Categories
Uncategorized

Berbagai Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Kali ini aku disini akan menjelaskan artikel tentang berbagai cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa.

Berbagai Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

ada beberapa jenis dari bunga anggrek yang cocok dengan media tanah maupun media sabut kelapa.Disini kita akan mempelajari bagaimana sih cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa?

Tentu mudah ya teman-teman ! dengan cara yang baik dan benar akan membuat hasil dari pertumbuhan bunga anggrek kita semakin cantik dan menawan di mata.

Nah,bunga anggrek ini sangat populer di wilayah indonesia karena memiliki beragam keindahan yang tentu saja menarik perhatian para pengemar bunga untuk menanam bunga ini di rumah.

Berbagai Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Persiapan Bibit Tanaman

Pertama, kita harus menyiapkan bibit yang akan kita tanam. Siapkan bibit sebaik mungkin ya karena ini akan menentukan gimana bung aanggrek kita nanti.

Pembibitan bisa dilakukan dengan pembibitan vegetatif maupun generatif. Seperti apa sih?

Pembibitan Vegetatif

Yakni kita akan memisahkan atau memecah bibit dari indukannya. Nggak sembarangan, tunas yang akan dipisah dan ditanam sebagai tanaman baru ini harus memiliki akar yang kuat dan banyak untuk kemudian dipindah ke pot yang lain.

Pembibitan Generatif

Yakni dengan penyemaian biji anggrek. sayang sekali, cara menanam anggrek secara generatif ini cenderung memakan waktu yang lama dengan tngkat kesulitan tinggi.

Kondisi habitat sperti suhu dan kelembaban juga harus disiapkan sedemikian rupa dan nggak disarankan bagi mereka yang masih pemula.

Persiapan Media Tanaman

Media tanam sabut kelapa untuk anggrek terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang yang udah difermentasi, arang hitam, serabut kelapa, kulit kelapa dan pecahan batu bata atau genting rumah ya teman.

Nggak boleh sembarang kita untuk mencampurnya ya, tapi diletakkan dengan urutan tertentu dari bawah ke atas sebagai berikut:

  • Pecahan batu bata
  • ┬áKulit kelapa
  • ┬áSerabut kelapa yang sudah diolah dengan mesin pengolah sabut kelapa
  • Tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang

Kenapa sih kok beda-beda gini? Karena anggrek sebanrnya adalah tanaman epifit atau menumpang pada tumbuhan lain. Komposisi media tanam tersebut setidaknya dalam perbandingan yang seimbang ya.

Menanam dan Memindahkan Bibit ke Pot

bibit tanaman anggrek bisa kita pindahkan ketika berumur tiga bulan. Mengapa demiakan? Karena di saat itu, tanama udah memiliki akar yang lebat dan kuat sehingga penyerapan air udah bisa berjalan dengan optimal.

Cara menanam anggrek ke dalam pot ini juga harus kita perhatikan waktunya ya, yakni sebelumjam 8 pagi saat matahari belum terik. Ini bertujuan biar tanaman nggak gampang layu. Selanjutnya, kita tanaman disiram dengan air secukupnya biar kelembaban terjaga.

Perawatan Anggrek

Dalam cara menanam anggrek,kita penting banget untuk tahu kalau anggrek ini suka banget sama kondisi yang lembab. Tapi, jangan langsung kita siram pada bunga ya karena bisa merusak kuncup.

Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan biar anggrek kita tumbuh dengan subur dan maksimal, antara lain;

Kita harus letakkan pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari secara alami, tapi jangan langsung terkena pancaran secara langsung ya!

Bila ingin cara menanam anggrek di dalam ruangan, jangan lupa berikan cahaya lampu buatan. Tujuannya biar bunga anggrek nggak layu dan tetap mekar

Tanaman anggrek adalah tanaman tropis yang butuh kelembaban tinggi. Tapi tetap jaga agar media tanam nggak terlalu basah dan nggak terlalu kering.

Menyiran tanaman anggrek nggak boleh dilakukan dengan mengrojok, tapi dengan sprating atau disemprot. Semprot bagian batang, daun dan bunga pada pagi atau sora hari.

Kita perlu merikan pupuk setelah disiram. Pupuk yang cocok adalah pupuk yang khusus untuk tanaman tropis, lakukan selama tiga hari sekali. Untuk anggrek vegetatif, beri pupuk NPK dengan perbandingan 3:1:1

Untuk menghindarkan anggrek dari serangan hama dan penyakit, semprotkan cairan fungsida dan bakterisida. Fungi dan bakteri biasanya menyerang d musim penghujan, membuat tumbuhan rentan disatroni jamur.

Sekian pembahasan kita tentang berbagai cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *