya jika sobat minum kopi rasanya akan lebih enak jika tetap dijaga kehangatannya. Sobat bisa gunakan alat pemanas kopi untuk menghangatkan kopi yang sobat buat.

Semoga resep pembuatan puding ini dapat menambah wawasan pembaca yang budiman semua. Sekarang sobat bisa bikin puding kopi yang empuk, kenyal, nikmat dan istimewa.

Kualitasnya sama baiknya dengan yang ada di pasaran. Teman juga bisa berbagi resep ini dengan teman dan keluarga untuk saling berbagi.

Terima kasih telah membaca artikel ini 🙂 

Categories
Uncategorized

Resep Jenang Ketan Hitam Sederhana dan Berbagai Macam Lainya

Indonesia bukan hanya kaya akan budaya dan kekayaan alam, namun juga variasi kulinernya. Beragam makanan nusantara mulai dari yang lezat sampai ekstrem jadi buruan para pecinta kuliner. Termasuk jenang, camilan tradisional khas Indonesia ini hampir ada di setiap daerah terutama di daerah Jawa.

Jenang

jenang-solo

Apa sih, jenang? Di beberapa daerah jawa khususnya Solo dan Yogyakarta jenang adalah penyebutan untuk bubur dan sejenisnya.

Jenang Ketan termasuk kedalam jajanan mewah karena termasuk jajanan mahal,  dari bahannya pun sudah bisa dilihat kalau jajanan Jenang Ketan ini istimewa, adapun bahan-bahannya yakni beras ketan, gula merah dan santan.

Membuat Jenang cukup mudah dalam proses pengolahannya. Resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol. Meskipun demikian, membuat dodol dikenal lebih panjang dan lama proses pembuatanya karena dodol prosesnya pembuatanya cukup lama menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan.

Bila kalian tertarik mengetahui resep olahan ketan lainya seperti resep dodol ketan putih atau cara membuat dodol ketan putih bisa mengunjungi website ini

Meskipun demikian kalian masih tetap bisa membuat jenang dirumah. Jika kalian memang berminat membuat jenang ketan hitam ini, berikut saya paparkan beberapa Resep Jenang Ketan Hitam yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep dan Cara Membuat Jenang Ketan Hitam

jenang ketan hitam

1. Jenang Ketan Hitam Sederhana

Bahan-bahan :

  • 1 liter beras ketan hitam
  • 1/2 liter kacang hijau
  • 2 biji gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • seruas jempol kayu manis
  • 1/2 butir kelapa diparut utk santan kentalnya

Cara Membuat Jenang Ketan Sederhana :

  1. Rendam beras selama ± 1 jam.
  2. Didihkan air, jika sudah mendidih masukkan beras dan masak beras ketan hingga lembut. Sambil sesekali diaduk-aduk dan tambahkan air jika perlu.
  3. Jika beras ketan sudah agak lembut, masukkan gula merah dan kayu manis. Lalu aduk sampai benar-benar larut dengan ketannya.
  4. Masak santan kental dan tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga mendidih.
  5. Sajikan bubur ketan hitam dengan santan kental. Bubur ketan hitam siap dinikmati.

2. Jenang Ketan Hitam Sosoh

Bahan-bahan :

  • 1 gelas beras ketan hitam
  • 1 bks santan sachet
  • Daun pandan
  • Garam
  • Selera Gula Aren atau Gula Jawa

Cara Membuat Jenang Ketan Sosoh :

  1. Rendam ketan semalaman, lalu cuci dan tiriskan.
  2. Didihkan air, masukan ketan hitam, garam, gula, dan daun pandan. Masak selama 5 menit lalu matikan api dan diamkan selama 30 menit. Lalu masak lagi ± 10 menit. Aduk terus hingga mengental, tes rasa dan matikan api.
  3. Untuk kuah santan, didihkan air santan dari 1 bungkus santan sachet. Tambahkan garam. Masak hingga mendidih dan matikan api.
  4. Bubur ketan hitam sosoh siap disajikan.

