Categories
Uncategorized

Yuk Intip Cara Membuat Kripik Jamur Krispi

Hai guys kali ini saya akan berbagi tips cara membuat kripik jamur krispi, siapa nih penggemar jamur krispi? Yuk buat bareng, siapa tau bisa untuk usaha sampingan anda kan. Jika anda tertarik utuk memulai usaha ini, anda bisa melihat analisisnya disini cara membuat keripik jamur. Anda bisa membeli mesin perekat plastik website berikut hand sealer. Selain mesin tersebut anda bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur anda.

Jamur krispi merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia pada saat ini. Memiliki rasa yang juara dan pengolahannya pun terbilang cukup sederhana dan mudah.

Jamur krispi sendiri dapat anda jumpai di berbagai macam tempat, baik warung pinggir jalan, restaurant sampai kafe. Makanan yang satu ini tidak pernah dilewatkan oleh banyak orang, bahkan ada yang sampai ketagihan loh.

Jamur krispi disukai karena rasanya yang gurih dan tekstur jamurnya yang krispi. Mengingat banyaknya pecinta kuliner kripik satu ini, orang pun mulai penasaran dengan cara pembuatannya.

Nah berikut ini saya bagikan beberapa resep jamur crispy yang bisa anda buat sendiri di rumah. Dijamin tidak akan kalah sama yang ada di kafe.

Cara Membuat Kripik Jamur Krispi

1. Jamur Krispi

Bahan-bahan:
– 1 bungkus jamur tiram, buang pada bagian akarnya karena kotor, lalu cuci bersih kemudian peras jamur kemudian suwir-suwir.

Tepung pelapis:
– 1 saset kecil tepung bumbu serbaguna merek apapun
– 1 sdm tepung taipoka
– 3 sdm tepung maizena

Cara membuat kripik:
– Campurkan semua bahan tepung pelapis dalam satu wadah.
– Ambil sedikit jamur yang sudah dicuci, remas-remas dalam adonan tepung sampai terlapisi semua, kibas-kibaskan sisa tepung pada jamur lalu goreng hingga kripik kering.
– Lebih baik jika digoreng dalam minyak yang banyak dan juga panas, goreng sedikit demi sedikit agar kripik jamur tidak menempel satu dengan yang lain.
– Kripik jamur telah siap untuk disajikan.

 2. Kripik Jamur Krispi Geprek

Bahan-bahan:
– 250 gram jamur

Bahan kering:
– Tepung bumbu (merek terserah) dan tepung terigu dengan perbandingan 1:1
– Garam secukupnya
– Kaldu bubuk (optional)
– Lada bubuk secukupnya
– Taruh ke dalam baskom atau sebuah wadah dan aduk-aduk hingga adonan tercampur rata

Bahan basah:
– Siapkanlah wadah baskom. Isi baskom dengan air sekitar 200 ml lalu beri 1 sdm tepung terigu. Aduk-aduk hingga tepung larut.
– Tuangkan minyak cukup banyak untuk menggoreng ke dalam wajan.

Cara membuat:
– Cuci jamur yang akan dipakai, sedikit peras supaya kandungan air didalamnya berkurang. Tiriskan jamur.
– Masukkan ke dalam bahan kering yang tadi dibuat. Balurkan tepung terseebut sampai tertutup dengan sempurna.
– Celupkan jamur ke dalam bahan basah.
– Masukkan kembali jamur ke dalam bahan kering.
– Remas-remas jamur sampai terbalur sempurna
– Goreng pada minyak yang panas sampai golden brown, atau kuning kecoklatan.
– Sajikan selagi masih hangat, anda boleh menyajikannya sebagai lauk maupun camilan.

Sambal bawang
Bahan:
– 5 siung bawang putih
– 1 buah cabai merah besar atau 3 buah cabai keriting
– Cabai rawit di sesuaikan dengan keinginan
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menggoreng
– Goreng semua bahan kecuali garam
– Haluskan semua bahan dengan cara diulek, tambahkan garam dan sedikit minyak sisa penggorengan tadi.

3. Enoki Krispi

Bahan-bahan:
– Siapkan 2 bungkus jamur enoki, buang akar dan cuci hingga bersih.
– 3 sdm tepung beras
– 3 sdm tepung terigu
– 2 sdm tepung kanji
– 1 sdt baking powder
– 1 sdt kaldu jamur
– Garam secukupnya
– Minyak Goreng

Cara membuat:
– Campurkan semua tepung tadi,baking powder, kaldu jamur, dan juga garam. Aduk rata.
– Ambil 3 sdm campuran tepung yang dibuat di atas.
– Larutkan tepung dengan air secukupnya (jangan sampai keenceran atau kekentalan).
– Panaskan minyak goreng pada panci.
– Celupkan jamur enoki (sobek- sobek dulu) ke dalam larutan tepung, lalu masukkan kembali jamur ke tepung kering, balurkan sampai rata.
– Tepuk-tepuk ringan jamur enoki di pinggir wadah, agar tepung tidak ketebalan disebabkan sisa tepung kering. Goreng dalam minyak panas yang tadi sudah dipanaskan sampai kuning kecoklatan, itu tandanya kripik sudah matang.

Terima kasih guys sudah mau mampir di artikel saya, semoga bermanfaat ya!

Categories
Uncategorized

Ternyata Gampang Banget Lho Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

Kerupuk menjadi camilan maupun teman makan yang hampir disukai semua masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila saat ini banyak sekali beredar berbagai macam kerupuk, dari kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk pasir, hingga kerupuk kentang. Cara membuat kerupuk kentang mentah dan rasanya sedikit berbeda dikarenakan teksturnya yang tidak renyah tetapi empuk.

Kentang adalah makanan yang enak dijadikan apa saja, digoreng, direbus, atau dijadikan camilan seperti keripik kentang. Namun selain dijadikan keripik kentang yang sering kita temui, ada kerupuk kentang yang tidak kalah enaknya. Walaupun saat ini kerupuk kentang memang tidak terlalu terkenal seperti keripik kentang.

Meskipun kerupuk kentang tidak serenyah dan segurih keripik kentang, tetapi kerupuk ini juga memiliki kelebihannya sendiri. Tekstur kerupuk kentang ini lebih tebal sedikit dibandingkan dengan keripik ketang, warnanya juga sedikit lebih putih pucat.

Saat kerupuk digigit memiliki tekstur yang empuk, tidak renyah. Sensasi gurihnya yang tidak berlebihan memberikan rasa enak dan membuat siapapun yang menikmatinya akan ketagihan.

Nah sisi positif dari kerupuk kentang yang belum terlalu terkenal ini adalah persaingannya belum terlalu ketat, anda bisa mencoba menjadikan kerupuk kentang sebagai usaha. Anda bisa membaca peluang usahanya pada artikel berikut cara membuat kerupuk kentang.

Anda juga dapat membeli mesin – mesin yang dibutuhkan pada website ‘rumah mesin’ terutama mesin perekat plastik yang sangat dibutuhkan, anda bisa membukanya disisni hand sealer.

Kerupuk kentang sendiri  harganya sekitar Rp 7.000 – Rp 25.000 untuk setiap kemasannya, anda juga bisa menjualnya dengan harga yang anda tentukan sendiri jika ingin mencoba bisnis kerupuk kentang ini.

Karena penggemar dan konsumen kerupuk hampir semua lapisan masyarakat Indonesia, secara otomatis kerupuk kentang pun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

Bahan-bahan pembuatan kerupuk kentang mentah:

  • Kentang sebanyak 1 kg 
  • Tepung sagu 1 kg 
  • Bawang putih 1 ons 
  • Garam secukupnya 
  • Pewarna makanan jika anda menginginkan warna pada kerupuk.

Cara membuat kerupuk kentang:

  1. Rebus semua kentang hingga matang, apabila sudah matang, angkat dan tiriskan kentangnya. kupas bagian kulit kentang, selanjutnya haluskan. 
  2. Campurkan kentang yang tadi sudah dihaluskan dengan bahan-bahan yang sudah disisapkan tadi seperti tepung sagu, bawang putih, serta garam, kemudian aduk hingga merata.
  3. Agar kerupuk menjadi berwarna, bagi adonan kerupuk tadi menjadi 4 bagian adonan, setiap adonan diberi pewarna makanan dengan warna yang berbeda-beda 
  4. Setelah itu giling setiap adonan sampai pipih, dan ukurannya menjadi sekitar 0,5 cm. Setelah pipih, tumpuklah keempat adonan yang berbeda warna tersebut sampai menjadi lonjong memanjang, panjangnya yaitu persatu jengkal 
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit 
  6. Setelah adonan kerupuk dikukus, angkat dan dinginkan lontongan agar mudah dipotong menjadi tipis-tipis. 
  7. Jemur kerupuk kentang tersebut hingga benar benar kering 
  8. Apabila sudah benar-benar kering, kerupuk kentangpun siap untuk digoreng dengan menggunakan minyak panas 
  9. Kerupuk kentang dihidangkan dan dinikmati.

Tips Menggoreng Kerupuk Kentang

1 Agar hasilnya menjadi lebih mekar, sebelum kerupuk digoreng, kerupuk harus dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari hingga benar benar kering.

2 Gunakanlah wajan yang cekung dan dalam untuk menggoreng kerupuk, agar kerupuk dapat tenggelam di minyak.

3 Untuk kerupuk yang tipis dan memiliki ukuran besar, goreng satu per satu ke dalam minyak dengan panas yang sedang, sembari ditekan-tekan agar kerupuk tidak melengkung.

4 Untuk kerupuk yang berukuran kecil, anda bisa menggorengnya sekaligus, yang terpenting minyak dapat menenggelamkan semua kerupuk.

5 Agar mengurangi sisa-sisa minyak yang masih menempel pada kerupuk, tiriskan kerupuk dengan tissue makan.

6 Jika kerupuk sudah dingin, simpanlah pada wadah yang kedap udara, supaya kerupuk tetap renyah.

Sekian Artikel cara membuat kerupuk kentang mentah, semoga bisa bermanfat bagi anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!.

Categories
Uncategorized

Bikin Kerupuk Terasi Di Rumah Yuk!

Udah nggak pada asing lagi kan sama yang namanya kerupuk? Orang Indonesia katanya kalau makan tidak pakai kerupuk rasanya ada yang kurang. Anda pasti biasanya jika ingin menikmati kerupuk terasi harus membelinya kan? atau anda tidak tau bagaimana cara bikin kerupuk terasi?

Sebenarnya anda bisa loh membuatnya sendiri di rumah, bahan membuat kerupuk terasi juga mudah dicari. Anda juga bisa memanfaatkan kerupuk terasi ini sebagai usaha, anda bisa melihat analisisnya berikut cara membuat kerupuk terasi. Artikel tersebut bisa anda jadikan sebagai referensi.

 Terasi

Belacan atau bisa disebut dengan terasi merupakan bumbu masak yang berasal dari ikan ataupun udang rebon yang difermentasi. Bentuk terasi ini seperti adonan atau pasta. Memiliki warna hitam-coklat, terkadang ditambah dengan bahan pewarna supaya menjadi lebih kemerahan.

Terasi adalah bumbu masak yang bisa dikatakan penting di kawasan Asia Tenggara serta Tiongkok Selatan. Terasi mempunyai bau yang sangat tajam. Di Indonesia terasi dipakai biasanya hanya untuk membuat sambal terasi, ataupun digunakan hanya untuk penyedap di dalam berbagai resep makanan tradisional Indonesia.

Di daerah Bangka, ada beberapa daerah khusus yang menghasilkan belacan yang telah terkenal seperti Toboali, Bangka Selatan. Proses pembuatannya dengan cara mengambil udang rebon yang masih segar hasil tangkapan dari nelayan, kemudian mereka langsung merebusnya di pinggiran pantai.

Setelah udang matang, udang tersebut ditumbuk atau dihaluskan dengan menggunakan lesung kayu dan dicampur garam. Udang rebon dijemur supaya kadar air didalam udang rebon berkurang kemudian ditumbuk kembali hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk sesuai dengan ciri khas bentuk terasi sendiri.

Di Malaysia, Singapura dan Brunei, terasi disebut atau bernama belacan sedangkan di Thailand disebut dengan kapi. Di Indonesia terasi sangat sering dikait kaitkan dengan sejarah terbentuknya kota Cirebon yang apabila anda lihat dari penamaannya dalam bahasa Sunda, merupakan gabungan dari kata ci (yang bermakna air) dan udang rebon.

Cara Bikin Kerupuk  Terasi

 

Terasi tidak hanya dapat dijadikan sebagai sambal terasi saja ataupun bumbu masakan. Terasi dapat kita olah dan kreasikan salah satunya menjadi Kerupuk. Yuk kita simak cara bikin kerupuk terasi.

Tepung tapioka merupakan bahan utama dalam pembuatan kerupuk yang akan di campur dengan terasi ini agar mempunyai rasa yang khas, enak dan juga enak. Resep cara bikin kerupuk terasi ini saya sajikan untuk anda yang gemar menyantap hidangan dengan di ditemani  kerupuk. Langsung saja yuk untuk disimak pembuatannya sebagai berikut

Bahan Bahan Kerupuk Terasi

  • Tepung Tapioka : 1 kg
  • Tepung Terigu : 1/4 kg
  • Terasi : 100 gram
  • Garam : 100 gram
  • Gula Pasir : 75 gram
  • Bumbu Masak : secukupnya
  • Bawang putih : 75 gram

Cara Bikin Kerupuk Terasi

1. Haluskanlah semua bawang putih, kemudian tumis sampai mengeluarkan bau harum, angkat.

2. Campur garam, gula pasir, bumbu masak, bawang putih yang sudah ditumis tadi serta terasi. Aduk hingga merata.

3. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu. Ambil sedikit  campuran dan larutkan ke dalam wadah yang berisi 1/4 ltr air.

4. Setelah campuran tepung larut, tambahkanlah campuran adonan bumbu kedalam wadah tersebut.

5. Masukkan diatas wajan yang sudah dipanaskan semnbari diaduk hingga adonan menjadi bubur yang kental.

6. Pindahkan adonan yang sudah berubah kental tersebut ke dalam baskom yang bersih.

7. Masukkan sisa campuran tepung tadi ke dalam adonan dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket lagi di wajan.

8. Masukkan adonan ke dalam sebuah plastik dan bentuklah menjadi silinder dengan panjang sekitar 20 cm dan diameter 5 – 7 cm (bentuknya mirip lontong). Padatkan adonan lalu tutup rapat kedua ujungnya.

9. Kukus adonan kerupuk terasi dengan menggunakan dandang ataupun kukusan hingga matang.

10. Jika adonan sudah matang (warnanya akan berubah menjadi bening), angkat adonan kerupuk dan tiriskan diatas tampah atau loyang selama kurang lebih 8 – 12 jam hingga adonan kerupuk mengeras.

11. Adonan kerupuk yang sudah mengeras dan kering akan mudah untuk di iris dan tidak akan patah.

12. Iris adonan kerupuk terasi dengan menggunakan pisau yang sangat tajam agar mudah mengatur ketebalannya. Iris setebal kurang lebih 2 mm

13. Kemudian keringkan adonan kerupuk yang sudah di iris tipis tadi.

14. Cara mengeringkan kerupuk ini ada 2 tahap. Tahap yang pertama yaitu angin-anginkan kerupuk terasi selama 24 jam. Setelah satu hari, kerupuk baru dijemur di bawah sinar matahari langsung.

15. Proses pengeringan tergantung pada cuaca pada saat itu. Pastikan kerupuk telah benar-benar kering dan juga keras, baru setelahnya kerupuk siap untuk di goreng.

Kesimpulan

Setelah matang, kerupuk terasi sebaiknya bisa disimpan di wadah yang tertutup. Anda bisa memasukannya ke dalam plastik dan direkatkan menggunakan alat bernama hand sealer, anda bisa membelinya di website tersebut.

Nah gimana? gampang kan cara bikin kerupuk terasi. Anda bisa langsung membuatnya dirumah untuk camilan keluarga loh. Terima kasih banyak anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini dan semoga bermanfaatkan bagi anda.

Categories
Uncategorized

Buat Kerupuk Amplang Yuk! Enak dan Mudah

Halo guys! Pada artikel kali ini, saya akan berbagi cara membuat kerupuk amplang dengan mudah. Dan rasa yang pastinya buat anda ketagihan.

Anda juga bisa membaca analisis usaha kerupuk amplang di website berikut cara membuat amplang.

Aroma ikan yang sangat pekat namun tidak berbau amis lantas  amplang dijadikan sebagai pilihan lauk untuk dimakan bersama nasi yang masih hangat. Sehingga tidak mengherankan semenjak dahulu kerupuk amplang hampir selalu hadir pada meja makan atau di dalam nasi kotak hajatan

Sebelumnya udah pada tau kan apa itu kerupuk amplang? Amplang yaitu sejenis kerupuk yang memiliki cita rasa dan aroma ikan yang begitu khas. Makanan gurih ini seakan telah menjadi buah tangan wajib untuk wisatawan yang datang ke Kalimantan Timur.

Kerupuk amplang terbuat dari daging ikan yang sudah digiling sampai halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasanya digunakan yaitu ikan tenggiri, gabus atau ikan haruan, dan belida (ikan pipih).

Semua jenis ikan yang sudah disebutkan tersebut memiliki kekhasannya sendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik atau bagus adalah ikan belida atau ikan pipih karena rasanya yang gurih lebih enak dan tekstur dagingnya yang lembut pada saat dihaluskan.

Proses pembuatan kerupuk amplang ini tergolong sederhana. Tetapi sentuhan berbeda dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri bagi setiap produsen kerupuk amplang.

Pada saat ini pengusaha amplang di kota asalnya yaitu Samarinda sudah sngat menjamur, dan setiap tokonya mempunyai kekhasannya masing-masing.

Pengusaha amplang di Kalimantan Timur tidak memproduksi Ampalang rasa ikan saja, tetapi juga rasa rumput laut untuk memberikan rasa yang berbeda dari biasanya.

Meskipun demikian, amplang ikan atau kuku macan tetap menjadi pilihan utama yang paling banyak dicari oleh pemudik ataupun wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Cara Membuat Kerupuk Amplang

Kerupuk amplang sendiri sebenarnya adalah makanan ringan tradisional, anda bisa juga samakan dengan kue kering. Juga sejenis camilan kerupuk atau dapat juga disamakan dengan jenis makanan tradisional lain seperti rengginang.

Menurut berbagai sumber referensi, kerupuk amplang memang lebih banyak yang mengatakan sejarahnya  bahwa kerupuk ini berasal dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur, karena ternyata amplang di kota Samarinda sudah dibuat dan sudah ada dari tahun 1970-an.

Bahan Pembuatan Kerupuk Amplang

  • 2 btr telur
  • 30 gram gula halus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2  sdt kaldu jamur bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 200 gram ikan tenggiri, dihaluskan
  • 1/4 sdt amoniak, larutkan dgn 80 ml air
  • 400 gram tepung kanji
  • 1/2 sdt kaldu daging bubuk
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Proses cara membuat kerupuk amplang yang enak dan gurih

1. Siapkan bahan yang sudah disebutkan di atas

2. Kocok semua telur, gula, garam, kaldu jamur dan juga merica sampai adonan berbuih.

3. Masukkanlah daging ikan tenggiri, lalu aduk lagi hingga rata. Tambahkan larutan amoniak, selanjutnya anda uleni sampai rata semua.

4. Masukkanlah tepung kanji, kaldu daging serta baking powder kedalam adonan tadi. Aduk rata, uleni tetapi jangan terlalu keras dan lama. Buat adonan menjadi memanjang, usahakan hasilnya sama besar.

5. Rendam adonan kerupuk amplang dalam minyak yang dingin. Nyalakan kompor, untuk awalan gunakanlah api besar. Setelah kerupuk amplang mulai terapung, kecilkan apinya. Goreng sampai matang lalu angkat dan tiriskan, untuk mengurangi kandungan minyaknya letakkan pada wadah yang sudah diberi tissue makan.

6. Masukan kedalam toples atau plastik, jika anda ingin memasukkannya kedalam plastik anda harus menggunakan alat perekat plastik. Anda bisa membelinya pada website berikut hand sealer.

Tips membuat amplang ini, agar hasilnya renyah

1. Selalu rendam kerupuk amplang dalam minyak dingin sebelum digoreng.
2. Menggoreng dalam minyak yang banyak hingga terendam.
3. Jangan biarkan adonan kerupuk terlalu lama terkena udara, jika tidak ingin hasilnya menjadi keras.
4. Jangan mengulen adonan amplang terlalu keras, hal itu dapat menjadikan kerupuk amplang menjadi bantet.
5. Kerupuk amplang harus selalu diaduk dari awal penggorengan hingga akhir agar kerupuk mendapat panas yang merata.
6. Jika sudah mendekati matang, ambil satu buah amplang dan patahkan. Jika amplang mudah untuk dipatahkan serta tidak lengket/liat tandanya sudah matang dengan sempurna.

Terima kasih guys sudah meluangkan waktunya buat baca artikel cara membuat kerupuk amplang ini, semoga bermanfaat yaa!

Categories
Uncategorized

Pecinta Kerupuk Wajib Tau Nih Cara Buat Kerupuk Gendar

Halo temen temen gimana nih kabarnya? semoga tetep sehat ya di masa pandemi ini, inget ya virus corona itu masih ada jadi patuhi protokol kesehatan. Selain harus menjaga dari luar kita juga harus menjaga kesehatan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat, tapi ada yang kurang nggak sih kalau makan ngga pakai kerupuk? kaya ada yang kurang kan? nah disini saya akan berbagi bagaimana cara buat kerupuk gendar maknyus.

Gendar pasti udah ngga asing lagi di telinga kita kan? yap gendar atau kerupuk nasi ini sudah tersebar diberbagai penjuru nusantara dan menjadi salah satu camilan atau teman makan favorit masyarakat Indonesia.

Cara Membuat Kerupuk Gendar

Kerupuk gendar membutuhkan bahan utama yang berasal dari snasi, anda juga bisa memaanfaatkan nasi sisa, bukan nasi basi lho ya. Apabila anda memasak nasi terlalu banyak, sisanya jangan langsung dibuang. Anda bisa mengolahnya kembali menjadi nasi goreng ataupun mengolahnya seperti kerupuk gendar ini.

Walaupun terbuat dari nasi, kerupuk gendar ini masih cocok untuk dijadikan sebagai camilan yang tidak mengenyangkan perut kok. Ini terbukti melalui tektsur dan rasa kerupuk gendar yang ringan.

Bahan-bahan pembuatan kerupuk gendar

  • 500 gram nasi putih
  • 2 sdt bawang putih bubuk
  • 2 sdm air matang untuk melarutkan
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 ½ sdt garam
  • Secukupnya terasi dan ebi (opsional)

cara buat kerupuk gendar

  1. Lngkah pertama anda bisa campurkan bahan-bahan untuk membuat bumbu ke dalam suatu wadah. Tuangkan air dan aduk semuanya sampai bumbu larut.
  2. Tuang bumbu yang sudah dibuat tadi dengan nasi. Lalu uleni nasi sampai semua bumbu tercampur rata dengan nasi.
  3. Kukus nasi yang sudah dibumbui tadi. Anda juga bisa memasukkannya ke rice cooker atau penanak nasi. Lalu tunggu hingga nasi dan bumbunya matang.
  4. Aduk-aduk sebentar dan diamkan kurang lebih sekitar 10 menit supaya tanak.
  5. Angkat dan haluskan saat nasi masih panas.
  6. Ambillah 1sdm adonan kerupuk lalu tuangkan di atas plastik. Tutup dengan plastik untuk bagian atas.
  7. Giling dengan penggiling atau roller roti bisa juga memakai gelas agar adonan lebih tipis. Semakin tipis adonan semakin renyah rasa kerupuk dengan kata lain ketipisan adonan mempengaruhi kerenyahannya.
  8. Pindah adonan yang sudah anda giling di atas wadah, loyang atau tampah.
  9. Jemur adonan hingga benar benar kering di bawah sinar matahari langsung. Namun apabila cuacanya mendung atau tidak mendukung, anda dapat menggunakan Mesin Oven Pengering.
  10. Angkat adonan kerupuk gendar yang sudah kering lalu goreng dengan menggunakan minyak yang panas.
  11. Angkat dan masukan kembali secara perlahan sampai kerupuk gendar mengembang dan matang.
  12. Setelah matang letakkan gendar ke wadah yang sudah di letakan tissue makan sebelumnya, apabila dirasa sudah berkurang minyaknya anda bisa memasukan kerupuk gendar ke dalam toples atau plastik.

Kesimpulan

Jika anda masih ragu untuk memasukkannya ke plastik karena takut kerupuk akan mlempem, anda tidak perlu khawatir lagi karena anda bisa membeli alat perekat plastik di website ini hand sealer.

Anda juga bisa loh memanfaatkan alat tersebut untuk usaha anda. Tapi saya ngga punya usaha gimana dong?Tau ngga guys kerupuk gendar ini bisa kalian jadikan sebagai usaha yang menjanjikan loh anda bisa membaca analisis usahanya disini cara membuat gendar.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya ya guys, saya harap artikel cara buat kerupuk gendar ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian, Sampai jumpa di artikel selanjutnya.