Categories
Uncategorized

Asinan Pepaya Homemade Enak Anti Gagal

Hola halo gaiss kembali lagi bersama mimin yang pada artikel sebelumnya membahas tentang resep sop buah tanpa ribet, sekarang akan membahas tentang cara membuat asinan pepaya homemade enak dan anti gagal yang tentunya bakal bikin kalian ketagihan.

Buah pepaya sendiri meliki berbagai manfaat dan khasiat yang tersembunyi serta jarang diketahui orang banyak. Sebelum masuk ke resep es buah untuk jualan, mimin bakal sedikit membahas tentang manfaat buah pepaya bagi kesehatan bagi tubuh kita.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh

 

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Sebagai buah dengan inisiasi vitamin C terbanyak, dengan kita mengonsumsinya secara cukup maka pepaya akan membantu sistem imunitas denganvitamin C kandungannya. Dengan meningkatkan sistem imunitas ini kita akan terlindungi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Apalagi dalam masa pandemi seperti ini di mana kita perlu asupan vitamin c yang cukup untuk selalu menjaga kestabilan tubuh kita agar terhindar dari virus covid.

2. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

4. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

Sangat menarik bukan manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah bernama pepaya ini. Selain dapat diolah menjadi apa saja, nyatanya buah pepaya juga memiliki manfaat dan khasiat yang ngga bisa diremehkan.

Okey kalo gitu sekarang kita langsung menuju ke resep dan cara membuat manisan pepaya kering homemadenya, cekidott!!!

Asinan Pepaya Homemade Enak Anti Gagal

1. Cara Membuat Asinan Pepaya Homemade Enak

Bahan Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Asinan Pepaya Homemade Enak:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

Manisan ini dapat bertahan cukup lama yakni sekitar 2 sampai 3 bulan tanpa perlu bahan pengawet tambahan karena bahan bahan yang digunakan benar benar alami serta pengawetan dari jangka waktu dari proses pembuatannya.

2. Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Bahan Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili

1 sendok makan kapur siri

Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Tanpa Jemur

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil atau sedikit dan masukkan gula pasir dan vanili yang udah disiapkan tadi kemudian diikutiĀ  dengan irisan pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya dan jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples

3. Cara Membuat Asinan Pepaya Sederhana

Bahan Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Pepaya Sederhana:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika asinannya udah mulai dingin lalu jemur selama 3 sampai 4 hari

Gimana nih gaess dari ketiga resep mimin di atas? menarik bukan? jadi mana yang bakal kalian eksekusi? Kalian bisa juga loh terjun ke dunia usaha ini dengan resep yang mimin share di atas tadi. Jangan lupa kabarin mimin yaa hasil eksekusinya gimana. Selamat mencoba gaisss!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *