Categories
Uncategorized

Cara Membuat Pempek Telur Simple Enak Tanpa Menggunakan Ikan

Pada Artikel kali ini saya akan membagikan Cara membuat pempek telur simple. Mengapa simple?karena resep kali ini sangat mudah dan tidak perlu menggunakan ikan. Menurut beberapa orang ikan harganya mahal, jadi kita tetap akan bisa mencicipi pempek dan mencoba buat dengan bahan yang lebih murah rasanya pun enak sekali, Tidak kalah dengan yang pakai ikan.

Sebelum lanjut ke cara membuat pempek telur, kalian harus tau kalau pempek telur adalah makanan khas Palembang yang salah satu bahan dasarnya terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Namun sekarang sudah banyak pempek yang tidak perlu menggunakan ikan dan rasanya sangat mirip.

Bahan untuk Membuat Pempek Telur Simple

Ikan merupakan bahan baku utama olahan pempek. Pada masa kekinian ikan yang paling sering digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri. Pada saat dahulu, pempek dibuat dari ikan Belida. Namun seiring dengan perkembangan jaman, ikan Belida menjadi semakin langka dan sulit ditemukan. Harganya pun menjadi melambung tinggi.

Bukan hanya ikan, untuk membuat pempek juga diperlukan tepung tapioka dan terigu. Pempek akan disajikan dengan kuah saos yang kental dan asam. Kuah itu disebut cuko. Kalian bisa coba cara membuat telur dadar gulung juga ya gampang banget lho..

Namun jangan khawatir jika ingin membuat pempek tanpa ikan juga bisa kok dan rasanya sangat mirip sekali dengan cara membuat pempek telur seperti pada umumnya.

Cara Membuat Pempek Telur Simple

cara-membuat-pempek-telur-simple

Bahan-Bahan :

  • 250 ml air
  • 1,5 sdt garam
  • 125 gr tepung terigu
  • 2 btr telur ayam
  • 200 gr tepung sagu atau tapioka
  • Bahan untuk mengisi pempek: Telur dikocok lepas dan tambahkan sedikit garam

Bahan Cuko

  • 500gr Gula Merah
  • 50gr Asam jawa
  • 4sdt Cuka Putih
  • 5gelas Air
  • 5-8 Siung bawang putih yang sudah ditumbuk
  • 2 sendok makan ebi yang sudah dihaluskan
  • 20 cabai rawit
  • 1sdt garam

Cara Membuat Pempek Telur Simple:

  1. Untuk cara membuatnya, siapkan panci dan isi air dan beri garam kemudian rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukkan terigu dan harus langsung diaduk sampai rata.
  2. Jika sudah rata biar kan sampai dingin dan masukan telur. Ingat ya saat memasukan telur jika adonan sudah dingin kalau saat masih panas dimasukin telur maka nanti telur akan matang.
  3. Setelah dimasukan telur aduk sampai rata. jika sudah rata tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit dan uleni sampai rata menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  4. Bentuk Pempek bulat dan beri bolongan di tengahnya lalu bentuk seperti bentuk mangkok. Masukan telur dan tutup atasnya jangan sampai telur bocor keluar.
  5. Kemudian rebus adonan dalam air yang sudah panas dan dicampur 3 sendok makan minyak goreng serta garam. Setelah pempek direbus, angkat lalu lalu masukkan dalam baskom berisi air suhu ruangan.
  6. Setelah itu angkat pempek dan lalu tiriskan Pempek sudah matang dan siap di goreng.
  7. Trik saat menggoreng, gunakan api kecil saja. Sebab jika telalu panas, pempek akan merekah dan pecah. Jangan lupa saat menggoreng, wajannya ditutup.
  1. Untuk membuat Cukonya, Gula merah direbus dan diberi garam secukupnya. Rebuslah sampai mendidih dan gula merah larut. Jika sudah larut masukan bawang putih, cabe, ebi yang sudah di haluskan kedalam rebusan gula merah
  2. Jika sudah tercampur rata semua tinggal masukkan asam jawanya. jika ingin tambah asam campurkan lagi asam jawanya atau boleh dikasih cuka. Saat kasih cuka sedikit demi sedikit saja karena kalau tidak akan terlalu asam dan harus menambahkan gula merah lagi.
  3. Rebus sampai mengental dan mendidih. Kuah Pempek Siap disajikan

Sekian Cara membuat pempek Telur Simple Tanpa Ikan kali ini semoga bisa membantu kalian yang sedang mencari cara membuat pempek telur tanpa ikan. Kalian juga bisa lihat cara membuat jenang gempol khas jogja,yaitu hidangan pencuci mulut atau bagi kalian penyuka makanan manis

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Telur Balado Santan Gurih Bikin Nagih

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat telur balado santan. Mungkin hidangan ini sangat asing karena biasanya telur balado hanya menggunakan cabai utuh tidak menggunakan santan.

Kali ini akan mencoba membuat telur balado santan yang enak dan gurih. Bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin memakan telur balado namun tidak ingin pedas atau tidak bisa makan pedas, maka menu ini cocok sekali dan mudah dibuat di rumah sebagai menu utama makanan siang.

Cara Membuat Telur Balado Santan

cara-membuat-telur-balado-santan

Cara Membuat Telur Balado Santan sangat mudah, cabai yang biasa digunakan adalah cabe keriting merah, walau pada kenyataannya masakan balado dengan cabe hijau juga sangat terkenal. Balado ini cenderung berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabe giling sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup.

Makanan dari daerah minang memang terkenal dengan penggunaan bumbu rempah-rempah yang sangat kuat seperti cabai, sereh, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Dari rempah rempah tersebut ada yang mengandung mikroba yang membuat masakan minang dapat bertahan berhari-hari asal wadahnya bersih dan dipanaskan terus

Bahan-Bahan:

  • 6 butir telur ayam, boleh direbus atau di ceplok sesuai selera
  • 5 cabai merah besar, dipotong bulat
  • 2 cabai hijau, dipotong bulat
  • 2 asam kandis
  • 1/2 sendok makan garam
  • 15 gram gula merah
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak untuk resepmis
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1/4 sendok teh jintan, disangrai
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 1 buah Tomat
  • Daun Salam
  • Lengkuas

Cara Membuat Telur Balado Santan

  1. Rebus telur sampai matang, kemudian dikupas. Setelah dikupas beri sayatan pada telur agar saat digoreng tidak meletik dan bumbu cepat meresap kedalam. Jika telur rebus tidak ingin di goreng terlebih dahulu tidak-apa apa.
  2. Haluskan bawang merah,bawang putih, tomat, cabe merah, cabe keriting dan cabe hijau (boleh diuleg atau diblender). Masukan juga jinten, kemiri dan gula merahnya.
  3. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus sampai harum.
  4. Jika dirasa sudah harum masukkan telur rebus yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu.
  5. Tambahkan sedikit air, garam, gula, penyedap rasa secukupnya, daun salam dan lengkuas.
  6. Terakhir masukkan santan. aduk aduk kembali. Kalian tinggal cobain saja rasanya. Jika sudah pas tunggu hingga kuah sedikit menyusut dan siap disajikan

Ketahui Manfaat Telur :

Setelah mencoba cara membuat telur balado ada baiknya kita mengetahui manfaat yang ada pada telur  yang sangat berguna bagi kesehatan. Selama ini banyak orang menganggap telur ayam hanya sebagai bahan makanan sumber protein. Namun pada kenyatannya, telur juga mengandung aneka zat gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dalam telur di antaranya mengandung 11 vitamin dan nutrisi berbeda

Sekian cara membuat telur balado santan kali ini semoga bermanfaat, dan kalian juga boleh menambahkan hidangan lain sebagai pendamping telur balado seperti tahu atau ikan. Kalian bisa lihat resep gurame bakar teflon yang mudah untuk kalian coba dirumah tanpa alat pembakar ikan..

Categories
Uncategorized

Resep Martabak Telur Ayam isi Daging Cincang

Pada artikel kali ini kita akan membahas resep martabak telur ayam  yang mudah dan enak namun kita variasikan dengan isi daging cincang sehingga Martabak akan sangat enak dan tebal serta menggiurkan. Kalian bisa jadikan ini sebagai ide bisnis bagi yang ingin terjun ke dunia kuliner dimasa pandemi.

Martabak telur adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia lho juga termasuk menjadi makanan yang bertahan dari zaman dahulu hingga saat ini. Martabak yang kita tahu sampai saat ini ada dua jenis yaitu martabak manis dan martabak telur atau martabak asin. Hal yang membuat kedua martabak ini berbeda adalah adonannya.

Kali ini kita akan membahas resep martabak telur yang terbuat dari adonan yang dicampur dengan telur ayam dan diisi dengan irisan daun seledri dan serta potongan daging sapi. Beberapa martabak telur juga menggunakan telur bebek dan mengganti daging sapi dengan daging kambing. Pastikan kalian juga coba cara membuat telur dadar gulung yang sedang viral itu ya!

Resep Martabak Telur Ayam Isi Daging Cincang

Bahan-bahan :

  • 300 gr daging sapi
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1 buah bawang bombai cincang kasar
  • 1-2 sdt bubuk kari
  • garam, kaldu jamur, merica bubuk dan sedikit gula
  • 3-4 butir telur bebek/ayam
  • 3 batang daun bawang iris
  • sedikit garam

Bahan kulit:

  • 100 gr terigu segitiga
  • 2 sdm tepung sagu
  •  sedikit garam
  • 1 butir telur
  • 250-280 ml air
  • 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat Martabak Telur Ayam Isi Daging Cincang :

  1. Cincang daging hingga kecil-kecil menggunakan pisau, atau kalian bisa membeli yang sudah dicincang di pasar atau supermarket
  2. Masak dan Tumis bawang putih sampai wangi, jika sudah wangi masukkan daging cincang masak sampai berubah warna
  3. Tambahkan garam, kaldu, merica, sedikit gula dan bubuk kari(semua bumbu ditambahkan sesuai selera kalian ya) kemudian silahkan cek rasa.
  4. Langkah terakhir  bisa ditambahkan bawang bombay lalu aduk sebentar, angkat sisihkan
  5. Jika kalian ingin membuat kulit, Campur semua bahan kulit jadi satu aduk sampai tidak bergerindil, saring, panaskan teflon ambil adonan sekitar 1 sendok sayur buat dadar tipis lakukan sampai habis
  6. Diwadah yang terpisah silahkan kocok telur dengan sedikit garam, tambahkan isian dan daun bawang.
  7. Kalian ambil isian sebanyak 2 sdm atau kira kira saja. Kemudian letakkan diatas kulit martabak  yang sudah disiapkan lalu bungkus/lipat seperti amplop, goreng sampai matang kecoklatan, angkat sajikan dengan acar timun wortel.

Tips Membuat Kulit Martabak Telur Ayam

Sebelum lanjut ke resep martabak telur ayam isi daging cincang, banyak orang yang menyukai kulit martabak telur yang lembut dan empuk, tapi ada juga yang suka bagian kulitnya krispi dan renyah. Untuk membuat adonan kulit  yang seperti ini memang diperlukan teknik khusus, tapi bisa dibuat di rumah dengan mudah

1. Tepung beras

Gunakan tepung terigu dengan campuran tepung beras untuk tekstur keras dan renyah. Cukup tambahkan satu hingga dua sendok makan tepung beras dalam setiap 100 gr tepung terigu. Penambahannya bisa disesuaikan.

2. Minyak Goreng

Jangan salah menggunakan margarin atau mentega untuk kulit maratabak, jangan pula menggantinya. Bahan penting yang digunakan dalam membuat kulit martabak yang renyah adalah minyak goreng.

Meski sama-sama lemak namun fungsinya berbeda dan sangat memengaruhi hasil adonan.  Berbeda dengan cara membuat telur dadar gulung yang hanya menggunakan sedikit minyak, bahkan jika menggunakan wajan anti lengket tidak perlu lagi menggunakan minyak

3. Uleni Hingga Kalis

Setelah adonan dicampurkan, uleni dulu selama kurang lebih 5 menit hingga kalis. Proses menguleni cukup penting karena membantu adonan tercampur merata sekaligus membuatnya agar bisa elastis.

4. Rendam Minyak

Proses ini sangat penting karena membantu adonan martabak lentur, elastis dan hasilnya renyah ketika digoreng. Adonan martabak juga bisa digilas hingga sangat tipis namun tidak mudah putus. Proses perendaman bisa berlangsung 30-60 menit atau semalaman.

5. Minyak yang Banyak

Saat menggoreng usahakan gunakan wajan yang lebar sehingga bisa menggoreng martabak dengan baik. Gunakan minyak cukup banyak dengan api kecil setelah minyak benar-benar panas agar martabak matang merata, tidak gosong namun hasil kulit akan garing, dan krispi renyah.

Nah Sekian Tips Membuat Kulit Maratabak telur, kita lanjut ke resep martabak telur ayamnya yuk. Ohiya kalau kalian ingin memulai belajar masak selama masa karantina dan psbb kalian bisa memulai belajar membakar ikan tanpa panggangan lho tinggal lihat aja resep kakap bakar teflon yang sangat mudah cara membuatnya.

Sekian Resep Martabak Telur Ayam kali ini semoga berhasil dan hasilnya memuaskan. Selamat Mencoba!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Telur Gulung Sederhana Super Pedas

Artikel kali ini akan membagikan cara membuat telur gulung sederhana untuk penyuka pedas. Karena hidangan ini akan kita buat sangat pedas dan enak sekali. Anak tahun 90-an pasti akan bernostalgia dengan jajanan yang satu ini. Namun telur gulung yang dahulu dan sekarang banyak perbedaannya loh. Agar terlihat berbeda dengan yang dulu, kini telur gulung diberi campuran bahan lain, Kira kira apa ya?.

Apa itu Telur Gulung?

Membahas cara membuat telur gulung pasti makanan ini berkaitan dengan jajanan yang sering dijumpai di sekolahan yang ngangenin banget. Sekarang inipun sudah mulai banyak yang menjual telur gulung dengan aneka variasi. Jajanan ini dibuat sangat sederhana, hanya berbahan telur ayam, garam dan tusuk lidi dengan proses menggoreng dengan gaya memutar. Selain enak, kalian juga bisa bernostalgia dengan menikmati beraneka makanan yang hits pada era 90-an.  Sebelum lanjut ke cara membuat telur gulung, pengen tau ngga sih sebenernya Telur gulung sejarahnya apa sih? terus harganya kalo dijual berapa ya? yuk simak

Asal Usul

Telur gulung merupakan makanan terfavorit bagi para siswa – siswi jaman dulu terutama siswa – siswi SD. Telur gulung ini membuatnya adalah dengan menggunakan telur ayam yang dikocok dengan bumbu penyedap.

Bagi  yang menginginkan pedas dapat ditambahkan merica dan saus sambal lalu kemudian di tuangkan sekitar 2 sampai 3 sendok dalam minyak goreng yang sudah mendidih dan langsung di gulung menggunakan tusukan lidi agar mudah digulung.

Minyak yang digunakan juga jangan terlalu panas karena akan membuat telur cepat matang dan dapat menghambat atau mempersulit saat penggulungan dengan lidi.

Menyajikan aneka jajanan selama pandemi Covid-19 adalah pilihan menarik. Karena tak perlu Keluar rumah untuk beli jajan sebagai teman nonton tv atau bekerja. Makanannya pun tak perlu harus mewah, kalian mungkin bisa mencoba membuat aneka jajanan khas tahun 90-an atau jajanan yang biasa dijual di sekolahan.

Tips Telur Gulung Sederhana Anti Gagal

Telur memang makanan yang enak dan sangat di gemari banyak orang. Cara membuatnya pun mundah namun harus menggunakan trik-trik yang mungkin belum banyak diketahui dan menjadi penyebab kegagalan telur gulung karena cara pembuatan telur gulung dengan lidi dan  cara membuat telur dadar gulung memiliki trik yang berbeda. Nah, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah mengetahui  rahasia sukses dibalik pembuatan telur gulung. Berikut ini beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat membuat masakan ini :

1. Minyak dan Penggorengan yang digunakan

Saat memasak masakan ini minyak yang digunakan harus bersih dan banyak. Jika minyak yang digunakan sedikit maka akan mempersulit telur untuk mengembang dan sulit juga untuk menggulung karna telur tidak akan mengapung. Jika minyak banyak maka akan ada ruang untuk menggulung telur.

2. Adonan Telur

Adonan Telur yang digunakan untuk membuat masakan ini harus diperhatikan juga. Jangan terlalu kental jangan terlalu Cair dan adonan harus ditambahkan dengan air. Biasanya ditambahkan larutan maizena juga.

3. Kocok Telur Sampai Berbusa

Pada proses pembuatan masakan ini kalian harus kocok telur sampai berbusa agar adonan telur mengembang. Cara mengocok telurnya bisa menggunakan garpu di wadah dan bisa juga memasukkan adonan telur ke dalam botol dengan corong kecil

Cara Membuat Telur Gulung Sederhana

cara-membuat-telur-gulung-sederhana

Nah sekarang kita mulai membuat Telur gulung sederhana yang super pedas sekali, kalian juga bisa mempelajari Resep Ikan bawal Bakar Pedas Manis untuk mencoba kreasi masakan pedas agar lebih ber variasi

Bahan-Bahan

  • 1 batang daun bawang
  • 5 lembar daun seledri
  • 3 butir telur
  • 3 sdm air
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu instan
  • Dada Ayam (dipotong dadu berukuran sedang)

Untuk Sambal :

  • 3 buah Bawang Merah
  • 5 buah Bawang Putih
  • Lada Putih Bubuk sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Gula sedikit saja
  • 1/4 Potong Jeruk Nipis
  • 20 buah Cabe Rawit Merah

Cara Membuat Telur Gulung Sederhana

  1. Cincang halus daun bawang dan daun seledri. Campurkan dengan telur, air, bawang putih bubuk, merica bubuk, dan kaldu instan. Kocok hingga merata
  2. Tumis Dada ayam yang sudah dipotong2 sampai matang setelah itu masukan ke dalam tusuk sate sebanyak 3 atau 4 potong. Jumlah ayam di tusuk sate sesuai selera dan tergantung besar atau kecilnya potongan ayam.
  3. Untuk Sambalnya, Haluskan Cabe dan Bawang (merah dan putih). Saat setengah halus, masukan lada bubuk, garam, gula dan perasan jeruk nipis. Aduk dan haluskan kembali. Tumis sebentar saja, lalu angkat dan sisihkan.
  4. Panaskan Minyak untuk menggoreng Telur
  5. Jika adonan ditaruh di wadah maka tuang adonanya menggunakan sendok makan satu per satu kirakira 4 sendok makan. Jika adonan ditaruh di dalam botol yang tutupnya dilubangi maka akan mudah.
  6. Tuangkan adonan dengan cara memutar agar telur tidak terputus. Setelah telur mengapung gulung dengan tusuk sate yang sudah ada ayamnya. Gulung Telur yang di penggorengan sampai habis dan ayam tertutupi.

Sekian Cara Membuat Telur Gulung Sederhana yang super pedas ini. Semoga Berhasil.

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Omelet Telur Susu yang Gurih

Artikel ini tentang Cara Membuat Omelet Telur susu yang enak banget dan rasanya gurih karena ditambah dengan susu. Pada resep omelet telur kali ini dijamin kalian akan ketagihan, karena Susu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh..

Manfaat Susu

Susu adalah salah satu produk olahan protein hewani yang disukai oleh masyarakat. Kebanyakan orang menyukai susu sapi dari sekian banyak susu yang ada seperti susu kedelai,susu kambing. Selain karena rasanya yang enak susu juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu sapi baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi susu  memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah tips  manfaat minum susu sapi setiap hari adalah.

Kecantikan Kulit

Mengapa kecantikan kulit? karena Susu memiliki beberapa nutrisi yang membantu kulit untuk terlihat lebih baik salah satunya susu mengandung asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliant yaitu enzim yang membantu untuk kulit agar halus.

Selain asam laktat ada juga asam amino yang akan membantu melembabkan kulit dan mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit dari racun lingkungan.

Memulihkan Otot

Jika sehabis berolahraga kalia mengkonsumsi susu, maka tubuh akan mendapatkan protein untuk memulihkan otot setelah melakukan aktifitas.

Membantu untuk mencegah rasa sakit pada perut, serta menambah cairan yang hilang karena latihan.

Menjaga Berat Badan

Susu adalah minuman pembuka sebelum makan makanan sehat. Saat makan malam bisa tambahkan segelas susu, atau minum segelas susu didampingi dengan memakan sepotong buah.

Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu juga sangat bagus untuk gigi yang kuat, dan membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Agar kalsium bisa diserap oleh tubuh, vitamin D juga harus didapat.

Jika kalian kekurangan vitamin D, maka dapatkan susu yang diperkaya ekstra dengan vitamin D untuk memastikan bahwa tubuh kamu dapat menyerap kalsium.

Membantu Pemulihan Tubuh Pasca Sakit

Kandungan protein pada susu terbukti mampu membentuk sel/jaringan baru sehingga proses pemulihan badan berjalan secara optimal.

Manfaat Telur

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol tinggi. Faktanya, satu telur mengandung 212 mg, yang lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 300 mg. Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Hati sebenarnya menghasilkan kolesterol dalam jumlah besar setiap hari. Ketika Anda meningkatkan asupan kolesterol makanan, hati Anda menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk meratakannya

Nah banyak sekali kan manfaat telur bagi kesehatan. Banyak olahan yang bisa dibuat dengan telur seperti kue kering, roti, telur dadar gulung termasuk omelet. Jika kalian ingin membuat makanan lain untuk variasi, kalian dapat  mencoba cara membuat bumbu lele bakar kecap yang bisa di praktikan di rumah.

Tips Membuat Omelet Telur Susu

Agar ringan dan lembut, pisahkan putih telur dan aduk hingga kaku, lalu baru kuning telurnya di campurkan kedalam putih telur. Masak dengan cara menggoreng di wajan yang telah diberi mentega dengan api sedang sampai bagian tengah mulai mengering kemudian lipat menjadi dua dan masak sampai panas di bagian tengah.

Jika tidak mau yang dilipat dua seperti Omelet pada umumnya maka bisa digulung dan mencoba cara membuat telur dadar gulung 

Cara Membuat Omelet Telur

cara-membuat-omelet-telur-susu

Meski terlihat mudah, nyatanya tak semua orang sukses membuat omelet telur. Ada yang tak bisa mulus, tetapi berantakan tampilannya. Atau yang justru bergelembung dan gosong serta kering teksturnya.

Pada artikel ini kita akan membahas cara membuat omelet telur susu yang sangat cocok untuk berbagai kalangan dan kalian penggemar susu. Omelet ini akan cocok banget dibuat bekal pergi ke kantor atau sekolah..pastinya mudah dan rasanya enak banget.

Pokoknya  bakal bikin ketagihan dan pengen bikin terus. Rasanya pun mewah banget.

Sudah siap berkreasi di dapur?Yuk Kita simak.

Cara Membuat Omelet Telur Susu

Omelet telur susu memiliki bagian luar yang halus dan lembut dengan sedikit atau tanpa warna kecokelatan. Bagian dalam omelet telur  bertekstur  lembut, lembab, dan sedikit basah. Tipe hidangan ini cocok bagi kalian penyuka telur setengah matang. Yuk kita langsung simak cara membuat omelet telur

BAHAN :

  • 3 butir Telur
  • 2sdm Susu Cair
  • Garam dan Lada Secukupnya
  • 1sdt Unsalted Butter/Mentega
  • Isian (bebas boleh daging,sosis,tomat,keju)

Cara Membuat Omelet Telur Sayur  :

  1. Rebus bayam sebentar saja sampai sedikit layu, tiriskan dan rendam di air ES
  2. Kocok telur, susu/air, garam dan merica dalam mangkuk kecil sampai rata.
  3. Panaskan mentega dalam wajan atau wajan ant lengket berukuran di atas api sedang-besar hingga panas. Miringkan panci untuk melapisi seluruh bagian panci.
  4. Tuang donan telur ke dalam wajan dan aduk2 bagian tengah agar tercampur namun tidak sampai hancur dan goyangkan panci agar sisa telur yang masih cair tersebar dengan rata.
  5. Kecilkan api sampai bagian bawahnya matang dan sedikit coklat
  6. Saat permukaan atas telur mengental dan tidak ada sisa telur yang masih cair, masukan isian yang sudah disiapkan di salah satu sisi Omelet
  7. Lipat telur menjadi dua dengan spatula dan letakan omelet ke atas piring. Sajikan segera.

Tidak sulit kan cara membuatnya, cita rasa susu yang tercampur dengan telur akan menambah rasa gurih dengan omelet telur yang lembut. Selamat Mencoba..