Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jenang Gempol Makanan Khas Yogya Yang Manis

Sebagian orang yang pernah hidup atau berkunjung dan menikmati liburan di Yogyakarta tentu pernah mengalami rindu pada kota ini. Selain suasananya, kulinernya pun membuat rasa rindu semakin menggebu.

Salah satu makanan tradisional yang cukup bikin kangen di Yogyakarta adalah jenang gempol. Nah, jika kesibukan dan jarak menghalangimu untuk menikmati kuliner legit ini di Yogyakarta, kamu bisa mengobatinya dengan membuat makanan ini sendiri dirumah. Jenang gempol memiliki cita rasa manis dan gurih. Tekstur bubur yang lembut berpadu dengan siraman kuah santan yang gurih memang sangat nikmat.

Jenang Gempol

cara membuat jenang gempol

Jenang gempol merupakan salah satu kuliner tradisional khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis khas gula jawa dan gurih khas santan kelapa. Sajian jenang gempol terdiri dari bubur sumsum manis dengan bola-bola tepung beras yang gurih dan siraman kuah santan yang nikmat.

Jenang gempol biasanya dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan serta dapat ditemukan di pasar tradisional dan bisa dijual oleh embah-embah atau lansia.

Meskipun kamu masih bisa menemukan jenang gempol di beberapa pasar tradisional, tapi makin lama kuliner khas Yogyakarta ini makin sulit ditemukan. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mencoba membuat jenang gempol sendiri.

Membuat Jenang cukup mudah dalam proses pengolahannya. Resep dan cara membuat jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol ketan putih. Meskipun demikian, membuat dodol dikenal lebih panjang dan lama proses pembuatanya karena dodol prosesnya pembuatanya cukup lama menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan.

Meskipun demikian kalian masih tetap bisa membuat jenang dirumah. Jika kalian memang berminat membuat Jenang Gempol, berikut saya paparkan beberapa Resep dan Cara Membuat Jenang Gempol yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Dan Cara Membuat Jenang Gempol

cara membuat jenang gempol

Resep Jenang Gempol

Bahan Gempol :

  • 150 gram beras pulen, direndam 10 jam
  • 100 ml santan kelapa
  • 100 ml air
  • 100 gram kelapa parut
  • 1 sdt garam

Bahan Kuah Santan :

  • 100 ml santan kelapa
  • 100 ml air
  • 1 sdm gula
  • 3/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Sumsum Gula Merah :

  • 150 gram tepung beras, dilarutkan dengan sedikit air
  • 50 gram gula merah
  • 65 gram santan kelapa
  • 100 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Jenang Gempol :

  1. Beras diblender dengan santan dan air sampai agak hancur.
  2. Masak adonan beras bersama kelapa parut dan garam sambil diaduk hingga kalis.
  3. Panaskan kukusan. Bentuk adonan beras bulat-bulat. Kukus selama sekitar 20 menit.
  4. Buat kuah dengan cara merebus sanatan, gula, garam, dan daun pandan sambil terus diaduk hingga mendidih. Sisihkan.
  5. Buat sumsum dengan cara merebus air dan gula merah sampai larut, saring.
  6. Rebus kembali larutan tepung beras dan daun pandan. Aduk sampai matang dan mengental. Sisihkan.
  7. Sajikan jenang gempol dengan bubur sumsum. Siram dengan kuah santan.
  8. Jenang gempil siap dinikmati. Jika ingin, bisa juga disajikan dingin dengan tambahan es batu.

Nah, demikian cara membuat jenang gempol sendiri di rumah. Mudah sekali bukan? Buat sarapan, makanan penutup atau cemilan sore hari juga cocok banget lho.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Kalian jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman mu ya !.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Cara Membuat Jenang Gempol Makanan Khas Yogya Yang Manis. Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *