Categories
Uncategorized

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Pada kesempatan kali ini akan aku bahas tentang cara menanam anggrek di sabut kelapa.

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Adakah diantara kalian ada yang mengetahuai bagaimana sih cara menanam anggrek di sabut kelapa yang baik dan benar?

Ternyata cara menanam anggrek dengan sabut kelapa itu dibilang mudah loh temen temen.Nah penanaman anggrek di sabut kelapa ini melalui berbagai tahapan yang harus kita lakukan.

Pemilihan bibit bunga anggrek

Yang kita maksut bibit ini adalah tanaman anggrek yang baru sekali berbunga. Tentunya harganya akan lebih mahal. Paling mahal diantara jenis bibit bunga anggrek lainnya. Kelebihanya sudah dapat kita ketahui corak bunga dan kualitas pertumbuhannya.

Bagi hobiis yang masuk golongan penyuka bunga anggrek sangat pas memilih bibit ini sebagai tanaman. Kita tinggal menikmati bunganya, Kita bisa juga menjadi pilihan pengusaha rental tanaman hias.

Pemilihan jenis tanaman anggrek dan corak bunga bisa akan disesuaikan dengan pemesan, dan penempatanya. Bisa kita akan menjadi pilihan juga bagi pembeli yang akan memberi bingkisan/parsel bunga, untuk koleganya.

Agar kita tidak kecewa ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan bibit ini. Karena biasanya akan ada pedagang yang mencampur antara bibit yang muda dan yang sudah tua.

Pertama kita pilih yang memang tanaman anggrek tersebut baru pertama berbunga. Dari golongan monopodial seperti vanda dan phalaenopsis, kita pilih tanaman yang belum berbatang.

Dari golongan sympodial seperti dendrobium, oncidium dan catleya, kita pilih tanaman yang masih berumpun 3 – 4 batang dan semua batangnya masih berdaun segar. Kedua yang pasti adalah tanaman kita seragam, segar, sehat, tidak ada hama, batang kokoh dan bunganya cerah.

Tinggal pilih bibit yang mana yang akan kita perlukan. Sesuaikan dengan tujuan kita menanam dan tentunya sesuaikan juga dengan dana kita. Kadang tingkat kepuasan menjadi alasan penanaman anggrek.

Tidak peduli keberadaannya, tetap ia buru, tidak peduli dengan waktu yang lama untuk sekedar melihat bunganya, tetap sabar ia tunggu. Danapun tidak menjadi perhitungan. Yang terpenting kepuasan dan kepuasan. Untuk dapat merawat, memelihara sampai melihat bunga yang mempesona.

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Pertama tama tentu untuk kita harus menyiapkan buah kelapa yang sudah tua. Kemudian kita ambil buah kelapa dan sisakan bagian kulit kelapa dengan mesin pengolah sabut kelapa yang akan kita jadikan tempat penanaman anggrek.

Setelah itu kita dapat untuk merendam kulit kelapa untuk bebrapa hari agar kandungan zat yang membuat tanaman anggrek menjadi layu ataupun mati.

Setelah mengalami perendaman sabut kelapa kita cuci terlebih dahulu.Setelah pencucian kita dapat untuk menjemur sabut kelapa paling tidak 75 persen kekeringanya.

setelah 75 persen kita harus menambahkan cairan untuk mempersubur tanaman anggrek kita.Setelah itu tanaman anggrek kita taruh di sabut kelapa tersebut kemudian kita tambah dengan pupuk cocopet .

setelah itu kita gantungkan anggrek yang sudah kita tanam di sabut kelapa tadi di depan rumah ataupun dalam rumah.

Cara Perawatan Anggrek Di Sabut Kelapa

Dalam cara menanam anggrek, penting banget untuk aku kasih tahu kalau anggrek ini suka banget sama kondisi yang lembab. Tapi, jangan langsung kita siram pada bunga ya karena bisa merusak kuncup bunga tersebut.

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan biar anggrek kita dapat tumbuh dengan subur dan maksimal, antara lain;

Letakkan pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari secara teduh, tapi jangan langsung terkena pancaran secara langsung ya teman-teman!

Sebut saja cara menanam anggrek di dalam ruangan, jangan lupa untuk kita berikan cahaya lampu buatan. Tujuannya biar bunga anggrek kita nggak layu dan tetap mekar

Tanaman anggrek yaitu tanaman tropis yang butuh kelembaban tinggi. Tapi tetap kita jaga agar media tanam nggak terlalu basah dan nggak terlalu kering.

Kita menyiran tanaman anggrek nggak boleh dilakukan dengan mengguyur, tapi dengan sprating atau disemprot. Semprot bagian batang, daun dan bunga pada pagi atau sora hari.

Perlu kita berikan pupuk setelah disiram. Pupuk yang cocok yaitu pupuk yang khusus untuk tanaman tropis,kita lakukan selama tiga hari sekali.agar anggrek vegetatif, beri pupuk NPK dengan perbandingan 3:1:1

Untuk menghindarkan anggrek kita dari serangan hama dan penyakit, semprotkan cairan fungsida dan bakterisida. Fungi dan bakteri biasanya menyerang di musim penghujan, membuat tumbuhan rentan disatroni jamur dan bakteri.

Sekian pembahasan saya tentang cara menanam anggrek di sabut kelapa.semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *