Categories
Uncategorized

Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Kesempatan kali ini aku akan membahas tentang cara menggunakan cocopeat sebagai media tanam.

Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan cocopeat sebagai media tanam, apa itu cocopeat ?

Cocopeat adalah serbuk sabut kelapa dari hasil pengolahan yang diolah menggunakan mesin penggolah sabut kelapa.Cocopeat sering digunakan sebagai bahan campuran tanah ataupun pupuk oleh para petani.

Selain media tanah yang sering kita gunakan untuk menanam tumbuhan.Ternyata ada media lainyan yang dapat menyuburkan tanaman dengan kekayaan ungsur haranya yaitu cocopeat.

Nah cocopeat ini selaian bentuknya yang mirip dengan media tanah cocopeat juga memiliki manfaat cocopeat untuk tanaman kaya akan ungsur hara berupa kalium yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan tanaman yang kiata tanam.

Cara Pembuatan Cocopeat

Tahapan cocopeat sebagai media tanam:

Langkah pertama yang harus anda lakukan itu merendam sabut kelapanya selama 6 bulan untuk bisa menghilangkan senyawa-senyawa kimia seperti zat tanin yang bisa merugikan bagi tanaman.

Setelah proses perendaman selesai, anda lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu pengeringan. Sabut kelapa tadi anda keringkan, kemudian anda masukkan ke dalam mesin pengurai sabut kelapa untuk media tanam, biar bisa memisahkan serat dan jaringan empulurnya.

Hasil pemisahan tadi kemudian anda cetak dengan membentuk kotak yang disebut dengan cocopeat itu tadi.Media anda cetak dengan tingkat kerapatan rongga kapiler yang agak berongga, jadi anda bisa menyimpan oksigen sampai 50%.

Jadi, ya kurang lebih proses penggunaan cocopeat sebagai media tanam dasarnya seperti itu teman-teman. Memang kelihatannya gak gampang bukan, tapi kalau anda sudah tau dasar-dasarnya nanti pasti jadi terasa sangat lebih mudah.

Nah keunggulan dari cocopeat sebagai media tanam itu bisa menyimpan air yang mengandung unsur hara, karena sifat cocopeat yang senang menampung air dalam pori-pori ini bisa jadi menguntungkan anda karena akan menyimpan pupuk cair.

Jadi frekuensi pemupukan bisa anda kurangi, di dalam cocopeat juga terkandung unsur hara dari alam yang sangat dibutuhkan oleh tanaman anda, daya serap airnya tinggi, bisa menyuburkan tanah dengan pH netral, dan juga busa menunjang pertumbuhan akar dengan cepat jadi baik untuk pembibitan tumbuhan anda.

Berbagai Variasi Bentuk Cocopeat

Limbah serbuk sabut kelapa yang berasal dari buah kelapa kemudian dapat anda masuk dalam proses pencucian sabut kelapa, pemanasan, penyaringan lalu anda periksa teliti sebelum diproses menjadi cocopeat.

Cocopeat yang dihasilkan akan anda dibagi ke dalam berbagai tingkat butiran dan kepadatan kemudian masuk dalam tahap pengemasan.

Cocopeat umumnya akan anda kemas ke dalam bentuk kemasan berbentuk serbuk curah atau dalam kemasan kompres (mampat dan padat) berbentuk balok (briket), lempengan papan, dan lempengan cakram.

Penggunaan cocopeat sebagai media tanam anda biasa dengan cara menambahkan air untuk menguraikan, mengembangkan, dan menganginkannya.

Cocopeat seberat 1 kg mampu anda urai menjadi 15 liter cocopeat basah. Struktur cocopeat yang anda kemas ke dalam bentuk kompres tersebut mampu membuat cocopeat terurai dalam jangka waktu 10 tahun pemakaian. Hal ini sangat menguntungkan bagi anda karena pemanfaatan dari cocopeat dapat berlangsung lebih lama.

Tren Penggunaan Cocopeat

Selain sebagai media tanam sabut kelapa, cocopeat memiliki manfaat yang lain, salah satunya sebagai pengganti sabut kelapa yang berkualitas lebih baik karena bebas bakteri dan sebagian besar spora fungi.

Cocopeat adalah bahan yang ramah lingkungan. Pada budidaya jamur, cocopeat sangat cocok untuk anda gunakan sebagai substrat. Substrat cocopeat menyediakan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan jamur karena cocopeat mengandung selulosa dan lignin yang tinggi.

Cocopeat merupakan bahan absorben yang baik. Cocopeat kering dapat menyerap minyak pada lantai yang sangat licin.sabut kelapa ini juga dapat untuk anda gunakan sebagai alas tidur hewan ternak dan hewan peliharaan karena dapat menyerap kotoran hewan dengan baik. Cocopeat dapat anda gunakan ulang (re-used) hingga 3 kali pemakaian.

Sekian pembahasan cara menggunakan cocopeat sebagai media tanam yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Categories
Uncategorized

Berbagai Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Kali ini aku disini akan menjelaskan artikel tentang berbagai cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa.

Berbagai Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

ada beberapa jenis dari bunga anggrek yang cocok dengan media tanah maupun media sabut kelapa.Disini kita akan mempelajari bagaimana sih cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa?

Tentu mudah ya teman-teman ! dengan cara yang baik dan benar akan membuat hasil dari pertumbuhan bunga anggrek kita semakin cantik dan menawan di mata.

Nah,bunga anggrek ini sangat populer di wilayah indonesia karena memiliki beragam keindahan yang tentu saja menarik perhatian para pengemar bunga untuk menanam bunga ini di rumah.

Berbagai Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Persiapan Bibit Tanaman

Pertama, kita harus menyiapkan bibit yang akan kita tanam. Siapkan bibit sebaik mungkin ya karena ini akan menentukan gimana bung aanggrek kita nanti.

Pembibitan bisa dilakukan dengan pembibitan vegetatif maupun generatif. Seperti apa sih?

Pembibitan Vegetatif

Yakni kita akan memisahkan atau memecah bibit dari indukannya. Nggak sembarangan, tunas yang akan dipisah dan ditanam sebagai tanaman baru ini harus memiliki akar yang kuat dan banyak untuk kemudian dipindah ke pot yang lain.

Pembibitan Generatif

Yakni dengan penyemaian biji anggrek. sayang sekali, cara menanam anggrek secara generatif ini cenderung memakan waktu yang lama dengan tngkat kesulitan tinggi.

Kondisi habitat sperti suhu dan kelembaban juga harus disiapkan sedemikian rupa dan nggak disarankan bagi mereka yang masih pemula.

Persiapan Media Tanaman

Media tanam sabut kelapa untuk anggrek terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang yang udah difermentasi, arang hitam, serabut kelapa, kulit kelapa dan pecahan batu bata atau genting rumah ya teman.

Nggak boleh sembarang kita untuk mencampurnya ya, tapi diletakkan dengan urutan tertentu dari bawah ke atas sebagai berikut:

  • Pecahan batu bata
  •  Kulit kelapa
  •  Serabut kelapa yang sudah diolah dengan mesin pengolah sabut kelapa
  • Tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang

Kenapa sih kok beda-beda gini? Karena anggrek sebanrnya adalah tanaman epifit atau menumpang pada tumbuhan lain. Komposisi media tanam tersebut setidaknya dalam perbandingan yang seimbang ya.

Menanam dan Memindahkan Bibit ke Pot

bibit tanaman anggrek bisa kita pindahkan ketika berumur tiga bulan. Mengapa demiakan? Karena di saat itu, tanama udah memiliki akar yang lebat dan kuat sehingga penyerapan air udah bisa berjalan dengan optimal.

Cara menanam anggrek ke dalam pot ini juga harus kita perhatikan waktunya ya, yakni sebelumjam 8 pagi saat matahari belum terik. Ini bertujuan biar tanaman nggak gampang layu. Selanjutnya, kita tanaman disiram dengan air secukupnya biar kelembaban terjaga.

Perawatan Anggrek

Dalam cara menanam anggrek,kita penting banget untuk tahu kalau anggrek ini suka banget sama kondisi yang lembab. Tapi, jangan langsung kita siram pada bunga ya karena bisa merusak kuncup.

Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan biar anggrek kita tumbuh dengan subur dan maksimal, antara lain;

Kita harus letakkan pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari secara alami, tapi jangan langsung terkena pancaran secara langsung ya!

Bila ingin cara menanam anggrek di dalam ruangan, jangan lupa berikan cahaya lampu buatan. Tujuannya biar bunga anggrek nggak layu dan tetap mekar

Tanaman anggrek adalah tanaman tropis yang butuh kelembaban tinggi. Tapi tetap jaga agar media tanam nggak terlalu basah dan nggak terlalu kering.

Menyiran tanaman anggrek nggak boleh dilakukan dengan mengrojok, tapi dengan sprating atau disemprot. Semprot bagian batang, daun dan bunga pada pagi atau sora hari.

Kita perlu merikan pupuk setelah disiram. Pupuk yang cocok adalah pupuk yang khusus untuk tanaman tropis, lakukan selama tiga hari sekali. Untuk anggrek vegetatif, beri pupuk NPK dengan perbandingan 3:1:1

Untuk menghindarkan anggrek dari serangan hama dan penyakit, semprotkan cairan fungsida dan bakterisida. Fungi dan bakteri biasanya menyerang d musim penghujan, membuat tumbuhan rentan disatroni jamur.

Sekian pembahasan kita tentang berbagai cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa semoga bermanfaat!

Categories
Uncategorized

Kegunaan Daun Pohon Kelapa

Berikut saya akan membahas tentang artikel kegunaan daun pohon kelapa

kegunaan daun pohon kelapa

Kegunaan Daun Pohon Kelapa

Asal usul pohon kelapa merupakan istilah ilmiah yang sering disebut dengan Cocos Nucifera, merupakan anggota tunggal dari marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tanaman kelapa ini diperkirakan berasal dari Amerika Selatan.

Tanaman kelapa telah dilestarikan sejak tahun Lembah Andes di Kolumbia, Amerika Selatan sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Selain itu banyak pendapat yang menyatakan bahwa tanaman pohon kelapa berasal dari negara Asia Selatan Malaysia atau dari Pasifik Barat ( tanaman tropis).

Perlu kita ketahui bahwa cara penyebar luasan tanaman kelapa ini bisa melalui aliran sungai atau lautan, atau dibawa oleh para awak kapal yang sedang berlabuh dari pantai yang satu ke pantai lainnya.

Kelapa memiliki kekayaan yang bisa diambil banyak khasiatnya oleh masyarakat dunia, mulai dari akar, batang, daun, dan buah kelapa, semua memiliki manfaatnya masing-masing.

Tentu kita memerlukan mesin pengolah sabut kelapa untuk menjadiakn pohon kelapa nilai devisa .Buah kelapa sering kita percaya dari dulu sebagai buah yang memiliki khasiat banyak mengobati penyakit.

Sering kita menganggap bahwa daun kelapa hanya dijadikan bahan bakar untuk memasak dirumah padahal daun kelapa ini sangat bermanfaat sebagai bentuk kerajinan dan adat daerah di jawa tengah.

Nah kesempatan pada kali ini akan aku bahas beberapa tentang kegunaan dari daun kelapa.Tentu saja daun kelapa ini sering kita lihat di beberapa tempat contoh pinggir jalan pedesaan ataupun di tepi pantai bukan?

Kegunaan Pohon Kelapa Untuk Kerajinan

  • Sebagai hiasan atap mobil saat karnaval

Kita tentu sering menjumpai kerajinan ini disaat karnaval .Nah kerajinan ini disebut sebagai hiasan atap dari mobil yang dirias mengunakan daun kelapa yang di anyam dan dijadikan sebagai atap dari mobil pikap.

  • Untuk bahan pembuatan keranjang dari daun kelapa

Selain untuk atap daun kelap juga dapat dibentuk untuk bahan kerajinan dari keranjang daun kelapa.kerajinan ini akan sering kita jumpai di saat acara pernikahan sebagai tempat buah atau lainya.

  • Untuk tanda pernikahan

Saat ada acara pernikahan tentu kita melihat para warnag menganyam janur kuning dari daun kelapa yang masih hijau muda untuk mereka pasang di tepi jalan atau jalan masuk tempat pesinggahan untuk acara pernikahan.

hal tersebut agar rombongan dari keluarga pengantin mengetahui tempat pengantin wanita tinggal.selain itu janur kuning juga dipercaya oleh masyarakat jawa tengah memiliki makna tertentu.

  • Sebagai hiasan dekorasi pernikahan

Nah sering kita lihat di acara pernikahan sebagai dekorasi penganti yang didekorasi dengan daun kelapa beserta bunga yang cantik .Dekorasi yang dibuat dari daun kelapa ini sangat menambah hidup suasana di acara pernikahan.

  • Daun kelapa sebagai ketupat

Daun kelapa juga sering digunakan olaeh masyarakat sebagai ketupat yang sering kita jumpai pada saat hari raya idul fitri,karena ketupat ini memang kas dari makanan idulfitri di daerah indonesia.Ketupat ini sring disajikan dengan bumbu kacang,toge,tahu dan sayuran lainya.

Itulah sedikit dari penjelasan dari apa sih kegunaan dari daun kelapa.

Peluang Keuntungan

Peluang dari kegunaan pohon kelapa tentu cukup menguntungkan karena memiliki daya guna sebagai bentuk kerajinan di atas.

Nah disini tentu kita akan berfikir 2kali lagi untuk menggunaakan daun kelapa sebagai bahan bakar masak kita,karena daun kelapa ini memiliki nilai ekonomis yang terbilang lumayan untuk kebutuhan kita sehari hari.

sekian pembahasan dari kegunaan daun pohon kelapa semoga bermanfaat.

Categories
Uncategorized

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Petani

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul manfaat sabut kelapa untuk petani

manfaat sabut kelapa untuk petani

Manfaat Sabut Kelap Untuk Petani

Sabut kelapa untuk tanaman yaitu kulit dari buah kelapa yang sudah dikupas menggunakan mesin pengolah sabut kelapa atau dikupas dengan cara yang tradisional.

Sabut kelapa dikalangan masyarakat sering dimanfaatkan sebagai media kerajinan, media pengganti tanah dan banyak lainya. Nah pemanfaatan yang akan kita bahasa kali ini bersangkutan dengan sabut kelapa yang diolah menjadi sebuah bahan yang brguna untuk lahan para petani.

Bahan tersebut tentu akan mengarah ke pupuk organik dari pengolahan sabut kelapa.Disini para petani memanfaatkan sabut kelapa untuk dijadikan sebuah pupuk organik untuk menyuburkan tanaman mereka.

Manfaat Pupuk Organik Sabut Kelapa Untuk Petani

1. Dapat memperkuat batang dan akar tanaman
2. Menambah berat atau isi buah dan biji tanaman
3. Membuat warna buah atau biji tanaman
4. Menambah aroma dari harum pada buah
5. Buah menjadi lebih manis dan segar

ALAT DAN BAHAN

  • Wadah
  • Parang/golok
  • Sabut kelapa 1 kg (kering)
  • Gula merah 100 gram / tetes tebu
  • EM4 100 ml/MA 11 50 ml
  • Air 10 liter

CARA PEMBUATAN

Kita cincang atau potong-potong sabut kelapa hingga menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian kita masukkan kedalam wadah.
Larutkan air, tetes tebu dan EM4 atau MA11. Campur hingga rata.

Lalu kita masukkan kedalam jerigen berisi potongan sabut kepala.
Jerigen ditutup rapat. Buka tutup jerigen setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul.Kemudian kita
Simpan di tempat yang teduh.

Biarkan semua bahan selama 2 minggu
Setelah jadi, saring larutan tadi dengan penyaring
Larutan POC siap digunakan

Itulah cara dari pembuatan pupuk organik cair untuk tanaman para petani.Selain dijadikan pupuk cair para petani juga menjadikan sabut kelapa menjadi cocopeat sebagai media tanaman mereka atau campuran tanah agar tumbuhan bisa tumbuh dengan subur.

Bahan dan Alat yang diperlukan untuk membuat cocopeat

Cara Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa

Pertama,kita jemur terlebih dahulu dibawah terik matahari, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kadar air hingga prosentase kadar air 15% atau bisa kita jemur selama satu hari.

Untuk mengetahui kadar air dari serbuk sabut kelapa ada cara yang manual yaitu dengan kita menimbang berat serbuk sabut kelapa, pertama yang harus kita siapkan yaitu wadah kemudian lakukan penimbangan.

Apabila bobot dari cocopeat 1 kg, maka itu pertanda bahwa serbuk sabut kelapa masih dalam kadar air di dalamnya masih diatas 15 %. maka kita harus melakukan penjemuran hingga bobot serbuk sabut kelapa dibawah 1 kg.

Jika kadar air yang sudah sesuai dengan target yang kita inginkan, cara membuat cocopeat selanjutnya yaitu serbuk sabut kelapa kita diayak. Serbuk sabut kelapa yang merupakan hasil dari pengayakan kita sebut dengan nama dust. Sisa dari serbuk sabut kelapa yang telah kita ayak tadi kemudian dipisahkan.

Serbuk sabut kelapa yang kasar biasanya kita pakai untuk bahan bakar untuk proses pembakaran batu bata. Sedangkan serbuk yang sudah halus atau dust inilah yang akan kita gunakan sebagai media tanam cocopeat.

Untuk pembuatan cocopeat dalam bentuk balok, dust dipadatkan menggunakan alat pengepress. Jika kita ingin menjual cocopeat kita bisa untuk mengemasnya dalam bentuk plastik agar tampilan menjadi rapih dan menarik.

Untuk menjadikan cocopeat serbuk sabut kelapa sebagai pengganti media tanam berupa tanah, tambahkan air secukupnya pada cocopeat untuk mengembangkan, menguraikan serta menganginkannya. Pada dasarnya cocopeat sebagai media tanam sendiri terbagi beberapa jenis dan sesuai dengan teksturnya.

Itulah tadi beberapa tahapan cara membuat cocopeat, mulai dari tahap penjemuran serbuk sabut kelapa untuk mengurangi kadar air, cara mengukur kadar air agar sesuai dengan target yang di inginkan hingga pengemasan cocopeat agar bisa dijual

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Petani Yang Mengandung Kalium

Sabut kelapa sangat baik untuk kita gunakan sebagai pupuk sumber kalium alami. Selain sebagai sumber kalium (K) alami, sabut kelapa juga memiliki kandungan unsur hara lainnya yang bermanfaat bagi tanaman.

Kandungan hara tersebut antara lain kalium (K), phosphor (P), Calsium (Ca), Magnesium (Mg), Natrium dan beberapa mineral lainnya. Unsur kalium (K) pada sabut kelapa lebih dominan, karena itu POC Sabut Kelapa merupakan pupuk sumber hara kalium (K).

Sekian pembahasan dari saya.semoga bermanfaat

 

 

 

Categories
Uncategorized

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Pada kesempatan kali ini akan aku bahas tentang cara menanam anggrek di sabut kelapa.

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Adakah diantara kalian ada yang mengetahuai bagaimana sih cara menanam anggrek di sabut kelapa yang baik dan benar?

Ternyata cara menanam anggrek dengan sabut kelapa itu dibilang mudah loh temen temen.Nah penanaman anggrek di sabut kelapa ini melalui berbagai tahapan yang harus kita lakukan.

Pemilihan bibit bunga anggrek

Yang kita maksut bibit ini adalah tanaman anggrek yang baru sekali berbunga. Tentunya harganya akan lebih mahal. Paling mahal diantara jenis bibit bunga anggrek lainnya. Kelebihanya sudah dapat kita ketahui corak bunga dan kualitas pertumbuhannya.

Bagi hobiis yang masuk golongan penyuka bunga anggrek sangat pas memilih bibit ini sebagai tanaman. Kita tinggal menikmati bunganya, Kita bisa juga menjadi pilihan pengusaha rental tanaman hias.

Pemilihan jenis tanaman anggrek dan corak bunga bisa akan disesuaikan dengan pemesan, dan penempatanya. Bisa kita akan menjadi pilihan juga bagi pembeli yang akan memberi bingkisan/parsel bunga, untuk koleganya.

Agar kita tidak kecewa ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan bibit ini. Karena biasanya akan ada pedagang yang mencampur antara bibit yang muda dan yang sudah tua.

Pertama kita pilih yang memang tanaman anggrek tersebut baru pertama berbunga. Dari golongan monopodial seperti vanda dan phalaenopsis, kita pilih tanaman yang belum berbatang.

Dari golongan sympodial seperti dendrobium, oncidium dan catleya, kita pilih tanaman yang masih berumpun 3 – 4 batang dan semua batangnya masih berdaun segar. Kedua yang pasti adalah tanaman kita seragam, segar, sehat, tidak ada hama, batang kokoh dan bunganya cerah.

Tinggal pilih bibit yang mana yang akan kita perlukan. Sesuaikan dengan tujuan kita menanam dan tentunya sesuaikan juga dengan dana kita. Kadang tingkat kepuasan menjadi alasan penanaman anggrek.

Tidak peduli keberadaannya, tetap ia buru, tidak peduli dengan waktu yang lama untuk sekedar melihat bunganya, tetap sabar ia tunggu. Danapun tidak menjadi perhitungan. Yang terpenting kepuasan dan kepuasan. Untuk dapat merawat, memelihara sampai melihat bunga yang mempesona.

Cara Menanam Anggrek Di Sabut Kelapa

Pertama tama tentu untuk kita harus menyiapkan buah kelapa yang sudah tua. Kemudian kita ambil buah kelapa dan sisakan bagian kulit kelapa dengan mesin pengolah sabut kelapa yang akan kita jadikan tempat penanaman anggrek.

Setelah itu kita dapat untuk merendam kulit kelapa untuk bebrapa hari agar kandungan zat yang membuat tanaman anggrek menjadi layu ataupun mati.

Setelah mengalami perendaman sabut kelapa kita cuci terlebih dahulu.Setelah pencucian kita dapat untuk menjemur sabut kelapa paling tidak 75 persen kekeringanya.

setelah 75 persen kita harus menambahkan cairan untuk mempersubur tanaman anggrek kita.Setelah itu tanaman anggrek kita taruh di sabut kelapa tersebut kemudian kita tambah dengan pupuk cocopet .

setelah itu kita gantungkan anggrek yang sudah kita tanam di sabut kelapa tadi di depan rumah ataupun dalam rumah.

Cara Perawatan Anggrek Di Sabut Kelapa

Dalam cara menanam anggrek, penting banget untuk aku kasih tahu kalau anggrek ini suka banget sama kondisi yang lembab. Tapi, jangan langsung kita siram pada bunga ya karena bisa merusak kuncup bunga tersebut.

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan biar anggrek kita dapat tumbuh dengan subur dan maksimal, antara lain;

Letakkan pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari secara teduh, tapi jangan langsung terkena pancaran secara langsung ya teman-teman!

Sebut saja cara menanam anggrek di dalam ruangan, jangan lupa untuk kita berikan cahaya lampu buatan. Tujuannya biar bunga anggrek kita nggak layu dan tetap mekar

Tanaman anggrek yaitu tanaman tropis yang butuh kelembaban tinggi. Tapi tetap kita jaga agar media tanam nggak terlalu basah dan nggak terlalu kering.

Kita menyiran tanaman anggrek nggak boleh dilakukan dengan mengguyur, tapi dengan sprating atau disemprot. Semprot bagian batang, daun dan bunga pada pagi atau sora hari.

Perlu kita berikan pupuk setelah disiram. Pupuk yang cocok yaitu pupuk yang khusus untuk tanaman tropis,kita lakukan selama tiga hari sekali.agar anggrek vegetatif, beri pupuk NPK dengan perbandingan 3:1:1

Untuk menghindarkan anggrek kita dari serangan hama dan penyakit, semprotkan cairan fungsida dan bakterisida. Fungi dan bakteri biasanya menyerang di musim penghujan, membuat tumbuhan rentan disatroni jamur dan bakteri.

Sekian pembahasan saya tentang cara menanam anggrek di sabut kelapa.semoga bermanfaat!