3. Bubur Ketan Hitam tanpa Santan

Bahan-bahan :

  • 100 gr beras ketan hitam
  • 1 L air
  • 50 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 1/2 sdt garam
  • 4 sdm fibercream
  • 3 lbr daun pandan (simpul)

Cara Membuat Jenang Ketan Hitam Sosoh :

  1. Cuci bersih beras ketan, rendam beras ketan semalaman.
  2. Keesokan harinya, masak beras ketan bersama air dan daun pandan sampai mendidih, sambil diaduk sesekali. Diamkan 1-2 jam.
  3. Kemudian masukkan sisa bahan lainnya masak kembali sampai mendidih. Diamkan sampai agak dingin. Bubur ketan hitam siap disantap.

Nah itulah tadi mengenai resep dalam membuat Jenang Ketan Hitam yang disertai dengan langkah-langkah dalam pengolahannya.

Bagaimana sobat pembuatan Jenang ini memang sangat mudah bukan, nah oleh karena itu Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri dirumah.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Resep Jenang Ketan Hitam Sederhana dan Berbagai Macam Lainya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba mempraktikan. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu ya !.

Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !

Categories
Uncategorized

Resep dan Cara Membuat Roti Boy yang Sangat Lezat

Halo sobat sekalian yang berbahagia, pada kesempatan kali ini penulis bakal berbagi resep dan cara membuat roti boy yang sangat nikmat dan juga sangat lezat nih.

Kemarin kan mimin udah berbagi cara membuat jus sirsak sebagai minuman nih. Sekarang mimin pengen sharing cara membuat makanannya nih yaitu sebuah kue yang istimewa.

Singkatnya, roti boy merupakan salah satu sajian roti dengan rasa kopi dan tekstur yang lembut. Banyak orang ingin tahu cara membuat roti boy yang memang sangat istimewa.

Tak jarang pula banyak koki yang rela menghabiskan banyak waktunya hanya untuk membuat roti ini namun seringkali masih gagal. Karena mungkin mereka kurang mengetahui resep dasarnya.

Oleh karena itu agar sobat bisa membuatnya tanpa harus mengalami kegagalan nih mimin kasih beberapa langkahnya. Caranya sangat mudah, dilakukan oleh pemula pun tidak susah.

Jadi sobat tidak perlu risau akan kesulitan dalam membuatnya. Rasanya pun nendang banget, teksturnya empuk dan lezat. Dijamin nagih deh pokoknya selama kita sajikan dengan baik.

Cara membuat roti boy aslinya memanglah sangat sederhana, tetapi rasanya juga sangat unik. Tinggal masukkan saja bahan-bahannya, campur dengan adonan lalu masak dengan panggangan.

Resep dan Cara Membuat Roti Boy yang Sangat Nikmat

Bahan-bahan Roti Boy

  • Tepung terigu kadar protein tinggi 500 gram (saya pakai Cakra Kembar);
  • Tepung terigu kadar protein sedang 50 gram (saya pakai Segitiga Biru);
  • Susu cair 300 mililiter (merek bebas);
  • Gula pasir 50 gram ;
  • Butter 50 gram;
  • Ragi instan 15 gram (merk Fermipan);
  • Garam 1 (satu) sendok teh;
  • Kuning telur 1 (satu) butir.
  • Telur 1 (satu) butir;

Bahan Isian Roti Boy

Isi dalam dari roti ini sebenarnya terserah sobat. Namun kali ini mimin bagikan nih referensi agar lebih enak.
  • Butter 30 gram;
  • Coklat atau keju.

Bahan Topping Roti Boy

  • Gula halus 4 (empat) sendok makan
  • Baking powder seperempat sendok teh
  • Butter 60 gram
  • Kopi instan 2 (dua) sendok teh (penulis menggunakan brand Nescafe)
  • Pasta moka 2 (dua) tetes
  • Putih telur 2 (dua) butir

Resep dan Cara Membuat Roti Boy Istimewa di Rumah

Kalau sudah menyiapkan alat dan bahannya, silahkan siapkan niat dulu sob. Soalnya niat merupakan penentu utama keberhasilan apapun yang kita lakukan ya sob.

Langkah Membuat Roti Boy Oven

  1. Silahkan campur ragi dengan gula, diaduk hingga merata sempurna.
  2. Ambil satu wadah yang lainnya, campurkan tepung terigu, telur, kuning telur, garam dan susu. Aduk hingga semuanya tercampur menjadi adonan roti yang akan kita buat.
  3. Campurlah adonan dari langkah 1 dengan adonan langkah 2. Campur dan uleni hingga teksturnya menjadi kalis dan elastis.
  4. Setelah adonan menjadi kenyal dan halus, tambahkan mentega atau butter, lalu aduk hingga tercampur dan diuleni hingga lebih halus.
  5. Jika sudah halus, masukkan ke dalam wadah sebentar, lalu tutup dengan plastik atau kain bersih.
  6. Adonan akan mengalami proses pengembangan adonan.Proses ini memakan waktu 45 menit hingga 1 jam, tergantung cara Anda mengaduk adonan dan bahan pengembangnya.
  7. Setelah itu silahkan dikempiskan lagi jika adonan sudah mengembang.
  8. Bulatkan adonan lalu potong menjadi 15 bagian
  9. Ambil salah satu bagian potongan adonan kemudian lubangi dan isi dengan bahan isian yang telah disiapkan.
  10. Diteruskan saja seperti langkah sebelumnya hingga semua potongan adonan sudah terisi dengan bahan isian.
  11. Biarkan adonan mengalami proofing selama 45 menit sampai 1 jam.

Langkah Membuat Topping dan Memanggang di Oven

  1. Campurlah gula halus dengan mentega hingga berbusa.
  2. Campurkan kopi instan, baking powder, tepung dan pasta moka ke dalam mangkuk. Lalu aduk aduk secara konsisten hingga rata.
  3. Kocoklah satu putih telur atau aduk hingga sedikit menjadi berbusa, lalu campurlah dengan mentega sembari terus diaduk hingga jadi adonan yang merata
  4. Ambil plastik segitiga kemudian persiapkan di atas meja untuk memasukkan topping.
  5. Masukkan campuran adonan dalam plastik segitiga kemudian potong ujung plastik segitiga, sehingga dapat digunakan untuk menaburkan topping yang sudah dibuat tadi.
  6. Pangganglah dengan oven pada suhu 180 derajat selsius dengan lama waktu selama 15 menit saja. Ingat bahwa memanggang terlalu lama dapat menjadikannya kusut atau bahkan gosong.

Setelah semua proses dan tahapan sudah dilakukan, kini resep dan cara membuat roti boy nikmat sudah bisa disantap bersama.

Ngomongin makanan terus dari tadi jadinya mimin haus nih. Biasanyak kalau mimin hauspaling suka minum kopi hangat. Untuk menghangatkan kopi sobat bisa pakai alat pemanas kopi yang bisa digunakan untuk memanaskan kopi secara tepat sob.

Begitulah rahasia resep cara membuat roti boy yang mirip seperti aslinya. Caranya sangat sederhana ya. Selain langkahnya yang sederhana, rasanya sama dengan roti boy asli yang dijual. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk semua orang.

Terima kasih sudah membaca artikel ini  ya sob 🙂

Categories
Uncategorized

Resep Bolu Kukus Gula Merah Santan 100% Berhasil dan Endeul

Resep Bolu Kukus Gula Merah Santan ya, kali ini ini saya akan membagikan artikel tersebut karena apa? karena manfaat dari Gula Merah dan Santan sendiri sangat banyak sekali ya.

Resep Bolu Kukus yang kali ini sangatlah khas sekali karena bolu kukus kali ini termasuk jajanan yang dianggap sudah punah atau sudah jarang sekali orang membuatnya.

Oleh karena itu saya akan membangikannya kali ini, sejujurnya kue bolu kukus ini sangatlah sederhana sekali yaitu campuran dari tepung terigu, santan, gula merah, emulsifier dan dicampur menggunakan mesin pembuat roti dan dikukus menggunakan alat kukusan.

Jangan lupa cek juga ya artikel kami sebelumnya yang membahas tentang Cara Membuat Dodol Ketan Putih ya, selamat mencoba!

A. Manfaat Santan Untuk Kesehatan

Meskipun santan meningkatkan rasa makanan, umumnya dianggap sebagai penyebab peningkatan kolesterol. Karena itu, Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi santan. Tahukah Anda jika tidak makan terlalu banyak, cairan yang biasa ditambahkan ke sebagian besar menu Lebaran bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Santan merupakan bahan yang sangat populer dalam masakan, terutama masakan Asia Tenggara. Cairan yang bercampur dengan daging kelapa yang berwarna coklat tua dan air bisa menggantikan santan sehingga terasa asin. Putih seperti santan, santan bisa dibuat kental atau encer. Sebelum memahami manfaat santan, mari kita cari tahu dulu nutrisi yang terkandung di dalamnya.

1. Kesehatan Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Santan tergolong salah satu makanan yang berbahaya bagi kesehatan jantung karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Namun nyatanya, sumber lemak jenuh yang berbeda mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda pula. Selain itu, faktor genetik juga berperan dalam cara orang memetabolisme lemak jenuh dan sejauh mana lemak ini memengaruhi kesehatan.

Beberapa penelitian telah mempelajari pengaruh santan terhadap kadar kolesterol. Namun, banyak penelitian telah meneliti efek minyak kelapa.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Kelapa mengandung lipid yang disebut asam laurat. Kandungan tersebut memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi, sehingga dipercaya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Studi tentang efek antibakteri asam laurat pada kelapa juga menemukan bahwa santan memiliki manfaat dalam menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.

Dalam studi ini, para peneliti mengisolasi berbagai bakteri dan memaparkannya ke asam laurat dalam cawan petri. Hasilnya, mereka menemukan bahwa asam laurat secara efektif dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae dan Mycobacterium tuberculosis.

B. Resep Bolu Kukus Gula Merah Santan

Bahan-Bahan:

Bahan A:

  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir

Bahan B:

  • 500 gr tepung terigu
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam

Bahan C:

  • 400 gr gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 250 ml air
  • 150 ml santan kental

Bahan D:

  • 250 ml minyak goreng

Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Santan:

  1. Rebus air gula merah dan daun pandan hingga gula larut. Menyisihkan.
  2. Kocok gula dan telur hingga putih dan kental (jika pisau pengaduk diangkat maka adonan tidak akan cepat rontok),
  3. Kemudian tambahkan bahan B dan C secara perlahan dengan mixer kecepatan rendah. Tuang minyak goreng dan blender dengan kecepatan rendah hingga campuran menjadi halus dan kental.
  4. Siapkan kukusan / langseng, dan panaskan dengan api yang cukup tinggi.
  5. Siapkan juga cetakan sponge yang sudah dikukus, taruh paper cup ke dalamnya, dan tuangkan adonan sponge yang sudah dikukus ke tepinya.
  6. Kukus kue selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang. Jangan lupa tutupnya langsung dibungkus dengan serbet yang lebih tebal agar kelembaban tidak menetes ke kue bolu kukus.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Dodol Ketan Putih Legit dan Kenyal

Dodol makanan manis dan legit ini, bisa dibeli di toko kue atau oleh oleh, banyak model dengan beraneka macam rasa buah, misalnya durian, labu kuning ataupun pepaya dan masih banyak lagi buah yang biasa ada dalam rasa dodol. Sejak dahulu dodol garut berwarna hitam gula merah tanpa campuran apapun seperti resep dodol ketan yang akan dibuat sekarang ini. Ciri khas makanan ini adalah bertekstur kenyal dan lembut.

Karena Dodol dibuat dari bahan – bahan sederhana seperti ; Tepung ketan, santan kental, gula pasir atau merah kemudian dicampur menjadi satu lalu diaduk hingga memakan waktu berjam – jam sambil terus diaduk merata dan adonan jadi mengental, biasanya dalam membuat membutuhkan waktu sekitar 3 setengah jam, sampai pegel pegel nih tangan buat ngaduk adonanya. Nah menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan adalah salah satu alat yang membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat dodol.

Cara membuat dodol pun terbilang mudah meski membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Dengan mengetahui resep dan cara membuat dodol, Anda dapat menikmati dodol buatan sendiri di rumah.

Resep dodol yang terkenal dan paling banyak di temukan adalah resep dodol garut teteapi pada artikel kali ini kita akan membagikan resep dan Cara Membuat Dodol Ketan Putih

Makna Sosial Yang Terkandung Dalam Pembuatan Dodol

pembuatan dodol

Ternyata, dalam pembuatan dodol tersirat sebuah makna sosial. Pembuatan dodol yang terbilang sulit, menjadikan tidak hanya satu orang saja yang membuatnya, namun harus dilakukan oleh beberapa orang. Hal itu menimbulkan semangat gotong royong serta semangat persaudaaraan yang lekat.

Dahulu, pembuatan dodol dilakukan bersama-sama ketika mendekati hari lebaran. Bahan-bahan dikumpulkan oleh para tetangga yang rumahnya berdekatan. Mereka saling melengkapi bahan-bahannya. Para pria bertugas mengaduk adonan, sedang para wanita menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Resep Dan Cara Membuat Dodol

dodol ketan

Jika kalian berminat memasak dodol, berikut ini saya paparkan beberapa Resep dan Cara Membuat Dodol Ketan Putih yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Dodol Ketan Putih

Bahan-bahan :

  • 1 kilogram tepung ketan
  • 2 kilogram gula merah, diiris halus
  • 100 gram tepung beras
  • 2 liter santan encer
  • 2 liter santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • Secukupnya Daun pisang tuk alas

Cara Membuat Dodol Ketan Gula Merah :

  1. Langkah pertamanya didihkan santan kental bersama dengan gula merah, daun pandan, garam. lalu angkat, sisihkan daun pandan.
  2. Lalu setelah itu larutkan tepung ketan juga tepung beras dengan menggunakan santan encer, aduk hingga merata.
  3. Kemudian lanhkah berikutnya tuangkan larutan tepung tadi ke dalam rebusan santan kental dan gula merah, tuangkan sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk sampai adonan matang, mengental dan jadi kalis. Matikan api, angkat.
  4. Setelah itu tuangkan dodol ketan yang masih dalam keadaan panas ke dalam wadah loyang yang telah diberi daun pisang, ratakan, biarkan dan tunggu hingga dingin.
  5. Selanjutnya jika adonan sudah dingin, sobat bisa potong-potong  adonan dodol sesuai selera.
  6. Lalu bungkus dodol dengan plastik supaya lebih awet, bersih dan cantik. Beres.

Tips resep dodol Ketan :

  • Siapkan stamina sobat untuk mengaduk adonan, karena dibutuhkan waktu lama, dan sobat gak boleh berhenti mengaduk.
  • Untuk mengaduk gunakan adukan yang terbuat dari kayu keras, karena semakin lama adonan dodol ketan akan semakin mengental dan lengket, untuk itu membutuhan sesuatu yang kuat.

Sekian sedikit informasi tentang Dodol Ketan Putih yang bisa kami berikan untuk Anda,  mengenai  Dodol dan cara membuat Dodol. Mungkin bisa Anda gunakan artikel ini sebagai referensi untuk memulai usaha atau untuk Anda coba praktikan sendiri dirumah. Baca juga berbagai artikel resep lainya seperti resep jenang ketan hitam pada website ini.

Note :

Hai Sahabat jika kamu ingin memanfaatkan peluang usaha makanan Dodol ini dengan optimal, maka sangat disarankan untuk menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan guna kuantitas dan kualitas produksi yang maksimal. Mesin ini juga bisa digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya