Categories
Uncategorized

Cara Membuat Sempolan Tanpa Ayam

Hello teman – teman di artikel ini aku bakalan ngasih kalian info cara membuat sempolan tanpa ayam, kalian udah tau belum kalo sempolan itu bisa dibuat tanpa ayam lo, jadi ngga harus modal mahal mahal cuma buat sempolan dirumah kalian penasaran ngga nih? yuk disimak artikel di bawah ini.

1. Cara Membuat Sempolan Tanpa Ayam

Sempolan Ayam

Bahan bahan 

  • 10 sdm tepung sagu/tapioka
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 bks penyedap rasa
  • 3 butir telor

Cara Membuat Sempolan Tanpa Ayam

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Campurkan tepung terigu, tepung sagu dalam satu wadah, tambahkan juga penyedap rasa aduk – aduk sampai rata.
  3. Tambahkan air sampai adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk
  4. Bentuk adonan sambil di tusuk menggunakan tusuk sate
  5. Siapkan air rebus sampai mendidih, setelah mendidih masukkan sempolan yang sudah ditusuk tadi dan diamkan sampai mengapung.
  6. Kocok telur tambahkan juga penyedap rasa, kemudian sisihkan
  7. Lumuri kocokan tersebut pada sempolan tadi, aduk – aduk sampai terlumuri smapai rata.
  8. Sempolan ini bisa langsung digoreng bisa juga di simpan di lemari pendingin namun sebelumnya gunakan alat vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara alat ini bisa membuat sempolan tersimpan dengan baik dan tahan lama.
  9. Jika ingin digoreng, siapkan minyak panas dan api sedang, goreng sempolan sampai berwarna kuning keemasan
  10. Setelah itu angkat dan tiriskan

2. Cara Membuat Sempolan Tahu

Resep Sempolan Tahu - Ide Bisnis Murah Meriah - YouTube

Bahan – bahan 

  • 5 buah tahu putih (me : 4 buah)
  • 10 sdm tepung tapioka
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdm udang rebon, rendam air panas, tiriskan
  • 1 buah wortel, serut
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 batang seledri, rajang
  • 1/2 butir telur kocok (sisanya untuk balutan saat menggoreng)
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Sejumput garam

Cara Membuat Sempolan Tahu

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan tahu jangan terlalu lembut
  3. Campurkan bahan bahan sempol dan aduk aduk sampai semua rata.
  4. Siapkan air dan rebus sampai mendidih
  5. Bentuk adonan sempol setelah semua terbentuk masukan sempolan ke dalam air mendidih dan biarkan sampai mengapung
  6. Jika sudah mengapung biarkan dulu sampai dingin, setelah dingin bisa ditusuk menggunakan tusuk sate
  7. Kocok telur beri sedikit garam kemudian sisihkan
  8. Siapkan minyak panas dengan api sedang, masukkan sempolan namun sebelumnya lumuri, dahulu sempolan ke dalam kocokkan telur sampai merata setelah itu goreng sampai berwarna cokelat keemasan.
  9. Jika sudah angkat dan lalu tiriskan

3. Cara Membuat Sempolan Jamur Tiram

Bahan bahan

  • 250 gram Jamur Tiram
  • 200 gr Tepung Terigu
  • 75 gram Tepung Tapioka
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 buah Telor
  • 4 siung Bawang Putih
  • 1 sdt Merica Bubuk
  • 2 sdm Saos Tiram
  • 1 sdt Kaldu Jamur / kaldu bubuk
  • Garam secukupnya
  • Air panas

Cara Membuat Sempolan Jamur Tiram

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan jamur tiram dan rebus kurang lebih 15 menit, kemudian angkat dan potong
  3. Haluskan jamur tiram menggunakan blender, haluskan juga bawang putih beri garam secukupnya
  4. Kocok telur dan sisihkan
  5. Siapkan wadah dan masukkan tepung tapioka, tepung terigu, irisan daun bawang, lada bubuk, saos tiram, kaldu jamur
  6. Lalu masukkan jamur yang sudah dihaluskan tambahkan bawang putih yag sudah dihaluskan dan setengah kocokkan telur
  7. Aduk hingga adonan kalis, tambahkan air secukupnya sampai adonan bisa dibentuk
  8. Siapkn air dan rebus
  9. Bentuk adonan sempol sambil dimasukkan ke dalam rebusan air, setelah itu biarkan sampai mengapung
  10. Kocok telur lagi beri garam atau kaldu bubuk secukupnya
  11. Siapkan minyak panas dengan api sedang
  12. Goreng sempolan namun sebelumnya lumuri terlebih dahulu dengan kocokkan telur jika sudah bisa langsung digoreng dan biarkan sampai berwarna cokelat keemasan
  13. Jika sudah angkat dan tiriskan
    Gimana nih teman teman kalian udah baca kan resep cara membuat sempolan tanpa ayam? menarik bukan? kalian juga bisa menambah wawasan kalian dengan membaca artikel cara membuat sempol dan artikel cara membuat sempol ayam untuk dijual karena diartikel ini bakalan ada info info menarik jangan lupa dibaca ya teman teman.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Otak otak Udang Kelapa

Hello teman teman, kesempatan kali ini aku bakalan ngasih tau kalian resep otak otak udang kelapa, mungkin emang masih asing ya otak otak udang kelapa? sebenarnya otak otak dengan bahan dasar kelapa ini justru memiliki banyak manfaat loh teman teman yuk simak infonya dibawah

Manfaat Otak otak Udang Kelapa

  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Memelihara fungsi otak
  • Menangkal radikal bebas
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Resep Otak otak Udang Kelapa

Tips Memilih Kelapa Yang Baik

9 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Aturan Konsumsinya

  • Dilihat dari warna kulit kelapannya

Warna kulit kelapa tergantung dimana kelapa ditanam semisal pada daerah pegunungan maka akan berwarna hijau muda, dan jika di daerah pantai maka akan berwarna kekuningan

  • Dilihat dari serat kelapannya

Warna serat kelapa yang baik usahakan memiliki serat coklat di bagian luarnya.

  • Dilihat dari ujung batok kelapannya

Kelapa yang baik biasanya memiliki diameter lingkaran yang tidak terlalu lebar.

  • Dilihat dari kandungan air kelapannya

Kelapa yang masih muda tentu memiliki kandungan air yang banyak, sehingga banyak dan tidaknya air tersebut dapat diperkirakan melalui suara yang dihasilkan melalui guncangan.

  • Dilihat dari daging buah kelapannya

Cara melihatnya dengan menepuk nepuk buah kelapa. Bila kelapa terasa membal dan bergetar, tandanya daging kelapa masih tipis dan berlendir. Sebaliknya, kelapa yang tidak terlalu membal dan getarannya kurang terasa menandakan bahwa usianya sudah tua dan dagingnya sudah keras.

Resep Otak otak Udang Kelapa

Otak-Otak Udang - YouTube

Bahan bahan

  • 1/2 Udang ukuran sedang
  • Kelapa parut
  • 3 siung bawang putih
  • Garam/ penyedap rasa
  • Merica bubuk
  • Gula pasir

Cara Membuat Otak otak Udang Kelapa

  1. Siapkan semua bahan bahan
  2. Bersihkan udang pisahkan dari kepala, kulit dan kotorannya
  3. Haluskan udang bersamaan dengan memasukkan bumbu halus
  4. Setelah cukup halus, tambahkan kelapa yang sudah diparut aduk – aduk dan pastikan tercampur sempurna.
  5. Bentuk adonan tersebut sesuai selera
  6. Jika sudah terbentuk semuanya siapkan air dan rebus sampai mendidih
  7. Jika sudah mendidih masukan otak – otak udang kelapa sampai mengapung jika sudah mengapung bisa langsung di tiriskan dan biarkan sampai dingin.
  8. Otak otak ini bisa langsung digoreng atau bisa juga di simpan terlebih dahulu pada lemari pendingin, jika akan disimpan di lemari pendingin gunakan mesin vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara alat ini akan membuat otak otak tersimpan dengan baik dan tahan lama.
  9. Namun jika akan digoreng, siapkan minyak panas dengan api sedang dan goreng otak -otak sampai matang
  10. Jika sudah angkat dan sajika
  11. Lebih enak jika dinikmati menggunakan saos sambal

Resep Otak otak Udang Kelapa

Bahan bahan

  • kelapa parut
  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 sdt garam halus
  • 1 1/2 sdt gula pasir
  • 6 buah otak-otak udang
  • 6 buah otak-otak tuna

Cara Membuat Otak otak Udang  Tuna Kelapa

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Siapkan minyak dan panaskan menggunkan api kecil, kemudian masukkan kelapa parut dan tumis sambil dibolak – balik sampai berwarna kecokelatan.
  3. Beri garam dan gula secukupnya, aduk aduk sampai merata
  4. Masukkan otak – otk udang dan otak otak tuna, aduk sampai tercampur rata dengan tumisan kelapa parut
  5. Jika sudah dirasa tercampur merata bisa langsung diangkat dan tiriskan
  6. Jadilah otak – otak udang tuna kelapa.

Gimana nih udah baca kan artikel di atas? mulai dari manfaat sampai resep otak otak udang kelapa kan? Resep diatas merupakan resep yang mudah dibuat dan simpel kalian juga bisa berkreasi dengan membaca artikel cara membuat otak otak udang dan membaca artikel resep otak otak udang karena artikel ini sangat bermanfaat banget buat kalian yang butuh resep resep seputar otak otak.

Categories
Uncategorized

Gimana sih? Cara Membuat Tempura Jajanan Sekolah

Hello teman – teman, kembali lagi di website ini, kali ini aku bakalan ngebahas seputar gimana sih “Cara Membuat Tempura Jajanan Sekolah” ya di bawah ini emang khusus 3 resep nya ya teman tapi jangan khawatir karena kalian tetep bisa dapet informasi seputar resep tempura ayam di link itu dan informasi seputar cara membuat tempur ayam di website ini, jangan lupa disimak ya gaes

1. Cara Membuat Tempura Jajanan Sekolah Terong dan Jamur

Resep Jamur Goreng yang Nggak Pakai Ribet dan Nggak Lama Buatnya • Smartphone Digital Infotainment - Beepdo.com

Bahan bahan :

  • 1 buah Terung Ungu, potong serong dengan tebal sesuai selera
  • Minyak untuk menggoreng
  • 300 gram Tepung Bumbu Siap Pakai
  • 1 batang daun seledri, cincang halus
  • secukupnya Air

Bahan Jamur

  • 100 gram Jamur Tiram
  • 200 gram Tepung Bumbu
  • Pelengkap :
  • secukupnya Saus Sambal

Cara Membuat Tempura Terong dan Jamur

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Satukan tepung bumbu, daun seledri dan air, aduk – aduk sampai menjadi adonan yang tidak terlalu cair.
  3. Masukkan terung ke dalam adonan yang tidak terlalu cair tadi
  4. Siapkan minyak panas dengan api sedang masukkan terong yang sudah dicelupkan tadi dan biarkan sampai berwarna kuning keemasan, setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Dilanjut dengan jamur, bersihkan jamur dan rendam terlebih dahulu jamur menggunakan air panas biarkan kurang lebih 15 menit.
  6. Kemudian celupkan jamur ke dalam adonan tadi sampai semua jamur selesai terlumuri adonan
  7. Setelah itu goreng menggunkan minyak panas dengan api sedang, jika sudah berwarna kuning keemasan bisa langsung diangkat kemudian tiriskan
  8. Jadilah tempura terong dan jamur.

2. Cara Membuat Tempura  Jajanan Sekolah Bola Salmon

Bahan bahan

  • 1/4 buah kubis, iris kasar
  • 8 buah tempura, potong dadu
  • 8 buah bola salmon, potong dadu
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 5 buah cabe rawit, iris halus (optional)
  • 1/2 bungkus tepung bakwan serbaguna

Cara Membuat Tempura Bola Salmon

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Campurkan tepung bakwan serbaguna dengan kubis, tempura bola salmon, cabe rawit, daun bawang dan daun seledri yang sudah  dipotong – potong tambahkan juga telur setelah itu aduk – aduk sampai rata.
  3. Siapkan wajan, dengan minyak panas dan api sedang
  4. Ambil adonan tempura bola salmon sedikit demi sedikit kemudian sambil dibentuk sambil dimasukkan ke dalam wajan
  5. Goreng hingga berwarna kuning keemasan
  6. Setelah itu angkat dan tiriskan

3. Cara Membuat Tempura Jajanan Sekolah Udang Wortel

6 Cara Membuat Tempura Udang khas Jepang yang Mudah Dimasak di Rumah | Blog Sayurbox

Bahan bahan

  • 250 gr udang
  • 1 bh Jeruk nipis
  • 4 sdm terigu
  • 1 sdt maizena
  • 1 btr telur di kocok (dipakai secukupnya saja me cma 1/2)
  • 1 bh bawang putih (haluskan)
  • secukupnya Air
  • secukupnya Garam
  • Merica (skip)
  • secukupnya Air
  • 1/2 dari 1 bh wortel (parut halus)
  • Tusuk gigi secukupnya (untk menusuk udang agar lbih tegak)
  • Keju (sesuai selera)
  • secukupnya Tepung pani

Cara Membuat Tempura Udang

  1. Siapkan semua bahan bahah
  2. Cuci bersih udang, buang kulit, kepala dan kotorannya
  3. Beri perasan jeruk nipis dan garam agar mngurangi bau amis, kemudian tusuk udang menggunakan tusuk gigi
  4. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah tambahkan juga tepung maizena, setelah itu guling – gulingkan udang sampai permukaan udang tertutupi, lakukan sampai semua udang tertutupi.
  5. Kemudian campurkan sisa tepung dengan air, telur, bawang putih halus, keju, wortel parut dan garam aduk – aduk sampai menjadi adonan kental
  6. Masukkan udang ke dalam adonan tadi guling – gulingkan kemudian guling – gulingkan lagi ke dalam tepung panir.
  7. Siapkan minyak panas dengan api sedang kemudian goreng tempura udang hingga berwarna kuning keemasan
  8. Setelah itu angkat dan sajikan

Gimana nih gaes kalian udah baca kan artikel di atas? artikel di atas emang khusus membahas “Cara Membuat Tempura Jajanan Sekolah”

Categories
Uncategorized

Gimana Sih? Cara Membuat Udang Tempura Ala Rumahan

Hello teman – teman, kali ini aku bakalan ngebahasa “Cara Membuat Udang Tempura” mungkin topik kali ini emang mudah banget dan mungkin udah banyak yang tau ya cara membuat nya? step by step nya, langkah – langkahnya tapi kalian kalo baca artikel ini ngga bakalan rugi, kalian bakalan dapet info menarika lainnya, yuk simak!

Cara Membuat Udang Tempura

Tempura Udang - Akiba Nation

Bahan bahan 

  • 300 gr udang ukuran besar
  • 1 1/2 buah jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih
  • 1 1/2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 150 gr tepung roti

Cara Membuat Udang Tempura

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan udang, kupas kulitnya pisahkan dari kepala dan kotorannya. Kemudian beri perasaan jeruk nipis dan taburi garam agar mengurangi bau amis pada udang.
  3. Kerat – kerat bagian punggung udang dan bagian dalam nya agar udang berbentuk lurus.
  4. Setelah itu lumuri udang dengan bawang putih halus, kaldu bubuk, lada bubuk, garam sampai rata dan biarkan sampai bumbu tersebut meresap.
  5. Siapkan telur yang sudah dikocok, masukkan udang ke dalam telur, angkat kemudian masukkan udang ke tepung roti, lumuri sampai udang tertutup sempurna.
  6. Lakukan langkah ini dua kali, sambil dikepal kepal tepungnya supaya rapi. Jika masih ada kelebihan telurnya, baluri lagi ke udang, jadi tiga kali baluran tepung roti
  7. Simpan udang yang sudah dilumuri tepung roti ke dalam freezer dan biarkan sampai tepung roti benar – benar menempel.
  8. Udang tempura sudah jadi, dan bisa langsung digoreng atau bisa juga disimpan di lemari pendingin terlebih dahulu tapi sebelumnya lebih baik di press terlebih dahulu menggunakan vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara agar udang tempura bisa tahan lebih lama.
  9. Namun jika langsung digoreng, siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng udang tempura sampai berwarna cokelat keemasan.
  10. Udang tempura siap disajikan.

Cara Membuat Udang Tempura Asam Manis

Resep Cara Membuat Udang Tempura Renyah - Resep Kakak

Bahan bahan

  • 200 gr udang
  • 4 sdm tepung bumbu serbaguna (me :sajiku)
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • Secukupnya myk goreng
  • 3 sdm saus asam manis
  • 10 sdm air
  • 1 ptg bawang bombay, rajang
  • 1 siung bwg putih, iris melintang
  • Wortel, potong korek
  • Kulit timun, potong korek

Cara Membuat Udang Tempura Asam Manis

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan udang, pisahkan dari kotoran, kulit dan kepalanya.
  3. Lumuri udang dengan perasaan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis
  4. Iris bagian punggung udang, cuci bersih udang menggunakan air mengalir
  5. Siapkan wadah dan letakkan tepung, masukkan udang ke dalam tepung dan baluri udang dengan tepung sampai tertutup sempurna
  6. Goreng tempura udang hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan
  7. Tiriskan kemudian sisihkan
  8. Tumis bawang putih, bawang bombay sampai mengeluarkan bau harum masukkan air, saus asam manis, potongan wortel dan menitimun. Masak sebentar sampai benar – benar tercampur rata.
  9. Kemudian angkat dan tiriskan
  10. Setelah itu sajikan saus asam manis dengan tempura udang tadi

Finish gaes, yaps kalian udah di akhir artikel ini. Kalian udah baca kan artikel di atas? aku rasa udah ya meskipun baru sedikit yang bisa aku bagi resepnya, eits tapi jangan khawatir kalian tetap bisa banyak dapet info dengan kalian membaca artikel resep udang tempura karena di artikel ini kalian bakalan dapet resep – resep udang tempura dan pada artikel cara membuat tempura udang kalian bakalan dapet informasi seputar cara membuat tempura udang yang pasti mudah dipraktekkin.

Categories
Uncategorized

Intip Yuk! Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning

Hello everyone, kalian tau Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning? Gimana cara mengolah nya? ya pada artikel ini aku bakalan ngasih tau informasi seputar manfaat mengonsumsi ikan sampai resep ikan bakar bumbu kuning yang pasti hasilnya bakalan bikin kalian ketagihan buat terus coba yuk disimak!

Manfaat Mengonsumsi Ikan

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan resiko penyakit kanker
  • Membuat fungsi otak meningkat
  • Melawan peradangan pada tubuh
  • Membantu kesehatan mata

Cara Memilih Ikan Segar Untuk Dibakar

Strategi Penjualan Ikan Segar

  • Perhatikan mata ikan dan pastikan mata ikan bening
  • Pilih ikan yang memiliki badan tidak kaku
  • Perhatikan sirip ikan
  • Tekan bagian badan ikan

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning

Cerita Wajan : Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning

Bahan bahan 

Ikan laut ukuran sedang (800 gr).

Bahan Bumbu Kuning Untuk Marinade

  • 3 ruas kunyit
  • 3 buah asam jawa (yang sudah di rendam di air)
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 buah Bawang putih
  • 2 buah Bawang merah
  • 5 buah cabe keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • Gula seperlunya
  • Garam seperlunya
  • Kaldu bubuk jamur/ayam sesuai selera

Bahan Bumbu Olesan

  • 4 butir kemiri
  • 3 butir bawang merah
  • 2 sdm margarine
  • 4 sdm kecap manis
  •  Minyak goreng

Cara Membuat Resep Ikan  Bakar Bumbu Kuning

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan ikan pisahkan dari kotoran dan kepala, belah dua bagian kemudian lumuri menggunkan jeruk nipis dan garam.
  3. Haluskan bahan – bahan bumbu kuning kemudian tumis sebentar sampai mengeluarkan bau harum
  4. Setelah itu lumuri ikan menggunakan bumbu kuning dan diamkan kurang lebih sampai 45 menit dan pastikan bumbu meresap ke dalam daging ikan.
  5. Haluskan kemiri dan bawang merah, setelah itu tumis dengan minyak sampai mengeluarkan bau harum.
  6. Matikan api dan campurkan kemiri dan bawang merah yang sudah ditumis dengan margarin sampai meleleh dan juga tambahkan kecap manis
  7. Siapkan teflon dan panaskan menggunakan api sedang, setelah itu panggang ikan di atas teflon sambil diolesi bumbu olesan
  8. Jika sudah dirasa matang bisa langsung diangkat dan ikan bakar bumbu kuning siap disajikan.

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Pedas Manis

Bahan  bahan

  • 3 ekor ikan gerong (ikan yg ada diwarung)
  • 1 buah jeruk nipis/limau,peras airnya
  • secukupnya garam

Bahan Bumbu Halus

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit (sesuaikan selera)
  • 1 ruas jempol kunyit
  • 1/2 ruas jempol jahe
  • 4 butir kemiri

Bahan Bumbu Pelengkap

  • secukupnya garam
  • secukupnya gula pasir
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • secukupnya masako
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm air asam jawa
  • 2 sdm minyak goreng utk menumis

Cara Membuat Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Pedas Manis

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan ikan dan pisahkan dari duri, kepala dan kotorannya.
  3. Lumuri ikan dengan garam dan perasaan jeruk nipis agar mengurangi bau amis
  4. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih selama 30 – 45 menit
  5. Haluskan semua bumbu – bumbu halus menggunakan blender setelah itu tumis menggunakan api sedang dan tambahkan juga bumbu pelengkap
  6. Jika sudah ikan bisa langsung dibakar sambil dioles – olesi atau jika tidak ingin langsung dibakar bisa disimpan terlebih dahulu di kulkas tapi sebelumnya di press terlebih dahulu menggunakan alat vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara hal ini akan membuat ikan bisa bertahan cukup lama.

Gimana nih kalian udah baca kan artikel di atas? udah nambah belum pengetahuan kalian seputar ikan bakar bumbu kuning? ya memang masih singkat tapi aku harapin kalian udah dapet sedikit info seputar ikan ya. Kalian juga bisa memperbanyak bacaan kalian mulai dari resep bumbu ikan bakar atau juga bisa menggunakan link resep bumbu ikan bakar laut karena disini kalian akan mendapat info ikan bakar dan resep – resepnya jangan lupa dibaca yak!