Categories
Uncategorized

Cara Merawat Tanaman Kunyit Agar Tumbuh Dengan Baik

Cara merawat tanaman kunyit tidaklah begitu sulit. Kunyit ini juga bisa dibudidayakan sama seperti budidaya bawang merah dengan media polybag. Akan tetapi, anda juga harus mengerti cara merawatnya.

Jika anda sudah memahami cara menanam kunyit yang merupakan salah satu rempah campuran sayur sop, tentu langkah selanjutnya adalah proses perawatannya.

Tentu hal ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi pertumbuhan kunyit.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya bagaimana cara merawat tanaman kunyit agar tumbuh dengan baik dan berkualitas. Berikut ulasannya untuk anda.

Cara Merawat Tanaman Kunyit

Setelah anda mengikuti langkah-langkah cara menanam kunyit tadi, maka supaya kunyit dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka langkah-langkah berikut ini perlu anda perhatikan dan ikuti dengan baik:

A. Proses Penyulaman

Ketika bibit yang tadi anda tanam tidak tumbuh dengan baik atau bahkan mati setelah anda pindahkan, maka anda harus segera mengganti bibit yang sudah mati tadi dengan bibit yang lain. Lakukan dengan segera penyulaman ketika anda melihat ada bibit yang sudah mati.

B. Proses Penyiraman

Lakukanlah penyiraman secara rutin dan teratur. Saya sangat menyarankan anda untuk selalu menyiram kunyit anda sebanyak 2 kali sehari. Selain itu, anda juga bisa menyiramnya dengan cara menyemprot saat pagi dan sore hari.

Cara Merawat Dengan Pemberian PupukĀ 

Kemudian cara menanam kunyit sudah anda pahami, maka langkah pemberian pupuk ini merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan agar kunyit yang anda tanam mendapatkan nutrisi dengan baik, sehingga anda mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

Gunakanlah pupuk cair organik yang menurut anda terbaik atau anda bisa menanyakan pada penjual pupuk atau petani.

Jika anda menggunakan pupuk cair organik yang bagus itu akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan kunyit anda.

Penggunaan pupuk juga berguna untuk memberi nutrisi tambahan yang tidak tersedia pada tanah. Selain itu, dengan pemberian pupuk yang bagus, anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil panen tanaman kunyit yang besar.

Gunakan kombinasi antara pupuk cair dan pupuk kompos agar pertumbuhan tanaman kunyit anda semakin optimal. Pupuk cair digunakan dalam campuran air untuk penyiraman, sementara pupuk kompos bisa anda tambahkan ke media tanah yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Oleh karena itu, pemupukan ini juga merupakan langkah yang jangan dilewatkan demi mendapatkan hasil sesuai harapan anda. Berikut ini bagaimana cara memberi pupuk pada kunyit dengan pupuk organik atau pupuk kompos:

A. Cara Merawat Tanaman Kunyit Dengan Pemberian Pupuk Pada Kunyit Yang Berumur 1-3 Bulan

  1. Siapkan alat semprot yang sudah anda isi penuh dengan air.
  2. Masukkan pupuk cair yang sudah anda beli kedalam alat semprot tersebut sebanyak 500 ml.
  3. Aduk-aduk sampai tercampur dengan baik.
  4. Setelah itu, mulai aplikasikan pada tanaman kunyit anda terutama pada bagian bawah dari tanaman serta daunnya.
  5. Lakukan langkah-langkah ini setiap minggu.

B. Pemberian Pupuk Pada Tanaman Kunyit Yang Berumur 3 Bulan

Setelah tanaman kunyit anda sudah berumur kurang lebih 3 bulan, tambahkanlah nutrisi tambahan dalam skala besar.

Karena, pada saat tanaman kunyit berusia 3 bulan inilah rimpang dari kunyit tersebut mulai tumbuh dan berkembang.

Maka dari itu, penambahan pupuk dengan takaran berikut pada saat kunyit berusia 3 bulan sangat disarankan:

  1. Tambahkan dan taburkan secara merata pupuk kompos atau pupuk apapun yang sudah anda siapkan di sekitar tanaman kunyit.
  2. Lakukanlah dengan dosis kira-kira 100kg/ha atau jumlah tanaman anda sama dengan 1 ha lahan.
  3. Ulangi terus langkah-langkah tersebut setiap 4 bulan sekali.
  4. Siapkan satu alat penyemprot yang sudah berisi air penuh.
  5. Masukkan pupuk cair pilihan anda dengan takaran 250 ml kedalam tangki yang sudah terisi penuh dengan air.
  6. Lalu, aduklah sampai tercampur dengan rata.
  7. Lakukan pengaplikasian pada pangkal tanaman atau sekitar akar. Terus ulangi pengaplikasian tersebut sampai memenuhi dosis kira-kira 5kg/ha setiap 3 bulan.

Itu dia tadi bagaimana cara memupuk kunyit guna memenuhi kebutuhan kunyit anda akan nutrisi. Setelah itu, anda juga perlu tahu kalau anda sangat perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kunyit anda.

Anda sangat disarankan untuk mencegah hama penyakit menggunakan produk pembasmi hama yang menurut anda cocok dan bagus bagi tanaman kunyit anda. Akan lebih baik jika anda mengaplikasikan pembasmi hama penyakit tersebut disaat anda mempersiapkan media tanam.

Karena, pengaplikasian produk pembasmi hama itu dapat mencegah adanya hama dan pertumbuhan penyakit pada tanaman kunyit anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *