Categories
Uncategorized

Ternyata Gampang Banget Lho Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

Kerupuk menjadi camilan maupun teman makan yang hampir disukai semua masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila saat ini banyak sekali beredar berbagai macam kerupuk, dari kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk pasir, hingga kerupuk kentang. Cara membuat kerupuk kentang mentah dan rasanya sedikit berbeda dikarenakan teksturnya yang tidak renyah tetapi empuk.

Kentang adalah makanan yang enak dijadikan apa saja, digoreng, direbus, atau dijadikan camilan seperti keripik kentang. Namun selain dijadikan keripik kentang yang sering kita temui, ada kerupuk kentang yang tidak kalah enaknya. Walaupun saat ini kerupuk kentang memang tidak terlalu terkenal seperti keripik kentang.

Meskipun kerupuk kentang tidak serenyah dan segurih keripik kentang, tetapi kerupuk ini juga memiliki kelebihannya sendiri. Tekstur kerupuk kentang ini lebih tebal sedikit dibandingkan dengan keripik ketang, warnanya juga sedikit lebih putih pucat.

Saat kerupuk digigit memiliki tekstur yang empuk, tidak renyah. Sensasi gurihnya yang tidak berlebihan memberikan rasa enak dan membuat siapapun yang menikmatinya akan ketagihan.

Nah sisi positif dari kerupuk kentang yang belum terlalu terkenal ini adalah persaingannya belum terlalu ketat, anda bisa mencoba menjadikan kerupuk kentang sebagai usaha. Anda bisa membaca peluang usahanya pada artikel berikut cara membuat kerupuk kentang.

Anda juga dapat membeli mesin – mesin yang dibutuhkan pada website ‘rumah mesin’ terutama mesin perekat plastik yang sangat dibutuhkan, anda bisa membukanya disisni hand sealer.

Kerupuk kentang sendiri  harganya sekitar Rp 7.000 – Rp 25.000 untuk setiap kemasannya, anda juga bisa menjualnya dengan harga yang anda tentukan sendiri jika ingin mencoba bisnis kerupuk kentang ini.

Karena penggemar dan konsumen kerupuk hampir semua lapisan masyarakat Indonesia, secara otomatis kerupuk kentang pun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

Bahan-bahan pembuatan kerupuk kentang mentah:

  • Kentang sebanyak 1 kg 
  • Tepung sagu 1 kg 
  • Bawang putih 1 ons 
  • Garam secukupnya 
  • Pewarna makanan jika anda menginginkan warna pada kerupuk.

Cara membuat kerupuk kentang:

  1. Rebus semua kentang hingga matang, apabila sudah matang, angkat dan tiriskan kentangnya. kupas bagian kulit kentang, selanjutnya haluskan. 
  2. Campurkan kentang yang tadi sudah dihaluskan dengan bahan-bahan yang sudah disisapkan tadi seperti tepung sagu, bawang putih, serta garam, kemudian aduk hingga merata.
  3. Agar kerupuk menjadi berwarna, bagi adonan kerupuk tadi menjadi 4 bagian adonan, setiap adonan diberi pewarna makanan dengan warna yang berbeda-beda 
  4. Setelah itu giling setiap adonan sampai pipih, dan ukurannya menjadi sekitar 0,5 cm. Setelah pipih, tumpuklah keempat adonan yang berbeda warna tersebut sampai menjadi lonjong memanjang, panjangnya yaitu persatu jengkal 
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit 
  6. Setelah adonan kerupuk dikukus, angkat dan dinginkan lontongan agar mudah dipotong menjadi tipis-tipis. 
  7. Jemur kerupuk kentang tersebut hingga benar benar kering 
  8. Apabila sudah benar-benar kering, kerupuk kentangpun siap untuk digoreng dengan menggunakan minyak panas 
  9. Kerupuk kentang dihidangkan dan dinikmati.

Tips Menggoreng Kerupuk Kentang

1 Agar hasilnya menjadi lebih mekar, sebelum kerupuk digoreng, kerupuk harus dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari hingga benar benar kering.

2 Gunakanlah wajan yang cekung dan dalam untuk menggoreng kerupuk, agar kerupuk dapat tenggelam di minyak.

3 Untuk kerupuk yang tipis dan memiliki ukuran besar, goreng satu per satu ke dalam minyak dengan panas yang sedang, sembari ditekan-tekan agar kerupuk tidak melengkung.

4 Untuk kerupuk yang berukuran kecil, anda bisa menggorengnya sekaligus, yang terpenting minyak dapat menenggelamkan semua kerupuk.

5 Agar mengurangi sisa-sisa minyak yang masih menempel pada kerupuk, tiriskan kerupuk dengan tissue makan.

6 Jika kerupuk sudah dingin, simpanlah pada wadah yang kedap udara, supaya kerupuk tetap renyah.

Sekian Artikel cara membuat kerupuk kentang mentah, semoga bisa bermanfat bagi anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *