Categories
Uncategorized

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Ibu Hamil, Penasaran?? Cek Sekarang

manfaat virgin coconut oil untuk ibu hamil. Saat hamil, ibu disarankan untuk memperbanyak asupan superfood seperti minyak kelapa. Dikemas dengan berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan janin, minyak kelapa menjadi superfood yang wajib ada dalam setiap menu harian ibu hamil. Lantas, manfaat apa saja yang bisa didapatkan ibu hamil dengan mengonsumsi minyak kelapa? Berikut 7 manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil.

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Ibu Hamil

Minyak kelapa bisa kalian dapatkan dimana saja dan banyak manfaat nya bagi kalian yang sering menggunakan dalam kegiatan sehari hari maka kalian akan merakan mafaat nya dan berikut manfaat Virgin Cocomut Oil atau Minyak kelapa Untuk Ibu Hamil.

1. Bisa mencegah batuk, flu, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Ibu Hamil

Minyak kelapa memiliki senyawa anti-virus dan anti-jamur yang efektif dalam mencegah batuk, flu dan infeksi virus lainnya. Superfood satu ini tentu menjadi ‘pelindung’ tubuh paling manjur untuk ibu hamil, mengingat sistem kekebalan tubuh mudah terganggu selama masa kehamilan.

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur, tubuh akan terhindar dari obat-obatan kimiawi yang memiliki efek buruk bagi kesehatan janin. Cukup mengkonsumsi 2 sdm minyak kelapa setiap harinya untuk merasakan khasiatnya.

2.Dapat Mengatasi mengatasi penyakit kehamilan yaitu Morning Sickness

Apakah kamu mempunyai masalah kehamilan seperti morning sickness? Jika iya, maka minyak kelapa bisa menjadi obat alami yang dapat mengatasi masalah tersebut. Minyak kelapa memiliki sifat menenangkan, sehingga menjadi solusi sempurna untuk semua masalah kehamilan, termasuk morning sickness dan konstipasi.

Minyak kelapa juga berkontribusi dalam mengurangi dampak refluks asam yang dapat menyebabkan rasa terbakar (heartburn) di dada. Sifatnya yang menenangkan akan membuat tidur lebih nyenyak.

3. Menghilangkan stretch marks

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Ibu Hamil

Kehamilan bisa saja meninggalkan stretch marks yang sangat buruk pada area perut. Stretch marks terjadi akibat peregangan kulit dan otot-otot di bagian perut untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Hal inilah yang lantas membuat area perut dipenuhi dengan stretch marks.

Penggunaan minyak kelapa secara topikal selama masa kehamilan dapat mencegah terbentuknya stretch marks, karena minyak kelapa akan melembapkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Tak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, minyak kelapa juga bermanfaat untuk bayi yang telah lahir.

4. Bermanfaat untuk mengobati kulit kepala yang kering

Minyak kelapa untuk menyehatkan kulit kepala. (Foto: Shutterstock)

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Ibu Hamil yang terakhir adalah bisa untuk obat kulit.

Masalah umum yang biasa terjadi disaat kehamilan adalah kulit kepala yang kering akibat hormon yang berfluktuasi. Ibu tak perlu khawatir, karena masalah ini bisa kamu atasi dengan minyak kelapa. Caranya cukup mudah, yakni cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala kamu dan biarkan selama semalaman penuh.

Hari berikutnya, kamu bisa membilas kepala kamu dengan air hangat. Penggunaan minyak kelapa secara rutin akan mencegah masalah lain yang mungkin terjadi pada kulit kepala kamu selama kehamilan.

Penasaran, apalagi manfaat minyak kelapa buat bumil? Yuk, scroll terus, karena yang berikutnya sangat penting.

Itu dia beberapa manfat yang bisa kalian baca agar menjadi lebih tahu bahwa minyak kelapa memiliki beberapa manfaat yang sangat membantu kita untuk kegiatan sehari hari , semoga dengan artikel ini kalian menjadi lebih tahu dan bermanfaat bagi kalian juga tentunya, sekian terimakasih telah berkunjung pada artikel kali ini. bagi yang akan membuat minyak kelapa bisa menggunakan Mesin VCO agar lebih mudah dalam membuatnya yah!

 

 

Categories
Uncategorized

Yuk Intip Cara Membuat Kripik Jamur Krispi

Hai guys kali ini saya akan berbagi tips cara membuat kripik jamur krispi, siapa nih penggemar jamur krispi? Yuk buat bareng, siapa tau bisa untuk usaha sampingan anda kan. Jika anda tertarik utuk memulai usaha ini, anda bisa melihat analisisnya disini cara membuat keripik jamur. Anda bisa membeli mesin perekat plastik website berikut hand sealer. Selain mesin tersebut anda bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur anda.

Jamur krispi merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia pada saat ini. Memiliki rasa yang juara dan pengolahannya pun terbilang cukup sederhana dan mudah.

Jamur krispi sendiri dapat anda jumpai di berbagai macam tempat, baik warung pinggir jalan, restaurant sampai kafe. Makanan yang satu ini tidak pernah dilewatkan oleh banyak orang, bahkan ada yang sampai ketagihan loh.

Jamur krispi disukai karena rasanya yang gurih dan tekstur jamurnya yang krispi. Mengingat banyaknya pecinta kuliner kripik satu ini, orang pun mulai penasaran dengan cara pembuatannya.

Nah berikut ini saya bagikan beberapa resep jamur crispy yang bisa anda buat sendiri di rumah. Dijamin tidak akan kalah sama yang ada di kafe.

Cara Membuat Kripik Jamur Krispi

1. Jamur Krispi

Bahan-bahan:
– 1 bungkus jamur tiram, buang pada bagian akarnya karena kotor, lalu cuci bersih kemudian peras jamur kemudian suwir-suwir.

