Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bunga Dari Plastik Bekas

Hiasan rumah yang indah tentu sangat diinginkan oleh sang pemilik rumah apalagi hiasan rumah yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, seperti cara membuat bunga dari plastik bekas misalnya.

Plastik yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari tentunya menghasilkan sampah setiap harinya. Plastik yang sudah tak terpakai inilah nantinya akan kita gunakan sebagai bahan membuat bunga.

Dengan mencari informasi dan inovasi sangat lah perlu untuk mengasah keahliah kalian dalam membuat sampah plastik ini menjadi sebuah kerajinan yang sangat menarik dijadikan perhiasan rumah.

Dengan cara membuat kerajinan dari sampah plastik ini kalian bisa mengurangi sampah plastik yang disebut dengan daur ulang sampah plastik.

Selain membuat kerajinan sampah plastik, mengurangi sampah plastik  bisa dilakukan juga dengan mendaur ulangnya dengan mengolah kembali menjadi bahan plastik yang bisa dicetak kembali.

Pada umumnya plastik harus dicacah menggunakan mesin pencacah plastik agar bisa dibawa menuju proses pengolahan daur ulang sampah plastik berikutnya, hingga menjadi plastik daur ulang.

Jika dengan cara demikian tentu kita membutuhkan modal yang besar, nah lebih baik kita menjadikannya sebuah kerajinan sampah plastik, karena tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Pada artikel ini akan menjelaskan cara membuat bunga dari plastik bekas, sebelum kita membuat atau mengolah sesuatu tentu kita perlu menyiapkan bahan dan alat untuk membuat bunga dari plastik ini.

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan

Alat Dan Bahan 

  • Sedotan Plastik
  • Lem
  • Gunting
  • Kawat Kecil atau Lidi
  • Pot bunga mini

Langkah Membuat Bunga Dari Sedotan Plastik

  • Gunting sedotan berwarna secara vertikal dan potong sedotan secara diagonal. Gunting sedotan tersebut secara rapi agar kalian mendapatkan hasil bunga yang bagus. Tidak perlu begitu ahli tetapi harus teliti.
  • Gulung sedotan yang telah kalian potong secara melingkar, pada bagian bawah, lalu gulung hingga rata. Gulung secara merata sampai keatas agar bunga terlihat seperti bunga asli yang nampak indah dan rapi.
  • Rekatkan dengan menggunakan lem setelah berbentuk bunga. Fungsi dari lem ini adalah agar bunga yang kalian buat tidak mudah lepas saat dipajang dirumah atau pun akan kalian jual nantinya.
  • Pasang kelopak bunga agar bunga terlihat lebih menarik dan lebih indah menjadi hiasan. Usahakan untuk memasang dengan rapi kelopak pada bunganya agar bunga terlihat rapi dan menarik.
  • Setelah kalian memasang kelopak bunga tentu tidak dibiarkan begitu saja. Kalian harus merekatkan kelopak bunga menggunakan lem yang sudah kita siapkan diawal tadi pada bunga.
  • Lalu pasang kawat kecil atau lidi sebagai tangkai bunga agar bunga bisa ditancapkan pada pot bunga yang telah kita siapkan tadi.
  • Ulangilah hal tersebut hingga menghasilkan beberapa bung yang nantinya siap kita rakit menjadi sekumpulan bunga dalam pot yang menjadi hiasan rumah
  • Setelah menyiapkan beberapa tangkai bunga kalian bisa menggunakan pot mini  yang telah kita persiapkan pada awal tadi sebagai tempat untuk bunga tersebut agar tertata rapi.

Jadi gimana apa kalian tertarik dengan kerajinan bunga yang terbuat dari sedotan plastik tersebut. Jika anda tertarik anda bisa langsung mempraktekkan atau mencoba cara ini dirumah.

Karena alat dan bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit untuk didapat, bahkan sedotan plastik ini sering kita membuangnya pada tempat sampah karena kita tak tahu cara mengolahnya menjadi kerajinan.

Demikian artikel ini semoga bemanfaat, terimaksih telah membaca.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *