Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bunga Sedotan Plastik

Cara Membuat Bunga Sedotan Plastik

Artikel ini memuat mengenai cara membuat bunga sedotan plastik yang bernilai jual tinggi yang bisa kamu tiru di rumah dengan bahan yang sederhana. Halo halo sahabat go green, masih dalam tema go  green sahabat. sebelumnya mimin sudah membagikan artikel berjudul cara membuat membuat kerajinan dari plastik yang bisa sahabat klik disini.

Nah sekarang mimin akan membagikan artikel yang berjudul bagaimana cara membuat bunga mawar dari sedotan. Penasaran? yok tidak usah berlama lama lagi

Bunga mawar merupakan salah satu bunga paling populer di indonesia. Dikarenakan  Bentuk dan warnanya yang sangat indah menjadikan bunga ini primadona di antara bunga lainnya. Bagi sebagian orang bunga mawar dijadikan simbol kasih sayang

Sedotan plastik merupakan bahan baku plastik yang mudah untuk dibuat bentuk apapun dan salah satunya bunga mawar. Tak hanya itu warna pabrik merupakan keunggulan tersendiri agar tidak mewarnai ulang

Benar sahabat, sedotan plastik yang biasa kita pakai untuk minuman itu, ternyata bisa dikreasikan menjadi beragam bentuk bunga termasuk mawar yang indah. Cocok untuk dijadikan hiasan ruangan, bahkan bisa juga dijual juga sebagai sumber penghasilan.

Tak usah berlama lama lagi, yok segera disimak ya tutorialnya.

Alat dan bahan untuk membuat bunga mawar dari sedotan

Pada dasarnya kerajinan adalah seni yang dapat dikurung oleh satu aturan. begitupun kerajinan bunga mawar dari sedotan ini sebenarnya ada beberapa jenis dan cara pembuatannya. Jadi tidak mutlak dengan satu cara saja. karena kita tahu juga yang namanya kreativitas itu tidak bisa dibatasi.

Namun di sini akan disajikan cara membuat bunga mawar dari sedotan dengan cara paling sederhana. Hanya bermodalkan satu buah sedotan untuk membuat satu unit rangkaian bunga mawar utuh.

Tidak ada bahan bahan dan alat yang spesial dalam pembuatan kerajinan bunga mawar dari sedotan, hanya sedotan plastik dengan berbagai warna dengan warna merah dan putih serta alat gunting dan lem.

Cara pembuatan

Langsung saja masuk ke teknis cara membuat bunga mawar dari sedotan ini.

  1. Ambil satu buah sedotan plastik. Kemudian buat sayatan melintang sekitar 3 cm. Kemudian setelah mencapai ukuran 3 cm tersebut, serongkan arah guntingan ke selebar kurang lebih 1/2 cm. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat gambar di bawah ini.
  2. Hasil sayatan tadi digulung dengan agak serong sampai mentok. Lebih jelasnya lihat gambar instruksional berikut ini. Bagian gulungan ini nantinya yang akan jadi tangkai bunga mawar kecil.
  3. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melipat secara berulang bagian sedotan yang masih utuh. Dilipat berulang dengan memutar. Dan tangkai bunga mawar sebagai pusat putarannya.
  4. Setelah dilakukan proses pelipatan berulang dengan bertumpu pada gulungan kecil sebagai pusatnya, maka bunga yang dihasilkan adalah seperti berikut ini.
  5. Setelahnya akan ada bagian ujung sedotan yang tersisa. Itu nanti bisa dipotong saja dan disesuaikan dengan ukuran bunga mawar yang terbentuk.
  6. Bunga mawar pun telah terbentuk sahabat. Untuk mempercantik, bisa dengan cara menambahkan ornamen daun di sekitaran kelopak bunga. Ornamen daunnya bisa terbuat dari sedotan juga. Digunting, kemudian sedotan dibelah dan dibentuk menyerupai daun.
  7. Nah, untuk membentuk tekstur daun di sedotan, bisa dengan menggosokkan gigi kunci pada belahan sedotan tersebut. Kemudian ditempelkan di sekitaran kelopak dengan lem atau dengan tusukkan jarum yang sebelumnya telah dipanaskan. Sehingga hasilnya kurang lebih sebagai berikut.

sedotan yang sudah dibentuk menjadi bunga mawar akan digabung menjadi satu hingga menjadi satu rangkian bunga yag epik  . Sehingga bisa disusun di atas vas bunga kecil membentuk bunga hias yang indah. Sebelum disusun, bunga mawar dari sedotan tadi bisa dibungkus dahulu satu persatu menggunakan kertas krep transparan. Agar terlihat lebih real dan rapih.

Categories
Uncategorized

Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan

Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan

Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan yang bisa kamu tiru di rumah dengan bahan sederhana yang tentunya murah dan bisa menjadi barang yang bernilai jual tinggi
Hallo, selamat beraktivitas kali ini saya akan membuat kerajinan tangan berupa Vas bungabunga, vas bunga yang akan saya buat ini terbuat dari sedotan. Sedotan merupakan bahan yang terbuat dari plastik yang sulit terurai, agar sedotan tidak menjadi sampah yang menyumbang pencemaran mari kita daur ulang menjadi vas bunga yang bernilai.
Bahan :
· Gunting atau cutter
· Lem
· Hiasan manik manik/pita
· Sedotan warna warni
· Kaleng bekas atau botol
Cara pembuatan :
1. Guntinglah sedotan menjadi tiga bagian. Pakailah sedotan dengan warna yang berbeda agar lebih menarik
2. gunting bagian atas sedotan yang  berbentuk runcing.
3. Berilah lem kayu pada kaleng secara merata menyeluruh pada bagian mukanya.
4. potong lah bagian atas kaleng tersebut atau bisa juga menggunakan botol
5. Tempelkanlah sedotan-sedotan tersebut  pada kaleng/botol yang sudah di olesi lem. Tata dengan cara seling-seling warna.
6. Rapihkan bagian ujung pada sedotan yang melebihi tinggi kaleng/botol tersebut.
7. Kemudian tutup dengan memberi manik- manik, pita, atau hiasan-hiasan lainnya agar terlihat menarik dan lebih bernilai
8. Tunggulah sampai benar benar kering.
9. Vas bunga siap digunakan.
cara bikin vas bunga dari sedotan

Nilai tambah Cara Bikin Vas Bunga dari Sedotan

Agar sedotan lebih memiliki nilai tambah dan terlihat lebih menarik, tidak banyak di butuhkan keterampilan atau pelatihan khusus, tetapi juga sentuhan seni dari sang pengrajin. Namun, secara teknis ada beberapa langkah yang harus di persiapkan agar proses pengerjaan menjadi lancar. Dimulai dari bentuk apa yang akan di buat, pemilihan alat, bahan pendukung, bahan dasar, model perangkaian, ataupun pengemasan nya. Berikut ini akan di paparkan mengenai alat dan bahan apa saja yang di perlukan untuk mengkreasikan sedotan.

Sedotan merupakan salah satu jenis bahan yang kerap dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utamanya adalah untuk meminum air. Namun, ternyata sedotan juga bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang menarik. Nah, ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki banyak sedotan. Terlebih harga sedotan yang relatif murah akan semakin memudahkan hobi Anda membuat kerajinan. Penasaran bukan dengan berbagai kerajinan tangan dengan bahan dasar sedotan? Berikut ini ulasan selengkapnya tentang kerajinan tangan dari sedotan.

Cara membuat Kreasi Bunga Cantik Dari Sedotan

Alat

  1. Sisir Gerigi

Sisir gerigi ini terbuat dari bahan alumunium tipis dengan bentuk persegi panjang yang tumpul. Bagian ujung dari tiap sisi berbentuk gerigi dengan tinggal kerapatan yang berbeda beda, mulai dari yang halus hingga yang kasar. Sisir gerigi ini bisa digunakan misalnya untuk membentuk tekstur guratan pada daun atau pada mahkota bunga. Dengan bantuan sisir gerigi, helai daun dan mahkota bunga yang terbuat dari sedotan dapat menyerupai bentuk aslinya.

Untuk menggunakan sisir gerigi ini cukup dengan menempelkannya pada helaian sedotan pada salah satu tepi sisir gerigi di bantu tekanan ibu jari, kemudian tarik dan lepas dengan cepat, terbentuklah lekukan yang dikehendaki.

  1. Gunting

Gunting ini digunakan untuk membentuk pola sedotan yang di kehendaki m jangan gunakan sikat atau cutterz karena be tuk pola sedotan tidak akan baik. Gunakanlah gunting yang tajam agar pola yang di hasilkan tampak lebih rapi.

  1. Jarum

Jarum di fungsikan untuk merinci bagian mahkota bunga atau helai daun. Pada jarum yang di gunakan, pilihlah yang dapat di masuki oleh kawat yang biasa di gunakan untuk mengikat bunga.

  1. Penggaris

Penggaris digunakan untuk mengukur panjang dan pendeknya sedotan yaang akan kita pakai, atau untuk mengukur bahan bahana lain yang di gunakan.

  1. Tang

Yang di gunakan untuk menarik dan mengencangkan roncean bunga. Yang yang di gunakan sebaiknya berukuran kecil agar dapat menarik kawat halus. Penggunakan yang ini juga berfungsi agar kulit jari menjadi lebih terlindungi tidak mudah terluka atau tergores akibat menarik narik kawat yang tajam dan licin.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan utama yang digunakan tentulah sedotan dengan berbagai warna dan ukuran. Untuk mengikat bunga, biasanya diperlukan sedotan dengan warna macam macam, ataupun motif yang berbeda beda. Ketik memilih milih harus dipertimbangkan benar bunga apa yang akan di pakai.

Misalnya membuat bunga matahari, maka digunakan sedotan warna kuning, membuat bunga mawar maka di gunakan sedotan warna merah tua ataupun merah muda, membuat bunga teratai maka digunakan sedotan warna putih atau ungu muda, membuat bunga melati, maka digunakan warna putih.

Bahan pendukung

Dalam membuat kerajinan bunga dari sedotan, di perlukan juga bahan-bahan pendukung lainnya. Bahan pendukungnya tersebut antaranya tangkai bunga siap pakai, kawat, sellang kecil untuk balutan kawat, sari, kelopak, daun , soon z vas bunga, senar dan pola dasar.

Bahan pendukung ini juga perlu di pilih. Misalnya membuat bunga, perlu di sesuaikan dengan jenis putiknya, dari nya, mahkota nya, dan daun nya. Karen jika tidak di pilih, misalnya menyambungkan antara bunga anggrek dengan bunga matahari maka  hasilnya menjadi aneh. Bahan pendukung ini juga berfungsi sebagai pelengkap untuk menambah keindahan tampilan bunga sedotan. Siapkanlah bahan pendukung ini bersama dengan bahan utama dan peralatan lainnya. Agar ketika proses pembuatan nya tidak menjadi kan ribet. Pisahkan wadah antara bahan utama dengan bahan pendukung dan peralatan lainnya.

Persiapan Pembuatan

  1. Menyiapkan Pola

Berkreasi menggunakan sedotan, tetaplah memerlukan pola. Siap kan pola, bisa menggunakan bahan Manila, karton, atau sedotan. Jangan lupa tandai atauemberi nama untuk setiap pola tersebut. Agar nanti ketika merangkainya tidak tertukar.

  1. Memotong sedotan

Untuk membuat bunga dari sedotan, bahan yang di habiskan pun berbeda beda. Ada yang dalam pembuatannya cukup menghabiskan 1 batang sedotan ada juga yang menghabiskan banyak batang sedotan. Sedotan dapat di potong menjadi 2 – 10 bagian, tergantung pada besar kecilnya pola yang akan di buat. Usahakan semua potongan sedotan sama panjangnya. Gunakan penggaris untuk mengukurnya, karena di takutkan tidak simetris.

Potongan-potongan sedotan yang siap dibentuk tersebut dipisahkan dalam wadah agar tidak tercecer atau hilang. Pasalnya, jumlah potongan sedotan tersebut telah di siapkan untuk menghasilkan beberapa kuntum bunga atau bentuk lainnya.

  1. Membentuk dan Mengerut

Untuk membentuk sedotan menjadi daun dan mahkota bunga, hal ini bisa di lakukan dengan mencontoh atau menjiplak dari pola dasar yang di siapkan sebelumnya. Kemudian serut menggunakan sisir gerigi untuk membuat tekstur pada mahkota bunga. Bentuk lekukan dan goresan yang di hasilkan akan mempertegas bentuk model.

Tujuan lain dilakukan nya penyerutan adalah untuk menyamarkan bahan dasar plastik dan memberi kesan bentuk alami. Namun tidak semua pola harus di serut, ada pola yang cukup dibentuk dengan ditekan menggunakan ujung ibu jari.

  1. Merangkai Bunga
READ  100 Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Mudah Di Buat

Setelah sedotan di bentuk dan di serut, maka potongan – potongan mahkota bunga di rangkai hingga membentuk bunga utuh. Merangkai bunga secara teknis dapat di bagi menjadi tiga, sebagai berikut :

  1. a) Merangkai bunga dengan teknik susun

Teknik ini dilakukan dengan cara menyusun potongan – potongan  mahkota bunga secara menyilang dengan jumlah tertentu tergantung pada jenis bunganya. Pada bagian dasar potongan- potongan mahkota dilubangi sebagai sumbu untuk memasukkan sari bunga. Bagian dasar bunga kemudian di padatkan. Jenis ini bisa di gunakan untuk membuat bunga mawar kuncup, anggrek ( anggrek bulan dan catleya), melati, teratai, lili, euphorbia Mili (Emili), Dan Bunga Nopember.

  1. b) Merangkai bunga dengan teknik ikat

Mahkota – mahkota bunga dirangkai atau di ronce dengan menggunakan kawat halus. Untuk mempermudah meronce, coba gunakan jarum khusus. Kreasi bunga yang biasanya dirangkai dengan teknik ikat ini di antaranya bunga mawar, Nusa indah, bungur, crissan Shamrock, dan hortensia.

  1. c) Merangkai bunga dengan teknik ikat dan susun

Teknik ini menggunakan kombinasi dua teknik sebelumnya, yakni susun dan ikat. Salah satu kreasi bunga yang menggunakan teknik kombinasi ini adalah bunga Wijaya Kusuma.

Dalam merangkai bunga jangan sampai arah dan bentuk pola sedotan terbalik. Ada beberapa cara perangkaian yang mengombinasikan bentuk pola sedotan dengan secara berselang seking dalam jumlah tertentu. Salah satu cara misalnya dengan meronce pola sedotan dimulai dari yang paling panjang, sedang, di susul dengan yang paling kecil.

Meroncenya dilakukan secara bergantian dengan jumlah hitungan tertentu. Usahakan pekerjaan perangkaian ini dalam suasana yang lebih tenang agar tidak banyak mengalami kesalahan.

Perangkaian dimulai dari bagian – bagian kecil sampai bagian terbesar. Misalnya, bunga dirangkai menjadi sekuntum, kemudian beberapa kuntum, setangkai, terus hingga menjadi beberapa taanggal dalam suatu pot atau vas bunga.

  1. Pengemasan

Semua produk kerajinan tangan yang hendak di jual atau di bawa ke suatu tempat hendaknya di kemas dengan baik. Mengemasnya bisa menggunakan plastik pembungkus.

Setangkai bunga seringkali di bungkus pada bagian bunganya saja dengan plastik transparan. Untuk bunga dalam vas biasanya seluruh bagian rangkaian di tutup dengan plastik transparan.

  1. Perawatan

Tidak ada penanganan khusus dalam merawat kerajinan tangan dari sedotan. Perawatan cukup dengan menjaganya dari debu serta kotoran lain. Caranya mudah, cukup direndam dalam larutan detergen kurang lebih sepuluh menit, kemudian bilas dengan air bersih, kemudian keringkan tapi jangan sampai terkena cahaya matahari langsung untuk menghindari warna sedotan yang hilang.

sahabat juga bisa membaca  artikel mengenai mendaur ulang plastik

Categories
Uncategorized

Karya dari Plastik Kresek

Karya dari Plastik Kresek

karya dari plastik kresek yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk ditiru di rumah dengan bahan sederhana tentunya akan menghasilkan barang yang bernilia jual. Siapa yang menyangka, jika kantong plastik atau kantong kresek bekas belanjaan masih memiliki manfaat. Limbah plastik ini pun bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang cantik. Artikel in memuat mengeenai kerajinan limbah plastik kresek yang bisa jadi inspirasimu dan bisa sahabat tiru di rumah dengan bahan sederhana

Seperti dilakukan oleh Sulastri Ningsih, yang mengubah lembaran kresek ini menjadi kerajinan bunga. “Semula anak saya yang masih kecil mengikuti karnaval, saya buatkan buket bunga yang bahannya dari tas kresek,” terang perempuan asal Dusun Jabon, Desa Wonokerto, Kecamatan Plemahan.

Kerajinan dari Limbah Plastik Kresek

bunga plastik

 

Sulastri menjelaskan, untuk kresek yang kotor memang memerlukan proses yang lama. Langkah pertama, kresek yang kotor dicuci. Setelah dicuci, kresek tersebut dijemur. Kresek yang sudah dalam keadaan kering, baru dapat diproses dijadikan bunga. “Agar bunga terlihat seperti yang dijual di pasaran, tas kresek disetrika,” ungkap Sulastri.

Untuk kerajinan dari tas kresek, sebenarnya ia sudah lama membuat usaha tersebut. Di mana kerajinan tersebut berupa suvenir dan aksesoris. Hanya saja, waktu itu, pemasaran tidak semudah saat ini. Melalui media sosial, hasil karya bisa langsung terlihat.

Dengan metode tersebut, rupanya banyak yang tertarik dengan bunga kresek buatannya. Karena banyak yang tertarik, ia pun menjadikan kerajinan tersebut sebagai usaha. Sifat bahan kantong plastik yang tipis, lentur, transparan, serta berwarna-warni memang cocok dijadikan bahan yang murah dan mudah didapat untuk dibuat barang kerajinan tangan utamanya bunga.

“Untuk pembuatan, dibandingkan dengan daun pembuatan bunga jauh lebih memerlukan banyak detail,” jelas Sulastri.

Contohnya bunga mawar, karena memiliki banyak kelopak membutuhkan waktu yang sedikit lama. Agar mirip dengan bentuk aslinya, dalam pembuatan daun memang dibuat gradasi warna.

Kantong plastik yang sudah dibeli ternyata pada akhirnya tetap dibuang dan menjadi sampah. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna. Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Agar lebih kuat dan kencang, kantong plastik biasanya dipilin dulu menjadi sebuah tali, selanjutnya bisa dianyam, dirajut, atau teknik sambung lainnya

www-1millionwomen-com-au

Kantong imut kece ini bisa digunakan untuk menyimpan ponsel dan uang. 100% berbahan keresek rajutan!

thecraftgroupplus-blogspot-com

Rapi banget kayak rajutan benang kan? via thecraftgroupplus.blogspot.com

3. Kamu yang berjiwa seni jangan segan untuk berekspresi! Keresek bekas yang warnanya bagus bisa kamu sulap jadi karya semacam ini

travellersteph-blogspot-com

4. Kelihatan masih agak kasar sih hasilnya, tapi tas keresek ini tetap cantik dan elegan kok kalau udah dipakai

blog-etsy-com

5. Kantong plastik juga nggak kalah cantik kalau dibuat menjadi tempat botol. Ini buktinya!

www-crafthubs-com-w

6. Keranjang bunga atau buah dari bambu sih udah mainstream banget, kalau yang dari keresek udah pernah punya atau nyoba bikin belum?

becreativehobbies-blogspot-com

7. Ini cantik! Udah pantes kalau mau dipakai kondangan ke nikahannya mantan atau acara-acara resmi lainnya

rickthompson-com-k

8. Nggak jauh beda sama envelope bag berbahan manik-manik, yang bahannya dari keresek doang juga nggak kalah ciamik

skygunclose-wordpress-com

9. Boleh juga kalau kamu iseng bikin bola-bolaan dari keresek bekas, lumayan buat ngilangin stres pas lagi bosan di kost’an 🙂

10. Kalau yang ini butuh banyak kereseknya, pilih yang cukup tebal juga biar nggak rusak pas diduduki

www-instructables-com

11. Paling keren nih! Ini bukti kalau kecantikan keresek bekas itu benar-benar nyata bergantung tangan siapa yang menyentuhnya

www-crafthubs-com-e

12. Buat kamu yang punya adikk atau anak perempuan, coba deh bikinin baju Barbie dari keresek. Nggak kalah glamour, kok!

www-youtube-com-o

13. Jangan lupa dibikin figura juga, pasang foto yang tersayang disana agar selalu terkenang selamanya

irational-org

sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya berjudul contoh daur ulang sampah

Categories
Uncategorized

kerajinan tangan terbuat dari plastik

kerajinan Tangan Terbuat dari Plastik

Kerajinan tangan terbuat dari plastik yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengolah bahan plastik yang tentunya akan menghasilkan barang istimewa. Ide daur ulang sampah plastik yang pertama ini cocok untuk yang memelihara tanaman hias di dalam rumah.

Kamu bisa coba daur ulang botol bekas minuman berukuran 1 liter dan mengubahnya menjadi pot gantung lucu.

Tinggal potong bagian bawah botol, tambahkan tali gantungan, lalu lukis dengan cat warna sesuai keinginan, deh.

Kerajinan dari botol bekas ini sangat mudah ditiru, ‘kan?

2. Daur Ulang Plastik Jadi Mainan Robot

daur ulang plastik

Cara daur ulang plastik botol bekas yang kedua ini dijamin membuat anak di rumah senang.

Dengan sedikit usaha dan kreativitas, botol bekas pun bisa dijadikan mainan robot-robotan yang keren.

Tak sulit kok membuatnya. Kamu hanya butuh botol bekas, lem, gunting, dan juga kreatifitas.

Biar lebih seru, ajak juga anak belajar membuat kerajinan dari botol plastik bekas ini, ya!

3. Tempat Pensil dari Botol Plastik

daur ulang plastik

Masih ada banyak cara untuk membuat kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu coba.

Misalnya, kamu bisa mengubah botol bekas menjadi wadah tempat pensil warna yang unik bagi anak-anak di rumah.

Agar lebih menarik, kamu bisa mewarnai botol berdasarkan masing-masing pensil warna yang ada.

Anak pasti akan semakin betah belajar dan mewarnai!

4. Daur Ulang Plastik Jadi Celengan Anak

celengan dari botol bekas

Mengajarkan anak untuk terbiasa menabung sejak dini akan lebih mudah dengan cara ini.

Kamu hanya perlu memanfaatkan botol bekas, lalu mengubahnya menjadi sebuah kerajinan dari botol plastik bekas yang berbentuk celengan.

Selain lebih murah, modelnya pun bisa disesuaikan dengan keinginan anak-anak ‘kan.

5. Daur Ulang Plastik Jadi Bunga Hias

daur ulang plastik

Kerajinan botol bekas juga bisa kamu gunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah, lho.

Misalnya, kamu bisa daur ulang plastik jadi rangkaian bunga-bunga aneka warna yang indah.

Caranya pun mudah, botol tinggal digunting berbentuk lancip pada ujung-ujungnya menyerupai kelopak bunga.

Setelah itu, kamu bisa mewarnai sesuai keinginan.

Jangan lupa tambahkan tangkai dan daunnya ya!

6. Daur Ulang Plastik Jadi Keranjang Sampah

tempat sampah dari botol bekas

Cara daur ulang sampah botol plastik tidak hanya memanfaatkan bagian bodinya kok, seluruh bagian botol plastik bekas juga bisa bermanfaat.

Seperti contoh pada gambar ini, botol bekas disusun lalu dibentuk sebagai tempat sampah yang berwarna-warni.

Cara membuat kerajinan botol plastik untuk tempat sampah ini mudah, kok.

Kamu hanya memerlukan banyak botol bekas serta lem perekat untuk menyusun semua tutup botol menjadi tempat sampah.

Baca Juga:

Inspiratif! Di Tempat Makan Unik Ini, Bayar Bisa Pakai Sampah Plastik

7. Tempat Penyimpanan Koran

tempat penyimpanan koran

Kini, kamu tak perlu kebingungan lagi menyimpan koran yang tercecer berantakan di ruang tamu.

Kamu cukup membuat kerajinan botol bekas yang berupa tempat menyimpan koran bekas.

Hanya dengan beberapa botol bekas seperti ini, kamu bisa membuat tempat penyimpanan koran yang tampak sederhana namun sangat fungsional.

Koran-koran lama bisa kamu simpan di gudang dan koran-koran baru bisa kamu letakkan di tempat koran dari botol bekas ini.

8. Gunakan untuk Wadah Aksesori

daur ulang plastik

Bentuk botol bekas yang berongga luas sangat cocok digunakan untuk wadah berbagai aksesori di rumah.

Bagaimana cara membuatnya?

Cukup potong bagian atas atau bawah bodi botol sesuai keinginan, rapikan, lalu hias, dan jadi deh wadah aksesori.

Wadah aksesori dari botol bekas bisa kamu gunakan untuk menyimpan alat rias hingga berbagai perhiasan seperti cincin dan anting.

Yuk, segera coba sendiri!

9. Jadikan Helikopter Mainan

daur ulang plastik

Daur ulang sampah plastik botol bekas juga bisa menjadi ajang mengasah dan mengajari anak kreatifitas dalam membuat kerajinan.

Salah satu cara paling mudah yaitu mengajari anak membuat mainan helikopter dari botol bekas.

Bahan yang dibutuhkan hanya botol bekas, sedotan, serta bola pingpong, ditambah gunting dan lem.

Selain diajari soal kreativitas, anak juga bisa sekaligus belajar cara mendaur ulang sampah dan menjaga lingkungan, ‘kan?

10. Pot untuk Kebun Vertikal

daur ulang plastik

Seiring dengan semakin sempitnya lahan hunian di kota, banyak orang yang menyiasatinya dengan membuka kebun vertikal yang sederhana.

Cara ini memang terbukti ampuh karena bercocok tanam tak perlu lagi di lahan tanah yang luas namun cukup dalam pot-pot gantung di dinding.

Pot kebun vertikal hasil dari kerajinan botol plastik ini bisa menghemat biaya sambil mengoptimalkan barang-barang di sekitar.

Categories
Uncategorized

Lampu Hias dari Botol Bekas

Lampu Hias dari Botol Bekas yang Bisa Kamu Tiru

lampu hias dari botol bekas. Dekorasi rumah sudah kece nih, yah masak desain lampu cuman begini doang? Berarti saatnya belajar cara membuat lampu hias nih.

Cara membuat lampu hias ini bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan bekas yang udah nggak terpakai. Lumayan kan daripada cuman numpuk di gudang doang, kenapa nggak memanfaatkannya sebagai kerajinan tangan dengan sedikit kreativitas. Atau bisa juga nih kamu gunakan bahan lainnya sesuai dengan bentuk lampu hias yang kamu inginkan.

 

 lampu Hias dari Botol Bekas dan Cara Pembuatanya

Bisa dibilang, botol bekas adalah jenis sampah yang pasti dimiliki di setiap rumah tangga. Kadang sampah tersebut dikumpulkan untuk kemudian dijual dan didaur ulang, tapi ada juga yang nggak mau repot dnegan langsung membuangnya dan menyerahkan pemilahannya kepada para tukang sampah.

Padahal, kamu tentu udah sering melihat bagaimana botol bekas ini dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan kan? Salah satunya sebagai cara membuat lampu hias.

Meskipun teknik yang digunakan cenderung lebih sulit, tapi yuk cobaik dulu. Siapa tahu tangan kamu memang ditakdirkan untuk mengubah suatu yang tak berguna menjadi bahan bernilai dan berseni.

Bahan yang harus kamu siapkan, antara lain;

Satu buah botol besar bekas minuman berkarbonasi
Selotip hias

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Plastik

  • Cutter
  • Gunting
  • Tali Tambang Katun
  • Lampu Dekorasi

Biar nggak bingung, simak aja yuk gimana cara membuat lampu hias dari seperti yang ada di kanal Youtube Craft Crazy Genius ini:

Keliatan kayak lampu hias milik Aladin ya kan?

Nah, kalau cara membuat lampu hias yang kali ini tuh sederhana banget, tapi hasilnya nggak main-main. Lucu parah.

Bahan yang kamu perlukan:

  • Botol plastik bekas
  • Cutter
  • Tali
  • Lampu
  • Lem tembak

 Lampu Hias dari Botol Bekas  dan Tutup Botol Minum

Nah kalau dari tadi yang muncul adalah cara membuat lampu hias dari botol plastik, kali ini gantian nih memafaatkan botol kaca. Uniknya, botol kaca hadir dengan berbagai bentuk yang jadi nilai tambah tersediri bagi desain lampu kamu.

Bahan yang diperlukan:

  • Botol kaca bekas
  • Bor untuk melubangi botol dan tutup botol. Kalau kamu nggak ingin proses pengeboran meninggalkan bekas putih, coba tutupi botolnya dengan isolasi sebelum melakukan pengeboran.
  • Bohlam lampu dan perangkatnya.
  • Sesuaikan ukurannya dengan besar botol

 

Lampu Hias dari Resin dan Mawar

Dalam cara membuat lampu hias ini, kamu memerlukan cairan resin, bahan kimia bening yang biasa digunakan untuk membuat diorama. Reini diiskkan bdalam botol bening yang telah diisi dengan mawar

Lampu Hias


Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan :

1. Botol bekas
2. Sendok plastik
3. Lampu lengkap
4. Pisau
5. Obeng
6. Lem
7. Cat

( Tiang untuk tempat berdirinya lampu )

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Lampu Hias :

1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

2. Langkah Selanjutnya, potong botol plastik sesuai dengan gambar di atas.

3. Potong-potong sendok plastik sesuai pada gambar.

4. Satukan botol dengan sendok agar terlihat indah menggunakan lem.

5. Cat sendok yang sudah ditempelkan.

6. Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas seperti gambar di atas, lalu dicat.

7. Pasang lampunya dan tiang untuk berdiri.

8. Lampu hias dari botol bekas siap untuk digunakan.

Motivasi saya membuat artikel ini karena dari buku prakarya,walaupun dibuku prakarya tidak ada cara pembuatannya tetapi saya tidak menyerah.

Sekian artikel cara pembuatan lampu hias dari botol bekas dari saya semoga teman-teman menyukai dan bermanfaat

sahabat juga bisa membaca artikel kerajinan dari plastik untuk informasi lebih menarik

 

Categories
Uncategorized

Kreasi dari Botol Aqua Yang Bernilai Jual Tinggi

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas yang Berdaya Jual

 

Gelang Sederhana dari Botol Plastik

Kerajinan dari Botol Bekas

Mungkin Anda akan berpikir bahwa menjual aksesori juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jangan salah! Dengan bermodalkan botol plastik bekas, Anda sudah dapat mengkreasikan aksesori yang murah dan berdaya jual.

Kerajinan dari botol plastik bekas ternyata dapat menciptakan gelang sederhana yang keren seperti ini. Kerajinan dari botol Aqua ini juga sangat mudah dibuat.

Anda hanya perlu menyiapkan botol plastik, setrika, cat kuku atau cat acrylic, isolasi, dan gunting.

Pertama, lilitkan isolasi pada sekeliling botol plastik untuk membentuk pola gelang. Potong bagian yang telah diberi isolasi. Lepaskan isolasi dari bagian yang dipotong.

Rapikan bagian tepian yang dipotong dengan menggunakan setrika panas. Kemudian, warnai gelang tersebut dengan cat kuku atau cat acrylic. Anda juga dapat membuat gambar pada gelang sesuai dengan kreatifitas.

Gelang Cantik dan Modis

Kerajinan dari Botol Bekas

Masih tentang aksesori gelang. Gelang yang satu ini merupakan hasil kerajinan dari gelas Aqua. Akan tetapi, Anda juga dapat mengkreasikannya menjadi kerajinan dari botol Aqua bekas. Hal yang terpenting adalah bahan utamanya terbuat dari plastik.

Untuk membuat gelang ini, Anda perlu memotong gelas atau botol Aqua menjadi bagian-bagian kecil. Apabila bagian yang dipotong kurang rapi, Anda dapat menggunakan lilin atau setrika panas untuk merapikannya.

Lalu, buat lubang pada setiap kepingan plastik. Rangaki kepingan plastik dengan rantai gelang, manik-manik, dan beberapa pernak-pernik kecil lainnya.

Agar tampak lebih modis, padukan tampilan Anda dengan gelang plastik ini dan tas hasil kerajinan dari kain perca yang mudah dibuat.

Vas dan Bunga Hias

Kerajinan dari Botol Bekas

Kerajinan dari botol plastik memang sangat beragam. Salah satunya adalah vas bunga yang merangkap sebagai bunga hias ini.

Anda hanya perlu memotong dua buah botol plastik berwarna hijau. Buat rumbai-rumbai pada bagian yang dipotong hingga mendekati bagian tutup botol. Masukkan salah satu botol ke botol yang lainnya, lalu tekuk bagian rumbai-rumbai kearah keluar.

Tambahkan bola-bola kecil yang terbuat dari Styrofoam yang telah diwarnai pada masing-masing ujung rumbai botol. Rekatkan mulut botol pada bagian bawah botol yang berfungsi sebagi penyangga.

Hiasan Gantung

Hiasan gantung ini terlihat cantic dan menarik. Siapa sangka ternyata hiasan ini terbuat dari botol plastik bekas? Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda pasti dapat membuatnya sendiri di rumah.

Yang Anda perlukan untuk membuat hiasan gantung ini adalah botol plastik bekas minuman bersoda, manik-manik, benang senar, gunting, dan setrika panas yang akan digunakan untuk merapikan dan membentuk pinggiran bagian yang telah dipotong.

Hiasan gantung ini akan sangat cocok untuk diletakkan di kamar tidur. Anda juga bisa memodifikasinya, lho. Apabila bagian yang menjuntai diperpanjang, maka Anda akan mendapatkan tirai yang sangat cantic untuk dipasang di pintu kamar.

Pot Bunga Mewah

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Pot bunga merupakan salah satu bentuk kerajinan dari kaleng bekas dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan sebuah kaleng, mengecatnya, lalu memberi lubang pada bagian bawah kaleng sebagai drainase.

Kali ini, Anda akan mengadopsi ide tersebut dan menerapkannya pada barang bekas yang berbeda yaitu botol plastik dan compact disk (CD).

Kerajinan dari CD bekas dan botol bekas ini akan mempercantik teras atau bahkan ruang tamu Anda. Anda hanya perlu untuk memotong sebuah botol plastik bekas minuman bersoda sesuai dengan pola yang diinginkan.

Kemudian, rekatkan mulut botol pada sebuah kepingan CD. Warnai seluruh permukaan botol dan CD dengan menggunakan cat berwarna emas atau perak secara merata. Isi bagian dalam pot dengan tanah dan tanaman.

Bagaimana? Ternyata kerajinan dari CD dan botol bekas ini sangat mudah, bukan?

Lampu Tidur Cantik

Kerajinan dari Botol Bekas
https://wajibbaca.com

Selain menjadi pot bunga, kerajinan dari kaleng bekas juga dapat menghasilkan lampu tidur yang cantik.

Ternyata, bukan hanya kaleng bekas yang dapat diubah menjadi lampu tidur. Botol kaca pun dapat dijadikan lampu tidur yang menarik.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi botol kaca bekas dengan lampu LED hias dan kelereng. Pastikan baterai lampu tersebut menempel pada penyumbat botol. Lalu, nyalakan lampu LED.

Anda akan melihat kilauan lampu yang dibiaskan melalui kelereng dan botol kaca berwarna. Kilauan tersebut tampak berpendar dengan indahnya.

Tirai Tutup Botol

Kerajinan dari Botol Bekas
http://www.premery.net/

Tirai ini tampak seperti lukisan, bukan? Dengan menggabungkan daya imajinasi dan kreatifitas, Anda tentu dapat membuat tirai yang unik dan murah ini dengan mudah.

Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa tutup botol dengan aneka warna. Selanjutnya, biarkan daya imajinasi Anda bekerja.

Dengan mengelompokkan tutup botol sesuai dengan warnanya, Anda akan mendapatkan suatu tirai hias yang bernilai seni dan berdaya jual tinggi.

untuk sisa sisa sampah plastik bisa dicacah dengan mesin pencacah plstik

Kalung Mewah nan Murah

Kerajinan dari Botol Bekas
https://imagez.co

Pada ide kreatif sebelumnya, Anda tealh mempelajari bagaimana cara membuat aksesori gelang yang cantik dari botol dan gelas Aqua.

Kali ini, Anda masih tetap akan mempelajari kerajinan dari gelas plastik Aqua yang dapat disulap menjadi kalung yang mewah.

Ketika melihat kalung ini, mungkin Anda akan berpikir bahwa kalung ini terbuat dari mutiara dan memiliki harga yang mahal. Anda pasti akan terkejut ketika mengetahui bahwa kalung ini ternyata terbuat dari gelas plastik.

Apabila ingin membuat kalung ini, potonglah beberapa gelas atau botol Aqua bekas dengan pola lingkaran. Rapikan bagian pinggiran lingkaran dengan menggunakan setrika panas. Setelah itu, lubangi bagian ujung kepingan plastik.

Agar mendapatkan warna putih berkilau seperti mutiara, gunakan cat kuku atau cat acrylic berwarna putih. Kemudian rangkai dan bentuk kepingan gelas tersebut dengan rantai sesuai selera Anda.

Sahabat bisa juga baca mendaur ulang sampah untuk informasi menarik lainya.

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bunga Sedotan Sederhana

Halo halo sahabat go green kembali lagi dengan admin yang akan membahas mengenai artikel yang sangat spesial yaitu mengenai cara membuat bunga sedotan yang sederhana yang bisa kamu tiru dan buat sendiri di rumah sahabat.

Pengertian Sedotan

Sedotan adalah sebuah tabung yang dimaksudkan untuk mentransfer minuman dari wadah ke mulut peminum, dengan penerapan kekuatan mengisap. Sedotan yang paling awal berbentuk cekungan batang rumput dan benar-benar terbuat dari rumput / jerami. Sebuah tabung plastik tipis (seperti polypropylene dan polystyrene) atau bahan lain, lurus atau dengan engsel seperti akordeon, itu digunakan oleh salah satu ujung di mulut dan lain di akhir minum. Tindakan itu mengurangi tekanan udara di mulut, lalu kekuatan tekanan atmosfer minuman sampai jerami. Sedotan pertama dibuat oleh Sumeria, dan digunakan untuk minum bir (untuk menghindari produk sampingan padat fermentasi). Argentina dan tetangga mereka menggunakan perangkat metalik serupa disebut bombilla yang bertindak baik sebagai jerami dan saringan untuk teman minum teh. Sedotan modern dipatenkan pada 1888 oleh Marvin C. Stone

Bunga Sedotan Sederhana

siapa sangka dari tangan seorang seniman, sebuah sedotan yang biasanya hanya dipakai untuk menyeruput minuman bisa menjadi sebuah karya seni yang luar biasa? Sedotan plastik yang hanya sekali pakai dan kemudian di buang ini ternyata dapat menjadi kerajinan tangan yang dapat menghias rumah sehingga lebih berwarna.

Daripada harus membuang sampah sedotan plastik bekas, Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah karya yang indah untuk mempermanis tampilan rumah Anda. Anda juga tidak perlu repot-repot untuk merawatnya karena bunga ini tidak membutuhkan perawatan dan tidak akan pernah layu.

Cara membuat bunga dari sedotan pun mudah. Selain mudah, Anda bisa mengembangkan banyak sekali jenis bunga dengan hanya berbahan dasar sedotan plastik. Anda bisa membuat bunga anggrek, matahari, sakura, dan masih banyak lainnya. Langsung saja simak di bawah ini.

Cara membuat bunga anggrek dari sedotan beserta gambarnya

Bahan :

  • 1 buah sedotan pink
  • 1 buah sedotan putih
  • 1 buah sedotan kuning
  • Gunting

Cara membuat bunga sedotan plastik :

  1. Gunting sedotan pink menjadi 3 bagian sama panjang
  2. Gunting sedotan putih menjadi 4 bagian sama panjang
  3. Gunting sedotan kuning menjadi 6 bagian sama panjang
  4. Kemudian gunting sedotan kuning sesuai pola di foto
  5. Dan juga sedotan pink dan putih gunting sesuai pola
  6. Serut semua lembaran sedotan
  7. Susun putik (sedotan kuning), kelopak putih, lalu kelopak pink.
  8. Cara membuat bunga anggrek dari sedotan beserta gambarnya

Bahan :

  • 4 buah sedotan kuning
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Lem

Cara membuat bunga sedotan plastik :

  1. Gunting sedotan menjadi 4 bagian sama panjang
  2. Sejajarkan bagian-bagian sedotan
  3. Siapkan benang yang telah diikat pada jarum
  4. Rangkai sedotan dengan benang pada bagian tengah
  5. Kemudian kencangkan hingga berbentuk lingkaran atau bunga.
  6. Simpul mati
  7. Pada setiap ujung sedotan, gunting diagonal
  8. Ulangi langkah 1-7 sebanyak 5 kali
  9. Lalu tumpuk jadi satu
  10. Tambahkan kertas warna coklat pada bagian tengahnya

 

Cara membuat bunga mawar dari sedotan

Bahan :

  • 1 buah sedotan pink
  • 1 buah sedotan putih
  • 1 buah sedotan merah
  • Lem
  • Gunting

Cara membuat bunga sedotan plastik:

  1. Gunting vertikal pada ujung sedotan sepanjang 4 cm, dipotong ke samping secara diagonal.
  2. Pada bagian bawah, gunting kecil.
  3. Bagian atas yang telah dipotong tadi kemudian digulung menjadi tangkai
  4. Kemudian bagian yang tidak tergunting tadi, digulung mengelilingi tangkai. Gulung dengan rapi.
  5. Setelah sedotan habis digulung, jangan lupa memberi lem pada bagian akhirnya.
  6. Ulangi langkah 1-5 hingga Anda bisa membuat sebuah buket bunga dari bunga mawar sedotan.

sahabat juga bisa membaca artikel sebelumnya untuk informasi menarik lainya  mengenai daur ulang plastik

 

Categories
Uncategorized

contoh kerajinan dari plastik

Artikel ini memuat tentang contoh contoh kerajinan dari plastik yang mempunyai nillai jual tinggi dan bisa menjadi inspirasi untuk kreasi di rumah.

Contoh Kerajinan dari Plastik

 

1. Contoh Daur Ulang Sampah CD Bentuk Burung

contoh daur ulang sampah

sekilas tidak akan menyangka bahwasanya karya indah ini adalah berasal dari bahan sederhana yang sering kita jumpai disekitar. benar seklai, dari bahan kaset bekas sahabat bisa meniru karya ini lho. tentunya dengan imajinasi yang kuat barang apapun akan menjadi hal yang luar biasa. sebagai seorang konsumen apa yang anda lakukan dengan karya ini? mencoba membeli? harga tinggi? tepat sekali. produk dengan kualitas tinggi dan proses yang rumit akan menyebabkan harga sebuah karya juga akan tinggi.

2. Contoh Daur Ulang Sampah Motif Gitar dari CD Bekas

contoh daur ulang sampah

Masih pada bahan CD bekas, CD bekas rupanya menyimpan sejuta ide untuk dikaryakan dan hasilnyapun tidak main main. gitar biasa yang tadinya hanya berbentuk motif kayu sekarang berubah menjadi gitar yang terkesa mewah. betapa tidak, gitar inni dihiasi gemerlap warna warni CD bekas yang membuatnya semakin estetik.

3. Contoh Daur Ulang Berupa Pot Gantung

Ide daur ulang sampah plastik yang pertama ini cocok untuk yang memelihara tanaman hias di dalam rumah.

Kamu bisa coba daur ulang botol bekas minuman berukuran 1 liter dan mengubahnya menjadi pot gantung lucu.

Tinggal potong bagian bawah botol, tambahkan tali gantungan, lalu lukis dengan cat warna sesuai keinginan, deh.

Kerajinan dari botol bekas ini sangat mudah ditiru, ‘kan?

Contoh Daur Ulang Sampah Yang sukses

Limbahagia

di artikel sebelumya kita sudah megenal sosok tokoh pengusaha di bidang dau ulang. kita mengnela indra noviansyah seorang lulusan sarjana yang berkecimpung dengan sampah.

Dengan sistim franchise usaha indra berkembang dengan pesat. untuk saat ini usaha tersebut telah memiliki lebih dari 12 karyawan dan semakin berkembang.

CV Majestic Group

Muhammad baedowwy adalah ownernya. perusahaan asal bekasi ini adalah perusahaan yang saat ini telah berkekspansi menjadi sebuah perusahaan yang bergelut dibidang penualan mesin pembaharu sampah. lika liku sebelum menjadi perusahan mesin pembaharu sampah adalah baedowy pernah gagal dalam mengelola sampahnya. hingga akan menjaual pabrik miliknya. sebelum dijual baedowy mencoba mengotak atik mesin yang dia punya lalu munculah ide gila itu untuk membuat mesin pembaharu sampah miliknya. hingga kini baedowy telah maeraup untung hingga ratusan juta.

Pojokplastik.com

Perusahaan pojokplasik.com bergerak pada  bidang penggilingan plastik yang  akan  diolah menjadi berbagai macam produk. perushaan ini menggunakan sistem franchise dalam mengembangkan ushanya sehingga sangat terbuka untuk sahabat  yang ingin bergabung menjadi pebisnis pengolahan sampah plastik. sahabat dapat  bergabung dengan mereka hingga dapat membangun bisnis pengolahan sampah plastik sendiri.  tahapan yang perlu sahabat ikuti dalam membangun perusahaan sampah plastik adalah  Pertama, sahabat perlu niat dan tekad yang kuat karena yang namanya bisnis memang tidak main-main. Kedua, sahabat  perlu modal yang cukup. Modal  ini akan memudahkan sahabat  untuk melakukan kegiatan bisnis dengan lancar. dikarenakan modal untuk mendirikan bisnis ini cukup besar karena sahabat memerlukan mesin pengolah yang sesuai.

Ketiga, sahabat  wajib  mencari pengepul sampah  yang bisa menyediakan sampah padamu. berikanlah pada mereka pembayaran yang layak. kemudian memilih sampah plastik yang bisa digunakan, lalu bersihkan dengan benar terlebih dahulu agar bakteri yang menempel bisa hilang. sahabat juga wajib belajar bagaimana caranya mengolah sampah plastik yang benar.

Keempat,adalah berkerjakeaslah agar menghasilkan terget yang akan kamu capai. bekerja dengan ikhlas dan penuh seangat tentunya.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kerajinan dari Plastik

Halo halo sahabat. Nah sahabat go green bertemu lagi nih dengan admin yang super kece hehehe, gak gak becanda. nah sahabat masih di artikel yang bertemakan tentang pemanfaatan barang bekas ya. Mungkin sahabat sudah bosen ya dengan tema tema seperti ini. Namun disisi lain ini merupakan salah satu media kampanye untuk melindungi bumi kita tercinta ya sahabat

kerajinan dari plastik dan cara membuatnya

Terompet dari Plastik Bekas

 

Bahan :

  • Guting
  • Botol plastik tebal
  • Lakban
  • Balon ukuran besar
  • Kertas hiasan
  • Karet gelang

Cara Membuat Terompet dari Plastik Bekas:

  1. Siapkan botol plastik, potong  bagian tengah menjadi dua
  2. Berikutnya, buat lubang di bagian bawah botol . Besarnya dua kali lipat dari besar lubang penutup botol.
  3. Dibagian mulut botol buka penutupnya bisa memasukkan mulut botol tersebut ke dalam botol yang telah dilubangi sebelumnya sehingga posisi dasar dan juga mulut botol sejajar.
  4. Lubangi pada bagian mulut dan dasar botol ditutupi dengan memakai balon tiup, sampai tidak ada udara yang memungkinkan masuk ke dalam bagian dasar dan juga mulut botol
  5. Ikat kencang mulut botol dan bawah botol yang telah dilubangi tadi dengan memakai karet gelang. Sebab, semakin kencang ikaan, maka akan semakin nyaring pula bunyi yang dihasilkan.
  6. Tutuplah celah yang ada di botol dengan menggunakan lakban.yang telah disiapkan
  7. Terakhir, guntinglah  kertas-kertas hiasan untuk menambah nilai dan kemewahan terompet tersebut

Sapu Ijuk dari Plastik Bekas

 

Bahan:

  •  5 buah botol bekas dengan ukuran yang sama
  • Gunting
  • Tongkat
  • Tali
  • Paku

Cara Membuat Sapu Ijuk Plastik Bekas:

  1.  Potonglah bagian bawah botol , lalu gunting setipis mungkin sampai menyerupai bulu sapu. Dengan cara memotongnya secara vertical, lakukan hal yang sama kepada semua botol yang akan dijadikan bahan sapu ijuk.
  2. Kemudian  sambung botol dengan tongkat menggunakan paku.  paku yang kamu pasang ke botol dan tongkat harus menancap dengan kuat.
  3. Sapu botol sudah siap untuk digunakan

 

Hiasan Lampu Kamar

 

Bahan:

  • Botol bekas
  • Gunting atau cutter
  • Lem
  • Sendok plastik

Cara Membuat Hiasan Lampu Kamar

  1. Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian, potong juga sendok plastik yang telah disediakan.
  2. Kemudian,  tempelkan sendok bekas ke bagian botol dengan menggunakan lem sampais ke seluruh permukaan botol tertutup oleh sendok plastik tadi
  3. Lampu hias dari botol bekas sudah siap kamu gunakan

Bross Jilbab dari Sampah Plastik

 

Bahan:

  • Beberapa botol plastik bekas
  • Gunting
  • Cat
  • Tali

Cara Membuat Bross Jilbab dari Sampah Plastik:

  1. Siapkan botol plastik bekas berwarna bening lalu gunting bagian bawah botol.
  2. Kemudian, bentuk menjadi berpola bunga. Lubangi di bagian pinggirnya untuk mengikatkan tali.
  3. Warnai bentuk menggunakan cat dengan warna  sesuai selera.

Kursi dari Botol Bekas

 

Bahan:

  •  Botol bekas
  • 2 buah triplek berbentuk bulat
  • Isolasi atau lakban
  • Dakron atau dilikon gulung
  • Jarum dan benang jahit
  • Benang wol dan jarum
  • Plastik besar

Cara membuat kursi dari botol bekas:

  1. Susun beberapa botol untuk isi kursi, satukan dengan isolasi agar tidak berubah bentuk.
  2. Pasanglah triplek di bagian atas dan bawah botol, lalu rapatkan dengan menggunakan isolasi.
  3. Lapisi dengan dakron dan gulung pada sisi atas, samping dan bawah.
  4. Lalu, jahitlah dakron agar posisinya tidak bergeser.
  5. Siapkan kain untuk bagian lapisan luas, lalu jahit sesuai ukuran kursi.
  6. Lapisi dengan benang wol untuk mempercantik tampilan sofa, tapi benang wolnya harus dirajut dulu sahabat

Sahabat juga bisa baca artikel sebelumya untuk informasi yang menarik lainya  mengenai cara mendaur ulang sampah plastik 

 

Categories
Uncategorized

Vas dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Inspirasi

Halo halo sahabat go green, masih dalam suasana pemanfaattan barang bekas ya. Nah untuk saat ini kita akan memanfaatkan barang bekas berupa botol plastik yang bisa dijadikan bahan untuk membuat vas bunga dari barang bekas. Sahabat, tahukah kalian kalo sampah plastik yang paling banyak menyumbang dari kategori botol plastik?

Nah botol plastik merupakan jenis plastik yang  paling banyak digunakan oleh manusia nih sahabat. Sebut saja minuman soda terkenal seperti coca cola, sprit, fanta hingga air mineral pun dikemas dengan botol plastik kan sahabat?

Jadi tak heran kalo sahabat menjumpai botol plastik berserakan di pembuangan sampah. Nah saat ini mimin mau ngajak sahabat untuk lebih peduli alam dengan pemanfaatan botol plastik untuk dijadikan vas bunga. penasaran? yuk segara disimak artikelnya

Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Plastik Bekas

1. Persiapan

Sebelum mulai membuat vas bunga dari botol plastik bekas ada beberapa bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan.

Berikut daftarnya:

  • Botol plastik bekas 600 ml
  • Spons
  • Spons glitter
  • Renda
  • Gunting
  • Lem Tembak
  • Jarum

2. Gunting Botol

 

Pertama-tama, siapkan botol plastik yang ingin dijadikan vas. Mulailah dengan melepas plastik labelnya.

Gunting botol plastik di bagian tengah atau 11 cm diukur dari bagian bawah.

Bagian yang dibutuhkan hanya bagian bawah botol saja.

3. Gunting Spons

 

Siapkan spons sesuai dengan warna yang kamu inginkan, lalu gunting spons tersebut dengan ukuran 21 x 11,5 cm atau setidaknya bisa menutupi bagian botol plastik yang telah digunting.

4. Lapisi Botol dengan Spons

 

Kalau spons sudah siap, sekarang kamu bisa melapisi potongan botol dengan spons tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup tutup bagian sisi luar botolnya menggunakan spons dan rekatkan menggunakan lem tembak.

5. Tutup Bagian Bawah Botol

 

Selanjutnya gunting spons lagi berukuran persegi ‒ ukurannya disesuaikan dengan lebar bagian bawah botol.

Beri lem tembak pada bagian bawah botol serta spons yang telah melapisi dan rekatkan spons yang telah digunting.

Lalu gunting spons melingkar sesuai dengan bentuk botol.

6. Buat Pola Hiasan

Pola hiasannya dibuat dari spons polos dan spons glitter.

Buatlah pola melingkar dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Spons polos berdiameter 6 cm
  • Spons glitter berdiameter 3,5 cm

Tempelkan pola spons glitter pada pola spons polos menggunakan lem tembak.

Beri lem tembak pada satu sisi, l alu tekuk menyerupai kelopak bunga.

Buat pola hiasan ini sebanyak 16 pcs.

7. Tempelkan Hiasan

Setelah pola hiasan siap, kamu bisa mulai menempelkannya pada sisi botol.

Tempelkan hiasan tersebut menggunakan lem tembak; ikuti bentuk pola seperti pada gambar.

8. Buat Mulut Vas

Agar vas ini lebih terkesan seperti vas bunga pada umumnya, buatlah mulut vas dengan menggunakan spons.

Siapkan spons berbentuk setengah lingkaran dengan ukuran 10,5 cm.

Tekuk spons tersebut hingga membentuk sebuah kerucut dan rekatkan menggunakan lem tembak.

9. Ukur Mulut Vas

Setelah siap, masukkan kerucut tersebut melalui mulut botol dan gunakan jarum untuk mengukur panjang mulut vasnya.

Goreskan bagian tajam jarum pada sisi luar kerucut yang berhimpitan dengan mulut botol.

10. Gunting Mulut Vas

Kalau sudah diukur, gunting kerucut tersebut sesuai dengan garis yang dibuat menggunakan jarum.

11. Tempelkan Mulut Vas

Beri lem tembak pada bagian mulut botol plastik dan tempelkan mulut vas yang tadi telah dibuat.

12. Hias Vas

Buatlah hiasan dari spons glitter dengan ukuran 0,5 cm sebanyak 3 pcs.

Tempelkan hiasan tersebut melingkar pada mulut vas, leher vas, dan bagian bawah vas.

13. Tempelkan Renda

Agar vas bunga tersebut tampak lebih menarik, tempelkan renda pada sisi luar mulut vas.

sahabat bisa juga baca cara membuat kerajinan dari plastik

untuk informasi menarik lainya