Tepung pelapis:
– 1 saset kecil tepung bumbu serbaguna merek apapun
– 1 sdm tepung taipoka
– 3 sdm tepung maizena

Cara membuat kripik:
– Campurkan semua bahan tepung pelapis dalam satu wadah.
– Ambil sedikit jamur yang sudah dicuci, remas-remas dalam adonan tepung sampai terlapisi semua, kibas-kibaskan sisa tepung pada jamur lalu goreng hingga kripik kering.
– Lebih baik jika digoreng dalam minyak yang banyak dan juga panas, goreng sedikit demi sedikit agar kripik jamur tidak menempel satu dengan yang lain.
– Kripik jamur telah siap untuk disajikan.

 2. Kripik Jamur Krispi Geprek

Bahan-bahan:
– 250 gram jamur

Bahan kering:
– Tepung bumbu (merek terserah) dan tepung terigu dengan perbandingan 1:1
– Garam secukupnya
– Kaldu bubuk (optional)
– Lada bubuk secukupnya
– Taruh ke dalam baskom atau sebuah wadah dan aduk-aduk hingga adonan tercampur rata

Bahan basah:
– Siapkanlah wadah baskom. Isi baskom dengan air sekitar 200 ml lalu beri 1 sdm tepung terigu. Aduk-aduk hingga tepung larut.
– Tuangkan minyak cukup banyak untuk menggoreng ke dalam wajan.

Cara membuat:
– Cuci jamur yang akan dipakai, sedikit peras supaya kandungan air didalamnya berkurang. Tiriskan jamur.
– Masukkan ke dalam bahan kering yang tadi dibuat. Balurkan tepung terseebut sampai tertutup dengan sempurna.
– Celupkan jamur ke dalam bahan basah.
– Masukkan kembali jamur ke dalam bahan kering.
– Remas-remas jamur sampai terbalur sempurna
– Goreng pada minyak yang panas sampai golden brown, atau kuning kecoklatan.
– Sajikan selagi masih hangat, anda boleh menyajikannya sebagai lauk maupun camilan.

Sambal bawang
Bahan:
– 5 siung bawang putih
– 1 buah cabai merah besar atau 3 buah cabai keriting
– Cabai rawit di sesuaikan dengan keinginan
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menggoreng
– Goreng semua bahan kecuali garam
– Haluskan semua bahan dengan cara diulek, tambahkan garam dan sedikit minyak sisa penggorengan tadi.

3. Enoki Krispi

Bahan-bahan:
– Siapkan 2 bungkus jamur enoki, buang akar dan cuci hingga bersih.
– 3 sdm tepung beras
– 3 sdm tepung terigu
– 2 sdm tepung kanji
– 1 sdt baking powder
– 1 sdt kaldu jamur
– Garam secukupnya
– Minyak Goreng

Cara membuat:
– Campurkan semua tepung tadi,baking powder, kaldu jamur, dan juga garam. Aduk rata.
– Ambil 3 sdm campuran tepung yang dibuat di atas.
– Larutkan tepung dengan air secukupnya (jangan sampai keenceran atau kekentalan).
– Panaskan minyak goreng pada panci.
– Celupkan jamur enoki (sobek- sobek dulu) ke dalam larutan tepung, lalu masukkan kembali jamur ke tepung kering, balurkan sampai rata.
– Tepuk-tepuk ringan jamur enoki di pinggir wadah, agar tepung tidak ketebalan disebabkan sisa tepung kering. Goreng dalam minyak panas yang tadi sudah dipanaskan sampai kuning kecoklatan, itu tandanya kripik sudah matang.

Terima kasih guys sudah mau mampir di artikel saya, semoga bermanfaat ya!

Categories
Uncategorized

Ini Dia Cara Membuat Sosis Bakar Untuk Dijual! Yuk Lihat

Haii semua. Balik lagi sama aku, jadi pada kesempatan kali ini, aku bakalan kasih tau cara membuat sosis bakar untuk dijual. Cocok banget loh buat kalian yang ingin memulai usaha kecil-kecilan.

4 Resep Untuk Cara Membuat Sosis Bakar Di Rumah

cara membuat sosis bakar

Apakah kalian suka dengan sosis? Makanan lezat yang satu ini memang digemari oleh banyak masyarakat. Sosis digandrungi mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua. Rasa sosis memang tak pernah ada yang menolaknya karena kelezatannya. Sosis diolah dengan berbagai macam cara, aa yang di makanan langsung, digoreng, dibakar ataupun sebagai pelengkap makanan lainnya.

Salah satu olahan sosis yang cukup popular yaitu sosis bakar. Olahan sosis yang satu ini cukup banyak penikmatnya lantaran rasanya yang sangat nikmat dan juga menggoda. Cara membuat sosis bakar bisa dikatakan cuup mudah. Namun dalam prosesnya dibutuhkan cara khusus agar sosis yang kalian panggang tidak hangus.

Lalu bagaimana jika kalian ingin menyimpan sosis dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan? Yapp benar sekali, kalian dapat menggunakan vacuum sealer. Vacuum sealer merupakan alat pres plastik kedap udara yang dapat membuat makanan anda lebih aman jika akan disimpan.

1. Membuat Sosis Saus Barbeque

cara membuat sosis bakar

Bahan-bahan  yang diperlukan

  • Sosis ayam atau sapi 5 buah
  • Bawang bombay 1/2 buah
  • Saus barbeque 3 sdm
  • Mustard 1 sdt
  • Saus sambal 2 sdm
  • Bawang putih 1 siung dan cincang halus
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Mentega 2 sdm

Langkah Membuat Sosis Bakar Saus Barbeque

  1. Ambil 2 sdm mentega lalu lelehkan.
  2. Masukkan bawang bombay dan bawah putih, tumis sampai layu dan beraroma wangi
  3. Masukkan untuk saus barbeque dan saus sambal kedalam tumisan tersebut
  4. Tambahkan merica bubuk dan mustard, aduk hingga rata dan hingga mendidih
  5. Lalu masukkan sosis kedalam bumbu sambil dengan sedikit diaduk kemudian tunggu sampai mengembang serta matang
  6. Kemudian panggang sosis diatas bara api ataupun memakai panggangan sosis
  7. Sosis bakar dengan saus barbeque siap untuk dinikmati

2. Resep Sosis Bakar Nikmat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 5 buah sosis sapi
  • 50 gram saus tomat
  • 25 gram saus sambal
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm merica hitam kasar
  • 100 gram jamur merang utuh
  • 2 batang daun bawang
  • 1/4 sdt garam
  • 7 buah tusuk sate

Langkah membuat sosis bakar nikmat:

  1. Sosis di tusuk layaknya menusuk sate yang diselang seling bersamaan dengan jamur dan daun bawang.
  2. Olesan di buat dengan bumbu yang sederhana yakni saus tomat, saus sambal, kecap asin, kecap manis, merica hitam serta garam yang di aduk hingga rata dan tercampur dengan sempurna.
  3. Lalu panggang sosis, siapkan pemanggangan dengan ukuran api yang sedang. Panggang sosis dengan sambil di olesi bahan olesan yang tadi sudah di buat.
  4. Sosis bakar sudah jadi dan siap untuk di sajikan.

3. Resep Sosis Bakar Saus Tiram

Bahan yang dibutuhkan:

  • 15 buah sosis sapi atau ayam
  • 6 sdm saus tiram
  • 6 sdm saus tomat
  • 4 sdm saus sambal 4 sdm
  • 4 buah kentang
  • 3 sdm mentega
  • bubuk merica secukupnya
  • garam secukupnya

Langkah membuat sosis bakar saus tiram:

  1. Campurkan saus tomat, saus tiram, saus sambal, dengan bubuk merica dan garam lalu diaduk hingga rata.
  2. Apabila sudah benar-benar merata, sosis sapi atau ayam yang telah dikerat bisa dimasukkan kedalam adonan tersebut.
  3. Potongan kentang juga dimasukkan bersamaan sosis.
  4. Sosis dan juga kentang dibiarkan dalam adonan sekitar 20 menit.
  5. Jika bumbu-bumbu sudah meresap berikutnya bisa memangganganya.
  6. Anda bisa menyiapkan grill pan-nya yang sudah dioles dengan mentega.
  7. Kemudian bisa masukkan sosis dan kentang lalu kita panggang sampai matang. Setelah matang bisa diangkat.

4. Resep Sosis Bakar Kecap Manis Spesial

cara membuat sosis bakar

Bahan yang diperlukan :

  • Sosis 5 buah
  • Tusuk sate secukupnya
  • Kecap manis 5 sdm
  • Saus tomat 5 sdm
  • Margarin secukupnya
  • Saus sambal 2 sdm

Langkah membuat sosis bakar kecap manis spesial :

  1. Campurkan kecap manis, saus tomat serta saus sambal kedalam satu wadah.
  2. Setelah itu, aduk-aduk hingga benar-benar tercampur dengan rata.
  3. Kemudian ambil sosis yang telah disediakan.
  4. Tusuk sosis menggunakan tusukan sate.
  5. Lanjut dengan melumuri dengan mentega hingga semuanya terlumuri dengan rata.
  6. Dan mulai bakar dalam bara api yang menyala.
  7. Selanjutnya berikan olesan sosis yang telah dibuat tadi hingga semuanya terlumuri dengan bumbu.
  8. Bakar sosis dan apabila dirasa sudah matang angkat serta hidangkan.

Demikian artikel mengenai cara membuat sosis untuk dijual. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua. See u!

Categories
Uncategorized

Membuat Minyak Esensial Hanya 3 Bahan? Kok bisa?

Hello everyone!! Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat minyak esensial bunga mawar. Minyak atsiri (minyak esensial) adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi tumbuhan dan memiliki sifat yang mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami dekomposisi .

Cara Membuat Minyak Esensial

cara membuat minyak esensial

Minyak esensial mawar mengandung berbagai vitamin, mineral dan juga antioksidan yang kompleks yang memiliki sifat menenangkan dan melembapkan. Aroma khas yang dimiliki minyak mawar ini dapat meningkatkan relaksasi dan perasaan positif. Minyak bunga mawar ini di hasilkan melalui proses penyulingan menggunakan alat destilasi ataupun dengan cara sederhana. Nah untuk cara membuatnya, simak penjelasan berikut ini

Cara Membuat Minyak Esensial Mawar

cara membuat minyak esensial

Untuk membuat minyak esensial bunga mawar yaitu ikuti Langkah Langkah berikut ini

Alat dan bahan:

  • 3-4 buah bunga mawar
  • Minyak zaitun
  • Wadah
  • Air mendidih
  • Botol kaca yang ada pipetnya
  • Saringan

Cara membuat minyak esensial bunga mawar

  1. Langkah pertama yaitu ambil mawar kemudian cuci bunga mawar hingga bersih
  2. Setelah di cuci dengan bersih, masukkan bunga mawar kedalam wadah
  3. Kemudian tutup wadah dan masukkan kedalam air panas. Tujuannya yaitu supaya aroma dari bunga mawar keluar
  4. Lalu diaman hingga air sudah dingin
  5. Saringlah bunga mawar dan pisahkan air dari bunganya
  6. Langkah terakhir yaitu simpan pada botol pipet kaca

Manfaat Minyak Esensial Mawar Untuk Kecantikan

cara membuat minyak esensial

  1. Melembapkan kulit

Minyak esensial mawar memiliki kandungan asam lemak bergizi yang merupakan bahan dasar pada Sebagian besar produk pelembap. Selain itu, minyak mawar juga dapat meningkatkan wajah menjadi lebih bersinar dan menyamarkan kerutan pada wajah

  1. Mencegah penuaan

Asam lemak anti inflamasi, vitamin C & A yang terdapat pada minyak esensial mawar dapat memungkinkan untuk mencegah tanda tanda penuaan dini dan pigmentasi, melembapkan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak serta memberi doronan antioksidan sebagai pelindung yang kuat

  1. Mencerahkan kulit

Kandungan sifat astringent pada minyak bunga mawar dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit, serta megecilkan pori pori pada wajah. Cara penggunaan minyak bunga mawar yaitu dengan cara tambahkan beberapa tetes minyak mawar menggunakan tangan ataupun kapas, lalu ratakan dan tepuk tepuk dengan perlahan pada wajah kalian yang sudah di bersihkan sebelumnya.

  1. Meratakan warna kulit

Manfaat minyak esensial mawar selanjutnya yaitu meratakan warna kulit. Menurut para supermodel Miranda Kerr menyatakan bahwa dia sangat menyukai minyak bunga mawar yang di gunakan setiap malam sebelum tidur karena dia merasakan hasil pada wajahnya yaitu membuat kulitnya tampak cerah merata dan mulus

  1. Mengencangkan kulit wajah

Minyak mawar dipercaya mampu membantu kulit kalian mendapatkan Kembali elastisitasnya. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan minyak mawar beberapa tetes ke wajah kalian pada pagi hari dan sebelum tidur karena untuk membantu tampilan kulit menjadi lebih segar dan tampak lebih awet muda

  1. Memudarkan bekas luka

Kandungan asam lemak anti inflamasi, vitamin A dan C pada minyak bunga mawar ini mampu membantu memudarkan bekas luka atau bercak yang tidak enak di lihat.

Ketiga kandungan ini juga dapat membantu mengobati maupun mencegah kerusakan oksidatif dan membantu kulit untuk membangun kolagen. Selain itu, minyak mawar juga dapat memudarkan hiperpigmentasi dan meminimalkan munculnya garis garis halus pada wajah dan hingga stretch mark.

Sudah cukup jelas bukan penjelasan mengenai cara membuat minyak bunga mawar!! Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini

Terima kasih!!!

Categories
Uncategorized

Ingin Tau, Cara Membuat Tempe Orek Kering Lezat Dan Mudah?

Hai teman-teman semuanya, bagaimana kabar kalian? Nah, pada kesempatan kali ini, masih membahas tentang makanan.

Saya akan berbagi cara membuat tempe orek kering yang enak dan pasti nagih buat di makan. Tentu mudah juga cara bikinnya.

Yukk simak penjelasan ini dari awal sampai selesai yaa..

Tempe Orek Kering

cara membuat tempe orek kering

 

Siapa yang suka tempe orek kering? Sebagai penggembar tempe goreng, tentunya suka dengan olahan tempe yang enak satu ini.

Rasanya yang manis, renyah, dan gurih. Makanan yang satu ini, bisa di jadikan sebagai lauk atau bisa juga buat cemilan loh.

Membuat tempe orek kering ini relatif mudah caranya, jadi siapa pun bisa mencoba membuatnya.

Buat kalian yang udah ngga sabar mau tau cara bikinnya, Ayo simak semuanya jangan ada yang tertinggal!

Manfaat Tempe 

cara membuat tempe orek kering

  • Sebagai Sumber Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat pada tempe tidak kalah juga denga kalsium yang terdapat di kandungan susu.

  • Sumber Protein

Tempe memang sangat terkenal dengan kandungan proteinnya. Bahkan kandungan protein yang di miliki tempe itu lebih tinggi kandungannya di bandingkan dari daging.

Oleh karena itulah tempe sering di jadikan sebagai sumber protein untuk pengganti daging.

Tidak sedikit para vegetarian memilih tempe untuk di jadikan menu pengganti sebagai kebutuhan untuk protein.

  • Sebagai Antioksidan

Terdapat kandungan isoflavon dan juga nutrisi lain dalam tempe, itu sebabnya tempe mampu menjadi antioksidan bagi tubuh kita semua.

Antioksidan pada tempe lebih ampuh kalau di bandingkan dengan kacang kedelai rebus biasa.

  • Rekomendasi Untuk Yang Sedang Program Diet

Tempe merupakan makanan yang mudah di serap oleh tubuh. Terdapat kandungan vitamin B kompleks di dalam tempe juga bermanfaat baik sebagai sarana untuk memenuhi asupan nutrisi buat kalian yang sedang program diet.

Resep Tempe Orek Kering

cara membuat tempe orek kering

Bahan-Bahan Tempe Orek Kering

  1. 1 papan tempe
  2. 100 ml air putih
  3. 1 sendok makan gula merah/gula jawa
  4. 1/2 sendok teh asam jawa
  5. 3 siung bawang merah , di iris tipis
  6. 2 siung bawang putih, di iris tipis
  7. 2 buah cabe merah besar, di haluskan
  8. 3 buat cabe merah keriting, di haluskan
  9. garam secukupnya
  10. minyak goreng secukupnya

Cara membuat Tempe Orek Kering

  1. Pertama-tama siapkan tempe lalu, di potong-potong dengan bentuk batang kecil-kecil seperti korek api.
  2. Kemudian, siapkan minyak dan panaskan. Goreng tempe yang sudah di potong-potong semua sampai kering lalu, di tiriskan.
  3. Lalu jika sudah, panaskan sedikit minyak, siapkan bawang merah dan bawang putih kemudian tumis sampai aromanya wangi.
  4. Masukkan cabe yang sudah di haluskan, gula merah, dan air kemudian aduk sampai rata semuanya.
  5. Selanjutnya, masukkan garam dan asam jawa, aduk kembali sampai rata dan masak sampai mendidih dan mengental.
  6. Jika teksturnya sudah mengental, matikan api. Tunggu panasnya berkurang.
  7. Kalau sudah tidak terlalu panas, masukkan tempe yang sudah di goreng kering tadi. Dan aduk tempe sampai tercampur rata dengan bumbu.
  8. Tempe orek kering enak ini sudah siap di nikmati dan di hidangkan.
  9. Jika kalian ingin menjualnya, kemasan tempe orek kering ini bisa kalian kemas dengan menggunakan hand sealer agar aman dan terjamin pastinya.

Jadi, itu dia resep dan cara membuat tempe orek kering yang enak, renyah, dan gurih rasanya.

Di sini ada yang mau bikin tempe bacem enak? Buat temen-temen yang pengin tau juga bisa pelajari cara membuat tempe bacem rumahan.

Semoga semuanya bisa membantu kalian semua dan bermanfaat artikel ini. Terima kasih semuanya.

 

Categories
Uncategorized

Apa Sih Analisa Bisnis Frozen Food?? Yukk Kepoin

Hello every one! Pada kesempatan kali ini nihh, aku mau kasih penjelasan mengenai analisa bisnis frozen food. Yukk simak penjelasan berikut ini.

Frozen Food

analisa bisnis frozen food

Froozen food merupakan sebutan yang tidak asing bagi makanan yang dibekukan. Makanan beku sudah menjadi salah satu makanan yang praktis dan cukup mudah dalam penyajiannya. Sesuatu yang praktis apalagi soal makanan memang menjadi pilihan masyarakat modern pada saat ini.

Frozen food digemari masyarakat mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Terutama bagi ibu rumah tangga yang tdak memiliki banyak waktu luang untuk memasak, sajian frozen food dapat menjadi pilihan yang pas untuk menyuguhkan hidangan santapan lezat bagi keluarga tercintanya.

Peminat frozen food dipasaran terbilang cukup tinggi sehingga membuat kebutuhan frozen food terus meningkat. Peluang bisnis frozen food dapat dikatakan sudah sangat bagus dan cerah mengingat pemintaan frozen food yang terus melambung.

Meski bisnis frozen food sudah lama hadir namun hingga sekarang bisnis frozen food masih saja masuk kategori bisnis yang patut untuk diperhitungkan. Untung yang didapat melewati bisnis frozen food ini terbilang cukup besar sehingga usaha ini patut untuk digali lebih dalam lagi.

Dalam menerjuni usaha makanan beku ini memang tidaklah sulit, hanya dibutuhkan beberapa modal dalam jumlah tertentu saja. Potensi bisnis frozen food ini memang menggiurkan sekali karena setiap tahunnya peminat frozen food terus meningkat. Usaha frozen food dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan dan juga menjanjikan.

Mungkin diantara kalian ada tertarik dengan usaha frozen food! Ingin tau cara menjalankan bisnis frozen food dengan mudah? Bagaimana sih cara menerjuni usaha frozen food bagi pemula?

Mari simak informasi bisnis frozen food  dibawah ini :

analisa bisnis frozen food

1. Peluang bisnis untuk frozen food

Peluang untuk bisnis frozen food bisa terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis frozen food menjadi salah satu pilihan bisnis makanan beku yang praktis dan menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut. Peluang untuk bisnis makanan beku yang praktis ini masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Apakah kalian berminat menjalankan pilihan bisnis frozen food ini?

2. Prospek dalam menjalankan bisnis frozen food

Prospek didalam bisnis frozen food dapat dikatakan sangat cemerlang dan sangat menguntungkan. Dimana melalui bisnis frozen food dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis yang bergelut dengan olahan frozen food ini memiliki prospek yang sangat bagus dalam jangka ke depan.

3. Memulai bisnis

Ketika menjalankan bisnis frozen food memang dapat dimulai dengan langkah yang cukup mudah. Dalam menjalankan bisnis frozen food bisa dijalankan dengan kebutuhan modal kecil. Yang mana bisnis frozen food bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

4. Pelaku bisnis

Bisnis frozen food ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin bisnis makanan beku yang praktis dan menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis makanan beku ini sangatlah mudah, proses produksi frozen food mudah dan juga laba yang menguntungkan.

5. Harga jual

Patokan harga untuk frozen food dapat kalian buat dalam hitungan per item dimana harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

6. Keuntungan dalam menjalankan bisnis

Keuntungan bila kalian memilih terjun dalam peluang usaha frozen food ini yakni merupakan makanan beku yang praktis yang digandrungi banyak orang.

7. Kekurangan bisnis

Segi kekurangan bisnis frozen food yaitu memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan cukup ketat. Sehingga dalam berjualan makanan beku dapat diminimalisir dengan membuat frozen food berbeda, sehat dan lebih higienis dalam memenangkan persaingan.

8. Analisa Bisnis Frozen Food

  • Asumsi

Asumsi masa guna bagi semua peralatan yang digunakan. Seperti masa guna kompor, panci, wajan, pisau, talenan, mesin vacuum sealer, dll.

Btw, apasih itu mesin vacuum sealer? Yaa vacuum sealer adalah alat pres plastik kedap udara yang dapat membantu kalian dalam menyimpan makanan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

  • Investasi

Investasi yaitu harga keseluruhan yang dibutuhkan dalam usaha ini. Ada harga pelaratan, biaya tetap, biaya variable, pendapatan perbulan, keuntungan perbulan, dan balik modal usaha frozen food.

Nahh itu dia, penjelasan mengenai analisa bisnis frozen food. Semoga penjelasan berikut dapat membantu kalian semua.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Sempolan Tanpa Ayam

Hello teman – teman di artikel ini aku bakalan ngasih kalian info cara membuat sempolan tanpa ayam, kalian udah tau belum kalo sempolan itu bisa dibuat tanpa ayam lo, jadi ngga harus modal mahal mahal cuma buat sempolan dirumah kalian penasaran ngga nih? yuk disimak artikel di bawah ini.

1. Cara Membuat Sempolan Tanpa Ayam

Sempolan Ayam

Bahan bahan 

  • 10 sdm tepung sagu/tapioka
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 bks penyedap rasa
  • 3 butir telor

Cara Membuat Sempolan Tanpa Ayam

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Campurkan tepung terigu, tepung sagu dalam satu wadah, tambahkan juga penyedap rasa aduk – aduk sampai rata.
  3. Tambahkan air sampai adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk
  4. Bentuk adonan sambil di tusuk menggunakan tusuk sate
  5. Siapkan air rebus sampai mendidih, setelah mendidih masukkan sempolan yang sudah ditusuk tadi dan diamkan sampai mengapung.
  6. Kocok telur tambahkan juga penyedap rasa, kemudian sisihkan
  7. Lumuri kocokan tersebut pada sempolan tadi, aduk – aduk sampai terlumuri smapai rata.
  8. Sempolan ini bisa langsung digoreng bisa juga di simpan di lemari pendingin namun sebelumnya gunakan alat vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara alat ini bisa membuat sempolan tersimpan dengan baik dan tahan lama.
  9. Jika ingin digoreng, siapkan minyak panas dan api sedang, goreng sempolan sampai berwarna kuning keemasan
  10. Setelah itu angkat dan tiriskan

2. Cara Membuat Sempolan Tahu

Resep Sempolan Tahu - Ide Bisnis Murah Meriah - YouTube

Bahan – bahan 

  • 5 buah tahu putih (me : 4 buah)
  • 10 sdm tepung tapioka
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdm udang rebon, rendam air panas, tiriskan
  • 1 buah wortel, serut
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 batang seledri, rajang
  • 1/2 butir telur kocok (sisanya untuk balutan saat menggoreng)
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Sejumput garam

Cara Membuat Sempolan Tahu

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan tahu jangan terlalu lembut
  3. Campurkan bahan bahan sempol dan aduk aduk sampai semua rata.
  4. Siapkan air dan rebus sampai mendidih
  5. Bentuk adonan sempol setelah semua terbentuk masukan sempolan ke dalam air mendidih dan biarkan sampai mengapung
  6. Jika sudah mengapung biarkan dulu sampai dingin, setelah dingin bisa ditusuk menggunakan tusuk sate
  7. Kocok telur beri sedikit garam kemudian sisihkan
  8. Siapkan minyak panas dengan api sedang, masukkan sempolan namun sebelumnya lumuri, dahulu sempolan ke dalam kocokkan telur sampai merata setelah itu goreng sampai berwarna cokelat keemasan.
  9. Jika sudah angkat dan lalu tiriskan

3. Cara Membuat Sempolan Jamur Tiram

Bahan bahan

  • 250 gram Jamur Tiram
  • 200 gr Tepung Terigu
  • 75 gram Tepung Tapioka
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 buah Telor
  • 4 siung Bawang Putih
  • 1 sdt Merica Bubuk
  • 2 sdm Saos Tiram
  • 1 sdt Kaldu Jamur / kaldu bubuk
  • Garam secukupnya
  • Air panas

Cara Membuat Sempolan Jamur Tiram

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan jamur tiram dan rebus kurang lebih 15 menit, kemudian angkat dan potong
  3. Haluskan jamur tiram menggunakan blender, haluskan juga bawang putih beri garam secukupnya
  4. Kocok telur dan sisihkan
  5. Siapkan wadah dan masukkan tepung tapioka, tepung terigu, irisan daun bawang, lada bubuk, saos tiram, kaldu jamur
  6. Lalu masukkan jamur yang sudah dihaluskan tambahkan bawang putih yag sudah dihaluskan dan setengah kocokkan telur
  7. Aduk hingga adonan kalis, tambahkan air secukupnya sampai adonan bisa dibentuk
  8. Siapkn air dan rebus
  9. Bentuk adonan sempol sambil dimasukkan ke dalam rebusan air, setelah itu biarkan sampai mengapung
  10. Kocok telur lagi beri garam atau kaldu bubuk secukupnya
  11. Siapkan minyak panas dengan api sedang
  12. Goreng sempolan namun sebelumnya lumuri terlebih dahulu dengan kocokkan telur jika sudah bisa langsung digoreng dan biarkan sampai berwarna cokelat keemasan
  13. Jika sudah angkat dan tiriskan
    Gimana nih teman teman kalian udah baca kan resep cara membuat sempolan tanpa ayam? menarik bukan? kalian juga bisa menambah wawasan kalian dengan membaca artikel cara membuat sempol dan artikel cara membuat sempol ayam untuk dijual karena diartikel ini bakalan ada info info menarik jangan lupa dibaca ya teman teman.
Categories
Uncategorized

Ternyata Gampang Banget Lho Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

Kerupuk menjadi camilan maupun teman makan yang hampir disukai semua masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila saat ini banyak sekali beredar berbagai macam kerupuk, dari kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk pasir, hingga kerupuk kentang. Cara membuat kerupuk kentang mentah dan rasanya sedikit berbeda dikarenakan teksturnya yang tidak renyah tetapi empuk.

Kentang adalah makanan yang enak dijadikan apa saja, digoreng, direbus, atau dijadikan camilan seperti keripik kentang. Namun selain dijadikan keripik kentang yang sering kita temui, ada kerupuk kentang yang tidak kalah enaknya. Walaupun saat ini kerupuk kentang memang tidak terlalu terkenal seperti keripik kentang.

Meskipun kerupuk kentang tidak serenyah dan segurih keripik kentang, tetapi kerupuk ini juga memiliki kelebihannya sendiri. Tekstur kerupuk kentang ini lebih tebal sedikit dibandingkan dengan keripik ketang, warnanya juga sedikit lebih putih pucat.

Saat kerupuk digigit memiliki tekstur yang empuk, tidak renyah. Sensasi gurihnya yang tidak berlebihan memberikan rasa enak dan membuat siapapun yang menikmatinya akan ketagihan.

Nah sisi positif dari kerupuk kentang yang belum terlalu terkenal ini adalah persaingannya belum terlalu ketat, anda bisa mencoba menjadikan kerupuk kentang sebagai usaha. Anda bisa membaca peluang usahanya pada artikel berikut cara membuat kerupuk kentang.

Anda juga dapat membeli mesin – mesin yang dibutuhkan pada website ‘rumah mesin’ terutama mesin perekat plastik yang sangat dibutuhkan, anda bisa membukanya disisni hand sealer.

Kerupuk kentang sendiri  harganya sekitar Rp 7.000 – Rp 25.000 untuk setiap kemasannya, anda juga bisa menjualnya dengan harga yang anda tentukan sendiri jika ingin mencoba bisnis kerupuk kentang ini.

Karena penggemar dan konsumen kerupuk hampir semua lapisan masyarakat Indonesia, secara otomatis kerupuk kentang pun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

Bahan-bahan pembuatan kerupuk kentang mentah:

  • Kentang sebanyak 1 kg 
  • Tepung sagu 1 kg 
  • Bawang putih 1 ons 
  • Garam secukupnya 
  • Pewarna makanan jika anda menginginkan warna pada kerupuk.

Cara membuat kerupuk kentang:

  1. Rebus semua kentang hingga matang, apabila sudah matang, angkat dan tiriskan kentangnya. kupas bagian kulit kentang, selanjutnya haluskan. 
  2. Campurkan kentang yang tadi sudah dihaluskan dengan bahan-bahan yang sudah disisapkan tadi seperti tepung sagu, bawang putih, serta garam, kemudian aduk hingga merata.
  3. Agar kerupuk menjadi berwarna, bagi adonan kerupuk tadi menjadi 4 bagian adonan, setiap adonan diberi pewarna makanan dengan warna yang berbeda-beda 
  4. Setelah itu giling setiap adonan sampai pipih, dan ukurannya menjadi sekitar 0,5 cm. Setelah pipih, tumpuklah keempat adonan yang berbeda warna tersebut sampai menjadi lonjong memanjang, panjangnya yaitu persatu jengkal 
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit 
  6. Setelah adonan kerupuk dikukus, angkat dan dinginkan lontongan agar mudah dipotong menjadi tipis-tipis. 
  7. Jemur kerupuk kentang tersebut hingga benar benar kering 
  8. Apabila sudah benar-benar kering, kerupuk kentangpun siap untuk digoreng dengan menggunakan minyak panas 
  9. Kerupuk kentang dihidangkan dan dinikmati.

Tips Menggoreng Kerupuk Kentang

1 Agar hasilnya menjadi lebih mekar, sebelum kerupuk digoreng, kerupuk harus dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari hingga benar benar kering.

2 Gunakanlah wajan yang cekung dan dalam untuk menggoreng kerupuk, agar kerupuk dapat tenggelam di minyak.

3 Untuk kerupuk yang tipis dan memiliki ukuran besar, goreng satu per satu ke dalam minyak dengan panas yang sedang, sembari ditekan-tekan agar kerupuk tidak melengkung.

4 Untuk kerupuk yang berukuran kecil, anda bisa menggorengnya sekaligus, yang terpenting minyak dapat menenggelamkan semua kerupuk.

5 Agar mengurangi sisa-sisa minyak yang masih menempel pada kerupuk, tiriskan kerupuk dengan tissue makan.

6 Jika kerupuk sudah dingin, simpanlah pada wadah yang kedap udara, supaya kerupuk tetap renyah.

Sekian Artikel cara membuat kerupuk kentang mentah, semoga bisa bermanfat bagi anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah Dan Gurih, Gimana Ya?

Hallo teman-teman semuanya, gimana kabar kalian semua? Nah ketemu lagi, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat keripik bawang renyah dan gurih.

Simak semua penjelasannya sampai habis ya. Biar kalian paham dan mudah bikinnya di rumah. Yukk baca sampai selesai!

Apa Itu Keripik ?

cara membuat keripik bawang renyah

Keripik merupakan cemilan atau makanan ringan yang renyah dan gurih. Banyak berbagai macam keripik yang menjadi favorit orang-orang.

Untuk menghasilkan rasa gurihnya, biasanya menggunakan adonan tepung dan di beri bumbu rempah tertentu.

Manfaat Bawang Untuk Kesehatan

cara membuat keripik bawang renyah

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada terdapat kandungan senyawa yang ada di dalam bawang ini yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Menghasilkan Tenaga

Makanan ini, mempunyai kandungan karbohidrat dan juga lemak yang di butuhkan oleh tubuh guna untuk cadangan energi.

  • Anti Kanker

Benarkah? Hal ini terjadi sebabnya kandungan yang terdapat pada makanan ini mempunyai senyawa sulfida alil, yang bisa berperan sebagai anti kanker.

  • Menjadi Antioksidan Yang Sangat Ampuh

Terdapat kandungan yang berfungsi sebagai sumber antioksidan yang sangat berguna dan di butuhkan oleh tubuh.

Sebagai anti bakteri dan virus yang bisa membantu mencegah perkembangan jamur, bakteri, dan juga cacing di tubuh kita.

  • Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat

Berbagai riset membuktikan makanan ini mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh kita sebanyak 11 sampai 16 persen.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan yang terkandung dalam makanan ini salah satunya yaitu zat inflamasi yang bisa membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita.

  • Menyehatkan Jantung

Keripik bawang mempunyai kandungan yang ada di dalamnya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan ini akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menurun dan normal.

Dan juga membuat peredaran darah lancar tidak terganggu. Dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Keripik Bawang Renyah

cara membuat keripik bawang renyah

Bahan-Bahan Keripik Bawang Renyah

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 20 gram tepung tapioka
  3. 30 gram mentega
  4. 2 siung bawang putih (di haluskan)
  5. 10 siung bawang merah besar (di parut)
  6. 1 butir telur
  7. 4 batang seledri (di ambil daun seledrinya saja)
  8. 1 sendok teh perasa ayam
  9. 1/2 sendok teh baking powder
  10. 4 sendok makan air es (bisa di ganti dengan air santan)
  11. 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah

  1. Pertama-tama, siapkan wadah kemudian masukkan tepung terigu dan campurkan dengan tepung tapioka hingga tercampur rata semuanya.
  2. Lalu, kocok telur hingga berbusa dan masukkan bawang putih, baking powder, perasa ayam, garam, daun seledri.
  3. Kemudian aduk semua bahan tadi sampai semuanya tercampur dengan rata. Jika sudah rata, masukkan mentega.
  4. Aduk sampai tercampur semuanya. Masukkan campuran tepung terigu dan tepung tapioka sedikit demi sedikit.
  5. Lalu, masukkan air secara sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata semuanya.
  6. Uleni adonan menggunakan tangan sampai menggumpal dan tidak lengket (adonan jangan sampai terlalu keras, karena nanti mempengaruhi hasil keripik baawangnya juga bisa keras).
  7. Kemudian jika sudah, bentuk adonan menggunakan rolling pin atau menggunakan botol kaca. Giling adonan sampai benar-benar tipis sekali.
  8. Setelah itu, potong adonan menjadi persegi kecil atau segita atau bisa sesuai selera kalian dengan menggunakan pisau.
  9. Siapkan minyak goreng, panaskan minyak dan goreng adonan keripik bawang dengan menggunakan api kecil
  10. Setelah semua proses selesai keripik bawang renyah siap untuk di sajikan dan bisa juga di kemas menggunakan hand sealer supaya keripik bakso bisa awet dan bisa di nikmati kapan saja.

Jadi, itu dia resep dan cara membuat keripik bawang renyah dan gurih. Mudah untuk di tiru di rumah kalian masing-masing kan?

Kalian bisa juga pelajari cara membuat seblak mie kerupuk ya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semuanya.

Terima kasih! See You!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Otak otak Udang Kelapa

Hello teman teman, kesempatan kali ini aku bakalan ngasih tau kalian resep otak otak udang kelapa, mungkin emang masih asing ya otak otak udang kelapa? sebenarnya otak otak dengan bahan dasar kelapa ini justru memiliki banyak manfaat loh teman teman yuk simak infonya dibawah

Manfaat Otak otak Udang Kelapa

  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Memelihara fungsi otak
  • Menangkal radikal bebas
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Resep Otak otak Udang Kelapa

Tips Memilih Kelapa Yang Baik

9 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Aturan Konsumsinya

  • Dilihat dari warna kulit kelapannya

Warna kulit kelapa tergantung dimana kelapa ditanam semisal pada daerah pegunungan maka akan berwarna hijau muda, dan jika di daerah pantai maka akan berwarna kekuningan

  • Dilihat dari serat kelapannya

Warna serat kelapa yang baik usahakan memiliki serat coklat di bagian luarnya.

  • Dilihat dari ujung batok kelapannya

Kelapa yang baik biasanya memiliki diameter lingkaran yang tidak terlalu lebar.

  • Dilihat dari kandungan air kelapannya

Kelapa yang masih muda tentu memiliki kandungan air yang banyak, sehingga banyak dan tidaknya air tersebut dapat diperkirakan melalui suara yang dihasilkan melalui guncangan.

  • Dilihat dari daging buah kelapannya

Cara melihatnya dengan menepuk nepuk buah kelapa. Bila kelapa terasa membal dan bergetar, tandanya daging kelapa masih tipis dan berlendir. Sebaliknya, kelapa yang tidak terlalu membal dan getarannya kurang terasa menandakan bahwa usianya sudah tua dan dagingnya sudah keras.

Resep Otak otak Udang Kelapa

Otak-Otak Udang - YouTube

Bahan bahan

  • 1/2 Udang ukuran sedang
  • Kelapa parut
  • 3 siung bawang putih
  • Garam/ penyedap rasa
  • Merica bubuk
  • Gula pasir

Cara Membuat Otak otak Udang Kelapa

  1. Siapkan semua bahan bahan
  2. Bersihkan udang pisahkan dari kepala, kulit dan kotorannya
  3. Haluskan udang bersamaan dengan memasukkan bumbu halus
  4. Setelah cukup halus, tambahkan kelapa yang sudah diparut aduk – aduk dan pastikan tercampur sempurna.
  5. Bentuk adonan tersebut sesuai selera
  6. Jika sudah terbentuk semuanya siapkan air dan rebus sampai mendidih
  7. Jika sudah mendidih masukan otak – otak udang kelapa sampai mengapung jika sudah mengapung bisa langsung di tiriskan dan biarkan sampai dingin.
  8. Otak otak ini bisa langsung digoreng atau bisa juga di simpan terlebih dahulu pada lemari pendingin, jika akan disimpan di lemari pendingin gunakan mesin vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara alat ini akan membuat otak otak tersimpan dengan baik dan tahan lama.
  9. Namun jika akan digoreng, siapkan minyak panas dengan api sedang dan goreng otak -otak sampai matang
  10. Jika sudah angkat dan sajika
  11. Lebih enak jika dinikmati menggunakan saos sambal

Resep Otak otak Udang Kelapa

Bahan bahan

  • kelapa parut
  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 sdt garam halus
  • 1 1/2 sdt gula pasir
  • 6 buah otak-otak udang
  • 6 buah otak-otak tuna

Cara Membuat Otak otak Udang  Tuna Kelapa

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Siapkan minyak dan panaskan menggunkan api kecil, kemudian masukkan kelapa parut dan tumis sambil dibolak – balik sampai berwarna kecokelatan.
  3. Beri garam dan gula secukupnya, aduk aduk sampai merata
  4. Masukkan otak – otk udang dan otak otak tuna, aduk sampai tercampur rata dengan tumisan kelapa parut
  5. Jika sudah dirasa tercampur merata bisa langsung diangkat dan tiriskan
  6. Jadilah otak – otak udang tuna kelapa.

Gimana nih udah baca kan artikel di atas? mulai dari manfaat sampai resep otak otak udang kelapa kan? Resep diatas merupakan resep yang mudah dibuat dan simpel kalian juga bisa berkreasi dengan membaca artikel cara membuat otak otak udang dan membaca artikel resep otak otak udang karena artikel ini sangat bermanfaat banget buat kalian yang butuh resep resep seputar otak otak.