Categories
Uncategorized

Cara Membuat Smoothies Bowl Untuk Diet, Gampang Banget Dibuat!

Bagi Anda yang sedang menjalan diet, program diet tak selamanya menyiksa. Ada banyak cara diet yang cukup menyenangkan, salah satunya dengan mengkonsumsi smoothies. Kebetulan sekali kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat smoothies bowl untuk diet. Simak terus ya!

Smoothies  menjadi pilihan diet favorit sebagian orang karena mudah dan praktis untuk dibuat. Smoothies bisa dibuat menjadi sebuah minuman, bahkan seperi sereal dalam mangkuk. Bahan umum smoothies terdiri dari susu, youghurt, buah, sayuran, dan bahan tambahan lain yang mengandung serat. Smoothie bisa memberikan asupan untuk tubuh yang rendah kalori, nutrisi, dan bergizi untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dari segi manfaat, smoothies bisa membantu mengurangi berat badan, menstabilkan gula darah, memperlancar pencernaan, dan dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan.

Selama ini kita mungkin mengenal smoothies yang disajikan dalam gelas layaknya meminum jus buah. Namun, saat ini, para pengguna instagram sedang marak mengunggah foto-foto smoothies di dalam mangkuk.

Untuk membuat smoothie bowl, kita hanya butuh bahan-bahan yang segar dan kreativitas agar hasilnya enak dan sedap dipandang. Berikut saya bagikan cara membuat smoothies bowl untuk diet yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Cara Membuat Smoothies Bowl Untuk Diet

Bahan-Bahan:

  • 1 Cup buah naga
  • 1 Cup pisang
  • ½ Cup susu skim
  • Es batu
  • Air

Topping:

  • Potongan strawberry dan pisang
  • Granolla
  • Almond

Cara-Cara Membuat Smoothies Bowl Untuk Diet:

  1. Masukkan semua bahan, (kecuali topping) ke dalam blender.
  2. Proses hingga halus dan tercampur dengan rata.
  3. Tuang ke dalam mangkuk saji.
  4. Taburi granola, raw slice almond, potongan strawberry dan blueberry diatasnya sesuai selera.
  5. Siap disajikan. Jika Anda ingin smoothies ini lebih dingin lagi, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin minuman.

Cara Mengatur Pola Diet Sehat

Berikut adalah hal-hal yang harus diingat saat melakukan pola diet sehat:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Saat menerapkan pola diet sehat, perbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan protein dari ikan dan ayam serta daging. Makanan-makanan tersebut juga mengandung banyak serat sehingga bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh yang membantu mengembalikan berat badan jadi lebih ideal. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi memenuhi auspan karbohidrat agar tubuh memiliki energi untuk beraktifitas.

2. Jangan Melakukan Perubahan Drastis

Kebanyakan kesalahan dalam diet adalah mengurangi atau merubah pola makan secara drastis. Tubuh butuh waktu untuk beradaptasi, sehingga mengurangi makan secara drastis adalah langkah ekstrim dan tidak sehat untuk memulai diet. Lakukan perubahan secara perlahan-lahan, dan lihat reaksi tubuh terhadap perubahan tersebut. Banyak yang melakukan diet dengan tidak makan nasi sama sekali, padahal nasi mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh. Pola diet sehat bisa dengan mengganti, bukan menghilangkan asupan makanan ini. Misalnya, mengganti nasi dengan jagung, kentang, atau nasi merah yang kandungan seratnya lebih besar dari nasi putih biasa.

3. Hindari Makanan Olahan

Untuk memastikan diet lebih sehat adalah dengan tidak terlalu banyak makan makanan olahan atau yang mengandung pengawet. Makanan-makanan ini biasanya mengandung lebih banyak kalori daripada makanan biasa, sehingga bisa menggagalkan diet. Ganti juga cemilan biasanya dengan cemilan yang lebih sehat, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

4. Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih saat diet. Meminum satu gelas air putih bisa membantu membakar kalori sebanyak 24%-30%. Selain itu, tubuh juga terjaga tetap segar dan bugar sepanjang hari.

Itulah beberapa cara mengatur pola diet sehat yang mungkin oerlu nda ketahui dan cara membuat smoothies bowl untuk diet yang mudah sekali untuk membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga diet Anda berhasil 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *