Categories
Uncategorized

Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan

Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan

Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan yang bisa kamu tiru di rumah dengan bahan sederhana yang tentunya murah dan bisa menjadi barang yang bernilai jual tinggi
Hallo, selamat beraktivitas kali ini saya akan membuat kerajinan tangan berupa Vas bungabunga, vas bunga yang akan saya buat ini terbuat dari sedotan. Sedotan merupakan bahan yang terbuat dari plastik yang sulit terurai, agar sedotan tidak menjadi sampah yang menyumbang pencemaran mari kita daur ulang menjadi vas bunga yang bernilai.
Bahan :
· Gunting atau cutter
· Lem
· Hiasan manik manik/pita
· Sedotan warna warni
· Kaleng bekas atau botol
Cara pembuatan :
1. Guntinglah sedotan menjadi tiga bagian. Pakailah sedotan dengan warna yang berbeda agar lebih menarik
2. gunting bagian atas sedotan yang  berbentuk runcing.
3. Berilah lem kayu pada kaleng secara merata menyeluruh pada bagian mukanya.
4. potong lah bagian atas kaleng tersebut atau bisa juga menggunakan botol
5. Tempelkanlah sedotan-sedotan tersebut  pada kaleng/botol yang sudah di olesi lem. Tata dengan cara seling-seling warna.
6. Rapihkan bagian ujung pada sedotan yang melebihi tinggi kaleng/botol tersebut.
7. Kemudian tutup dengan memberi manik- manik, pita, atau hiasan-hiasan lainnya agar terlihat menarik dan lebih bernilai
8. Tunggulah sampai benar benar kering.
9. Vas bunga siap digunakan.
cara bikin vas bunga dari sedotan

Nilai tambah Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan

Agar sedotan lebih memiliki nilai tambah dan terlihat lebih menarik, tidak banyak di butuhkan keterampilan atau pelatihan khusus, tetapi juga sentuhan seni dari sang pengrajin. Namun, secara teknis ada beberapa langkah yang harus di persiapkan agar proses pengerjaan menjadi lancar. Dimulai dari bentuk apa yang akan di buat, pemilihan alat, bahan pendukung, bahan dasar, model perangkaian, ataupun pengemasan nya. Berikut ini akan di paparkan mengenai alat dan bahan apa saja yang di perlukan untuk mengkreasikan sedotan.

Sedotan merupakan salah satu jenis bahan yang kerap dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utamanya adalah untuk meminum air. Namun, ternyata sedotan juga bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang menarik. Nah, ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki banyak sedotan. Terlebih harga sedotan yang relatif murah akan semakin memudahkan hobi Anda membuat kerajinan. Penasaran bukan dengan berbagai kerajinan tangan dengan bahan dasar sedotan? Berikut ini ulasan selengkapnya tentang kerajinan tangan dari sedotan.

Cara membuat Kreasi Bunga Cantik Dari Sedotan

Alat

  1. Sisir Gerigi

Sisir gerigi ini terbuat dari bahan alumunium tipis dengan bentuk persegi panjang yang tumpul. Bagian ujung dari tiap sisi berbentuk gerigi dengan tinggal kerapatan yang berbeda beda, mulai dari yang halus hingga yang kasar. Sisir gerigi ini bisa digunakan misalnya untuk membentuk tekstur guratan pada daun atau pada mahkota bunga. Dengan bantuan sisir gerigi, helai daun dan mahkota bunga yang terbuat dari sedotan dapat menyerupai bentuk aslinya.

Untuk menggunakan sisir gerigi ini cukup dengan menempelkannya pada helaian sedotan pada salah satu tepi sisir gerigi di bantu tekanan ibu jari, kemudian tarik dan lepas dengan cepat, terbentuklah lekukan yang dikehendaki.

  1. Gunting

Gunting ini digunakan untuk membentuk pola sedotan yang di kehendaki m jangan gunakan sikat atau cutterz karena be tuk pola sedotan tidak akan baik. Gunakanlah gunting yang tajam agar pola yang di hasilkan tampak lebih rapi.

  1. Jarum

Jarum di fungsikan untuk merinci bagian mahkota bunga atau helai daun. Pada jarum yang di gunakan, pilihlah yang dapat di masuki oleh kawat yang biasa di gunakan untuk mengikat bunga.

  1. Penggaris

Penggaris digunakan untuk mengukur panjang dan pendeknya sedotan yaang akan kita pakai, atau untuk mengukur bahan bahana lain yang di gunakan.

  1. Tang

Yang di gunakan untuk menarik dan mengencangkan roncean bunga. Yang yang di gunakan sebaiknya berukuran kecil agar dapat menarik kawat halus. Penggunakan yang ini juga berfungsi agar kulit jari menjadi lebih terlindungi tidak mudah terluka atau tergores akibat menarik narik kawat yang tajam dan licin.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan utama yang digunakan tentulah sedotan dengan berbagai warna dan ukuran. Untuk mengikat bunga, biasanya diperlukan sedotan dengan warna macam macam, ataupun motif yang berbeda beda. Ketik memilih milih harus dipertimbangkan benar bunga apa yang akan di pakai.

Misalnya membuat bunga matahari, maka digunakan sedotan warna kuning, membuat bunga mawar maka di gunakan sedotan warna merah tua ataupun merah muda, membuat bunga teratai maka digunakan sedotan warna putih atau ungu muda, membuat bunga melati, maka digunakan warna putih.

Bahan pendukung

Dalam membuat kerajinan bunga dari sedotan, di perlukan juga bahan-bahan pendukung lainnya. Bahan pendukungnya tersebut antaranya tangkai bunga siap pakai, kawat, sellang kecil untuk balutan kawat, sari, kelopak, daun , soon z vas bunga, senar dan pola dasar.

Bahan pendukung ini juga perlu di pilih. Misalnya membuat bunga, perlu di sesuaikan dengan jenis putiknya, dari nya, mahkota nya, dan daun nya. Karen jika tidak di pilih, misalnya menyambungkan antara bunga anggrek dengan bunga matahari maka  hasilnya menjadi aneh. Bahan pendukung ini juga berfungsi sebagai pelengkap untuk menambah keindahan tampilan bunga sedotan. Siapkanlah bahan pendukung ini bersama dengan bahan utama dan peralatan lainnya. Agar ketika proses pembuatan nya tidak menjadi kan ribet. Pisahkan wadah antara bahan utama dengan bahan pendukung dan peralatan lainnya.

Persiapan Pembuatan

  1. Menyiapkan Pola

Berkreasi menggunakan sedotan, tetaplah memerlukan pola. Siap kan pola, bisa menggunakan bahan Manila, karton, atau sedotan. Jangan lupa tandai atauemberi nama untuk setiap pola tersebut. Agar nanti ketika merangkainya tidak tertukar.

  1. Memotong sedotan

Untuk membuat bunga dari sedotan, bahan yang di habiskan pun berbeda beda. Ada yang dalam pembuatannya cukup menghabiskan 1 batang sedotan ada juga yang menghabiskan banyak batang sedotan. Sedotan dapat di potong menjadi 2 – 10 bagian, tergantung pada besar kecilnya pola yang akan di buat. Usahakan semua potongan sedotan sama panjangnya. Gunakan penggaris untuk mengukurnya, karena di takutkan tidak simetris.

Potongan-potongan sedotan yang siap dibentuk tersebut dipisahkan dalam wadah agar tidak tercecer atau hilang. Pasalnya, jumlah potongan sedotan tersebut telah di siapkan untuk menghasilkan beberapa kuntum bunga atau bentuk lainnya.

  1. Membentuk dan Mengerut

Untuk membentuk sedotan menjadi daun dan mahkota bunga, hal ini bisa di lakukan dengan mencontoh atau menjiplak dari pola dasar yang di siapkan sebelumnya. Kemudian serut menggunakan sisir gerigi untuk membuat tekstur pada mahkota bunga. Bentuk lekukan dan goresan yang di hasilkan akan mempertegas bentuk model.

Tujuan lain dilakukan nya penyerutan adalah untuk menyamarkan bahan dasar plastik dan memberi kesan bentuk alami. Namun tidak semua pola harus di serut, ada pola yang cukup dibentuk dengan ditekan menggunakan ujung ibu jari.

  1. Merangkai Bunga
READ  100 Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Mudah Di Buat

Setelah sedotan di bentuk dan di serut, maka potongan – potongan mahkota bunga di rangkai hingga membentuk bunga utuh. Merangkai bunga secara teknis dapat di bagi menjadi tiga, sebagai berikut :

  1. a) Merangkai bunga dengan teknik susun

Teknik ini dilakukan dengan cara menyusun potongan – potongan  mahkota bunga secara menyilang dengan jumlah tertentu tergantung pada jenis bunganya. Pada bagian dasar potongan- potongan mahkota dilubangi sebagai sumbu untuk memasukkan sari bunga. Bagian dasar bunga kemudian di padatkan. Jenis ini bisa di gunakan untuk membuat bunga mawar kuncup, anggrek ( anggrek bulan dan catleya), melati, teratai, lili, euphorbia Mili (Emili), Dan Bunga Nopember.

  1. b) Merangkai bunga dengan teknik ikat

Mahkota – mahkota bunga dirangkai atau di ronce dengan menggunakan kawat halus. Untuk mempermudah meronce, coba gunakan jarum khusus. Kreasi bunga yang biasanya dirangkai dengan teknik ikat ini di antaranya bunga mawar, Nusa indah, bungur, crissan Shamrock, dan hortensia.

  1. c) Merangkai bunga dengan teknik ikat dan susun

Teknik ini menggunakan kombinasi dua teknik sebelumnya, yakni susun dan ikat. Salah satu kreasi bunga yang menggunakan teknik kombinasi ini adalah bunga Wijaya Kusuma.

Dalam merangkai bunga jangan sampai arah dan bentuk pola sedotan terbalik. Ada beberapa cara perangkaian yang mengombinasikan bentuk pola sedotan dengan secara berselang seking dalam jumlah tertentu. Salah satu cara misalnya dengan meronce pola sedotan dimulai dari yang paling panjang, sedang, di susul dengan yang paling kecil.

Meroncenya dilakukan secara bergantian dengan jumlah hitungan tertentu. Usahakan pekerjaan perangkaian ini dalam suasana yang lebih tenang agar tidak banyak mengalami kesalahan.

Perangkaian dimulai dari bagian – bagian kecil sampai bagian terbesar. Misalnya, bunga dirangkai menjadi sekuntum, kemudian beberapa kuntum, setangkai, terus hingga menjadi beberapa taanggal dalam suatu pot atau vas bunga.

  1. Pengemasan

Semua produk kerajinan tangan yang hendak di jual atau di bawa ke suatu tempat hendaknya di kemas dengan baik. Mengemasnya bisa menggunakan plastik pembungkus.

Setangkai bunga seringkali di bungkus pada bagian bunganya saja dengan plastik transparan. Untuk bunga dalam vas biasanya seluruh bagian rangkaian di tutup dengan plastik transparan.

  1. Perawatan

Tidak ada penanganan khusus dalam merawat kerajinan tangan dari sedotan. Perawatan cukup dengan menjaganya dari debu serta kotoran lain. Caranya mudah, cukup direndam dalam larutan detergen kurang lebih sepuluh menit, kemudian bilas dengan air bersih, kemudian keringkan tapi jangan sampai terkena cahaya matahari langsung untuk menghindari warna sedotan yang hilang.

sahabat juga bisa membaca  artikel mengenai mendaur ulang plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *